Home Wisata 11 Tempat Wisata Sumbawa Kekinian Yang Wajib Dikunjungi

11 Tempat Wisata Sumbawa Kekinian Yang Wajib Dikunjungi

0

Tempat Wisata Sumbawa Kekinian – Tempat Wisata Sumbawa tak jauh dari Wisata bahari. Dari sana ada pantai pantai berpasir putih yang bahkan juga dianggap jadi tujuan Surfing internasional. Tapi tidak cuman pantai ada pula Wisata alam Berwujud gua. Ada juga Wisata kebudayaan berwujud Kampung Tradisionil serta situs megalitikum.

 

Sekilas Tentang Sumbawa

Pulau Sumbawa yaitu suatu pulau yang berada di propinsi Nusa Tenggara Barat. Pulau ini dibatas oleh Selat Alas di samping barat pisahkan dengan Pulau Lombok, Selat Sape di samping timur pisahkan dengan Pulau Komodo. Kota paling besarnya yaitu Bima, yang ada di sisi timur pulau ini.
Pulau ini mempunyai luas 14.386 km2, serta sebagai pulau paling besar di propinsi Nusa Tenggara Barat, dan salah satunya dari dua pulau khusus di propinsi itu. Titik paling tingginya yaitu Gunung Tambora (2.824 m), yang sebagai gunung api aktif.
Keunikan yang dipunyai Sumbawa yakni pulau Bungin yang tergolong dalam lokasi kecamatan alas, kabupaten sumbawa. Pulau Bungin sebagai pulau paling padat dalam dunia yang mempunyai kepadatan 15000 jiwa/km persegi.Soal ini muncul lantaran luas Pulau Bungin tidaklah sampai 8 hektar serta dihuni lebih kurang 3000 jiwa.
Tersedia bermacam model transportasi ke Sumbawa, ada lajur darat dengan bis dan lajur udara dengan pesawat. Baik arah akhir Lombok atau Sumbawa, langkah awal, harus tempuh perjalanan dari kota asal tuju Lombok lebih dahulu sebelumnya lantas menyambung ke Sumbawa. ~ Wisata Sumbawa Kekinian

Berikut Tempat Wisata Sumbawa Kekinian Menurut Laboratorium Informasi Kamu – CPZLAB.COM

 

Istana Tua Dalam Loka

Istana Tua Dalam Loka
Berdiri tangguh di tengahnya Kota Sumbawa Besar, Istana Dalam loka sebagai tempat liburan Sumbawa sebagai saksi peristiwa kemasyhuran Kesultanan Sumbawa. Dibikin di tahun 1885, pembangunan bangunan yang bermakna istana tua ini diprakarsai Sultan Muhammad Jalaluddin Sah III sebagai Sultan ke-16 dari Dinasti Dewa Dalam Membawa.
Berbentuk rumah pentas dengan luas bangunan 904 M2, Istana Dalam Loka nampak mewah. Istana yang dibikin dengan bahan kayu ini mempunyai filosofi “etika berenti ko syara, syara barenti ko kitabullah”, yang bermakna semuanya ketentuan etika istiadat atau nilai-nilai dalam persendian kehidupan tahu Samawa (penduduk Sumbawa) harus bergairahkan pada syariat Islam.
Bangunan khusus tempat liburan Sumbawa ini berwujud bala rea yang dibikin dengan kayu jati sebagai alternatif tempat tinggal raja yang dahulu pernah terbakar. Dibikin dengan prosedur baji, bangunan ini mempunyai tingkat kelenturan yang tinggi jika berlangsung gempa bumi.
Awalnya, Istana Dalam Loka memiliki fungsi jadi tempat tinggal raja. Guna itu berganti sejak mulai didirikannya istana anyar di tahun 1932. Sekarang, Dalam Loka memiliki fungsi jadi cagar budaya yang memperingatkan jika dulu pernah berdiri Kesultanan Sumbawa yang pernah berjaya pada masanya. ~ Wisata Sumbawa Kekinian

Lokasi: Kota Sumbawa Besar, Pulau Sumbawa, Nusa Tenggara Barat,
Ticket: –
Jam Membuka: 08.00-17.00

Istana Bala Kuning

Istana Bala Kuning

Bala Kuning yaitu suatu rumah besar bercat kuning sebagai tempat tinggal Sultan Muhammad Kaharuddin III sehabis turun tahta, sampai beliau meninggal dunia. Di tempat liburan Sumbawa Bala Kuning disimpan pelbagai benda warisan kekayaan Kesulatanan Sumbawa.
Istana kesultanan ini terbagi dari bangunan induk, keputrian, pavilion yang berlanjut dengan ruangan makan serta dapur, dan suatu bangunan yang disebutkan Bale Belo. Di salah satunya pojok rumah nampak lampu hias sebagai pemberian pejabat Belanda terhadap Sultan pada kala itu.
Adapun warna kuning yang menguasai istana tempat liburan Sumbawa ini yaitu tanda dari Kesultanan Sumbawa.
Istana Bala Kuning memiliki fungsi jadi tempat untuk menyimpan beberapa benda pusaka Kesultanan Sumbawa. Beberapa benda pusaka ini berwujud “Parewa Kamutar” Ikon Kebesaran Kesultanan, “Parewa Tokal Rutinitas Ode” perangkat upacara kesultanan, busana kebesaran serta singgasana, beragam keris, tombak, serta senjata pusaka yang lain.
Tempat Wisata Sumbawa ini menaruh pelbagai model keramik kuno, perangkat makan, beberapa foto peristiwa serta ada banyak kembali. Tidak cuma itu, di sini ditaruh Al Quran tulisan tangan Muhammad Ibnu Abdullah Al Jawi yang dibentuk pada lebih kurang tahun 1784. Al Qur’an ini berlapiskan emas, perak serta perunggu dan pada situasi masih yang baik sekali. ~ Wisata Sumbawa Kekinian
Lokasi: Jl. DR. Wahidin No.21, Seketeng, Kec. Sumbawa, Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat
Ticket: –
Jam Membuka: 08.00-14.00

Bukit Mantar

Bukit Mantar

Posisinya yang ada di ketinggian membikin Mentar mendapatkan nama jadi Negeri di Atas Awan. Dari dusun tempat liburan Sumbawa ini, pengunjung dapat memandang Pulau Lombok dengan Pucuk Gunung Rinjani dari kejauhan dan hemparan lembah hijau di kaki bukit yang fantastis.
Belum kembali beberapa pulau kecil disekelilingnya yang bertaburan tersambung dengan lautan. Seperti Pulau Kenawa, Pulau Mendaki, Pulau Paserang, Pulau Belang, Pulau Ular, Pulau Nako serta Pulau Kalong.
Paralayang yaitu salah satunya cabang olahraga yang penuh kendala. Atlir beberapa layang dapat terbang di atas Mantar. Meluncur bersama angin serta nikmati panorama yang gak terabaikan. Asas Paralayang Mantar sebagai salah satunya spot terpilih dunia tidak cuman di Palu Sulawesi Tenggara.
Desa tempat liburan Sumbawa yang ada di ketinggian lebih kurang 600 mtr. di permukaan laut itu mempunyai banyak segi elok. Termaksud budaya serta sehari-hari penduduk di tempat. Beberapa pada mereka profesinya jadi penyuling emas. Penjual kulineran unik seperti sepat serta singian ada pada mana saja.~ Wisata Sumbawa Kekinian
Lokasi: Kecamatan Poto Tano, Kabupaten Sumbawa Barat, Propinsi Nusa Tenggara Barat
Ticket: –
Jam Membuka: 24 jam

Desa Tepal

desa tepal

Sebuah dusun di Pegunungan Batulanteh, Sumbawa, menggenggam tabah etika yang udah di turunkan dari beberapa kakek moyangnya. Pada ketinggian capai 900 mdpl, penduduk bersatu membentuk keadaan yang selaras di lingkungan dusun. Udara yang sejuk serta hijau membikin dusun ini begitu nyaman buat disinggahi.
Desa Tepal sebagai dusun yang sumber kekayaan alam yang paling banyak. Penduduk dusun tepal begitu ramah dan simpel berkawan dengan siapa-siapa saja. Kampung Objek Wisata Sumbawa ini memasok Kopi paling besar di kabupaten sumbawa besar.
Tanjakan serta turunan terjal jadi teman dekat diperjalanan tuju dusun ini. Jurang di kanan-kiri jalan dan pohon pohon yang lebat jadi panorama yang bagus buat dilihat. Bukit-bukit yang mengitari jalan membikin mata kita seperti dimanja untuk tetap melihati alam nusantara.
Rumah yang dibuat dari bambu atau kayu jadi opsi penduduk dalam membentuk hunian. Struktur tradisionil yang digerakkan masih juga nampak di kehidupan keseharian penduduk dusun.
Berkeliling nikmati keadaan Kampung Tepal dari dalam bakal membikin perjalanan mendatangi dusun begitu membahagiakan. Memandang serta mendalami wanita Tepal duduk di teras rumah sekalian membikin anyaman alas dari daun pandan membikin perjalanan mendatangi Kampung Tepal bakal susah buat dilupakan~ Wisata Sumbawa Kekinian
Lokasi: kecamatan Batu Lanteh, kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara barat
Ticket: –
Jam Membuka: 06.00-18.00

Pantai Lakey

pantai lakey

Pantai Lakey di Pulau Sumbawa, unik ketimbang dengan spot-spot surfing pada tempat lain. Pantai tempat liburan Sumbawa ini mempunyai ombak kidal-nya. Makna ombak kidal karena mempunyai arah ombak sapuan ke kiri bukan ke kanan sama dengan biasanya pantai yang lain.
Keunikan tempat liburan Sumbawa ini dibantu dengan kemegahan pantai yang telah tenar. Terlebih di golongan pecinta selancar atau surfing. Angin laut yang termasuk cepat di area ini memberi dukungan pekerjaan surfing, wind surfing, atau kite surfing.
Pantai Lakey mempunyai menara yang berada di ujung pantai, maka beberapa potografer dapat menyimpan gambar lewat tower itu. Pada musim lomba, tower ini dipakai oleh beberapa juri buat menilainya beberapa peserta lomba surfing yang ada dari pelbagai negara.
Tempat Wisata Sumbawa Pantai Lakey, yaitu spot buat sunset serta sunrise. Letak sunset ada pada samping kiri pantai serta sunrise ada pada samping kanan pantai. Penggemar photografi baiknya tadi malam di sini, lantaran dapat menyimpan sunset serta sunrise sekalian.
Pantai Lakey mempunyai empat model ombak yang dikatakan oleh beberapa peselancarnya, yakni Lakey Peak, Cobble Stones, Lakey Pipe, serta Periscope. Model yang sangat menentang serta istimewa buat berseluncur yaitu Lakey Peak karena memberikan kendala ombak dari arah kiri atau kanan. ~ Wisata Sumbawa Kekinian
Lokasi: Jambu, Pajo, Kabupaten Dompu, Pulau Sumbawa, Nusa Tenggara Barat
Ticket: 15.000
Jam Membuka: 24 jam

Pantai Kertasari

pantai kertasari

Keindahan pantai tempat liburan Sumbawa ini segera terpajang fakta tak mesti telusuri garis pantainya yang panjang. Tidak cuman langit biru serta awan yang berantakan, pasir putihnya halus maka langkah kaki di atasnya berasa nyaman.
Pantai Kertasari benar-benar elok. Air lautnya tenang serta gelombang yang tuju perbatasan tidak juga terlampau kuat. Pantai Kertasari ada di area perairan intertidal sebagai batasan wilayah pasang. Area ini bakal terbenam waktu pasang paling tinggi serta tak terbenangi air laut waktu pasang paling rendah.
Pantai tempat liburan Sumbawa ini jadi kebun yang subur buat rumput laut. Barisan petak tempat budi daya rumput laut nampak di bibir pantai. Beberapa warga Kertasari profesinya jadi petani rumput laut. Mereka membudidayakan rumput laut model mempunyai warna hijau.~ Wisata Sumbawa Kekinian
Para petani rumput laut di Kertasari biasanya mempunyai gubug simple ditepi pantai. Dindingnya dibuat dan atapnya dibuat dari anyaman bambu serta ilalang. Sementara lantainya berwujud pasir pantai yang kerap. Di gubug ini petani rumput laut tinggal sementara waktu musim tanam serta panen. ~ Wisata Sumbawa Kekinian
Lokasi: Labuan Kertasari, Taliwang, Kabupaten Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat
Ticket: 15.000
Jam Membuka: 24 Jam

Pantai Ai Loang

pantai ai loang

Pantai Ai Loang disukai oleh beberapa pengunjung karena posisinya yang paling vital. Samping barat Pantai tempat liburan Sumbawa ini bersebelahan dengan laut flores. Samping timur bersebelahan dengan tanjung menangis. Samping selatan bersebelahan dengan pulau moyo.
Seperti biasanya Pantai di Sumbawa, tempat liburan Sumbawa ini berpasir putih, jernih air lautnya serta mempunya batu-batuan besar yang tersusun rapi. Batu-batuan besar yang ada pada Pantai Ai Loang ini termasuk batu-batuan yang umumnya ada di pegunungan.~ Wisata Sumbawa Kekinian
Keberadaan bebatuanpantai ini memebuat ombak ditepi jadi tenang. Wisata taman laut yang ada di pantai ini begitu elok karena ada di sekeliling taman laut pulau moyo yang kerap dipakai buat Wisata diving/snorkling.
Pemandangan sore hari yang menakjubkan bisa pula dicicipi oleh tiap pengunjung yang pengin saksikan matahari tenggelam. Di dalam tempat ini sarana berenang dibentuk pribadi di bibir pantai tiada langsung ada di laut terlepas. ~ Wisata Sumbawa Kekinian
Lokasi: Kampung Penyaring, Kecamatan Moyo Utara, Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat.
Ticket: 10.000
Jam Membuka: 24 Jam

Air Terjun Mata Jitu

air terjun mata jitu

Tersembunyi dibalik Rimba Pulau Moyo, Kabupaten Sumbawa, gemercik air sayup-sayup kedengar dalam keheningan alam. Air Terjun Mata Tepat, air terjun tempat Wisata Sumbawa yang kemegahannya dapat memikat siapa sajakah yang hadir ke teritori ini.
Pemandangan asri komplet dengan pohon pohon hijau alami membuat Air Terjun Mata Tepat jadi unggulan di sumbawa. Gabungan air terjun yang memiliki warna hijau tua dan muda seolah-olah menghipnotis buat menceburkan diri dan main air dalam air terjun ini.~ Wisata Sumbawa Kekinian
Air Terjun Mata Tepat miliki empat undak dan tujuh kolam. Oleh masyarakat di tempat, “mata tepat” disimpulkan selaku mata air yang jatuhnya benar terkait kolam di bawahnya. Keelokan Air Terjun Mata Tepat tenar sampai ke luar negeri. Penduduk kurang lebih juga menjuluki air terjun ini dengan istilah “Queen Waterfall”.
Keindahan air terjun tempat Wisata Sumbawa yang berundak-undak ini tidak cuma di air yang turun di atas. Batu-batuan yang sudah terbuat mulai sejak beberapa ribu tahun yang kemarin juga bisa ditonton di sini. Stalaktit-stalagmit yang menghias permukaan dinding Air Terjun Mata Tepat memperbanyak elok panorama yang tersuguh. ~ Wisata Sumbawa Kekinian
Lokasi: Labuan Aji, Labuhan Badas, Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat.
Ticket: –
Jam Membuka: 24 jam

Liang Bukal

liang bukal

Wisata Liang Bukal miliki makna Lubang Kelelawar. Objek Wisata Sumbawa ini disebut begitu karena goa ini ditempati oleh banyaknya kelelawar. Saat dekati mulut goa ini, berbau ciri khas kotoran kelelawar barangkali akan segera tercium.
Pengunjung dapat mendapatkan saluran sungai yang paling fresh. Pengunjung tempat Wisata Sumbawa ini dapat main air atau membersihkan tubuh di situ. Goa ini ada pada lembah Pegunungan Raboran yang tertutupi pohon pohon tropis kurang lebih 200 mtr. dari pintu gerbang.~ Wisata Sumbawa Kekinian
Kesejukan Liang Bukal yang diputari lembah dan rimba tropis ini terus jadi tujuan pujaan buat banyak pendatang yang bertandang. Panorama di tiap segi goa pula dikempit oleh tebing karang, dan air sungainya. Tempat ini pun amat membahagiakan buat berpose dengan background yang cukup elok karena berdasar belakang goa dan rimba.
Jika mau memandang temanan kelelawar yang bertambah banyak, bakal lebih bagus kalau kamu hadir pada bulan Agustus sampai Oktober. Di sore hari sebelumnya cari mangsa, temanan kelelawar itu bakal mengelilingi mulut goa secara bertepatan dibarengi dengan lengkingan-lengkingan yang mengerikan. ~ Wisata Sumbawa Kekinian
Lokasi:Batutering, Moyohulu, Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat.
Ticket:15.000
Jam Membuka: 24 Jam

Liang Petang

liang petang

“Liang petang” adalah kombinasi dari “liang” yang bermakna gua atau lubang dan “petang” yang miliki makna malam atau gelap. Seperti namanya, gua tempat Wisata Sumbawa ini amatlah gelap. Senter jadi alat yang harus Anda membawa kalau mau memandang kemegahan dalam gua.
Lubang sempit jadi halangan awalan yang perlu dilintasi saat telusuri gua ini. Setapak buat setapak cara yang dilalui berasa mengundang kesan saat memandang isi dalam gua yang katanya jadikan tempat pelarian dan persembunyian banyak penyiar Islam.
Ketika berjalan mencari gua, bisa tampak kamar-kamar yang jadikan tempat istirahat banyak penebar syiar Islam. Tidak cuma itu, dalam gua tempat Wisata Sumbawa itu pula ada area yang diprioritaskan buat bertapa. Sampai, juga ada batu yang mempunyai bentuk seperti kuburan.~ Wisata Sumbawa Kekinian
Bebatuan stalaktit yang sudah terwujud mulai sejak beberapa ratus tahun yang kemarin jadi panorama eksotis dan elok buat ditonton di gua ini. Mempunyai bentuk yang bermacam dan antik jadi dekor yang elok buat dilihat. Sekawanan kelelawar yang beterbangan jadi teman dekat semasa di dalam gua. ~ Wisata Sumbawa Kekinian
Lokasi: Batutering, Moyohulu, Sumbawa Regency, West Nusa Tenggara
Ticket: 15.000
Jam Membuka: 24 Jam

Situs Aik Renung

situs aik renung

Situs Aik Renung adalah situs warisan kurun Megalitikum yang ada pada Kab. Sumbawa, persisnya di kecamatan Moyo Hilir. Di site ini terdapat sejumlah warisan makam batu atau umumnya dimaksud Sarkofagus. Pendam batu ini ada di dua tempat terpisah dan berdekatan.
Situs Ai Renung ini miliki tersisa pra riwayat yang jarang, semisalnya saja di komplek makam batu. Dari sana banyak ditemui peti dari batu yang miliki gambar konsep bermacam di tiap-tiap petinya. Batu-batuan itu dibuat bermacam wujud, seperti kedok, biawak, sampai gambar wanita dengan alat kelamin. Ada pula gambar manusia sedang tertidur dan telentang.
Di posisi pertama tempat Wisata Sumbawa tipe Riwayat budaya ini, ada Sarkofagus komplet dengan penutup atasnya. Pada dinding sarkofagus ini terdapat sejumlah ukir-pahatan paras dan badan manusia.
Di posisi ke-2 ada dua Sarkofagus. Sarkofagus ini pun komplet dengan penutupnya. Tidak jauh berbeda dengan posisi pertama, pada dinding sarkofagus ada ukir-pahatan-ukiran, akan tetapi bertambah banyak dan bermacam. Tidak hanya ukir-pahatan paras manusia, pula terukir buaya, ukir-pahatan manusia dengan tipe kelamin wanita dan lelaki yang pasti tampak. ~ Wisata Sumbawa Kekinian
Lokasi: kecamatan Moyo Hilir, Kab. Sumbawa, Nusa Tenggara Barat
Ticket: –
Jam Membuka: 07.00-17.00

No comments

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here

Exit mobile version