Tebing Koja, Batuan Tinggi Penghasil Foto Yang Instagramable

oleh -0 views


Tebing Koja merupakan tempat wisata alam yang Instagramable yang terletak di Cireundeu, Kabupaten Tangerang. Lokasi wisata ini sempat viral sekitar tahun 2017 karena banyaknya orang yang berfoto dengan latar tebing tinggi yang mirip dengan film Jurassic Park.

Selain wisata modern, Anda juga bisa mengunjungi tempat wisata alam yang menakjubkan di Tangerang, tepatnya di Kabupaten Tangerang.

tebing koja
tebing koja. peta google. sumber: Tommy Tjahjono

Check out: Lokasi wisata yang indah di sekitar Tangerang.

Wisata Alam Tebing Koja sendiri memiliki beberapa pintu, ada Taman Tebing Koja dan yang lainnya adalah Tebing Godzila Tebing Koja.

Namun semuanya memiliki pemkamungan yang sama yaitu deretan tebing tinggi yang menyuguhkan pemkamungan yang sangat menakjubkan, apalagi jika menyaksikan sunset atau matahari terbit dari atas tebing, wow akan menjadi kenangan yang tak terlupakan.

Asal Usul Nama Tebing Godzilla

Namanya menakutkan, tapi itu benar-benar menakjubkan. Mengapa? Karena namanya diambil dari bentuk tongkat kapur yang mirip dengan Godzilla.

Jika Anda melihat lebih dekat, ini memang benar. Tebing tersebut memang mirip dengan monster kadal raksasa.

Posisinya berada di depan area tebing yang bisa langsung terlihat saat pertama kali memasuki area ini. Ini adalah salah satu spot favorit pengunjung untuk berfoto.

Sejarah Terbentuknya Tebing Koja

banyak spot foto keren
banyak spot foto keren. peta google. sumber: topan malu

Tebing Koja tidak terbentuk secara alami, tetapi tidak sengaja dibuat untuk tujuan wisata. Karena lokasi ini awalnya merupakan tanah kapur yang datar.

Kemudian secara bertahap penambangan pasir dilakukan secara manual menggunakan cangkul, sehingga mengakibatkan erosi tanah sedalam 5 sampai 10 meter.

Karena menggunakan peralatan manual, sehingga bagian yang keras tidak tergali, akhirnya meninggalkan tebing-tebing batu yang bentuknya tidak beraturan, namun sangat eksotis.

Awalnya anak-anak setempat berfoto di tempat tersebut kemudian mengunggahnya di Facebook, sehingga banyak warga dari kota-kota terdekat yang datang berkunjung bahkan ada yang menjadikannya sebagai lokasi pemotretan prewedding.

Ragam Wisata Seru di Tebing Koja

1. Tempat Berburu Foto Keren

panggil bersama
berteriak bersama. peta google. sumber: Didin Hendriana

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah berburu spot foto keren dengan berkeliling area Koja Cliff Park. Pastikan Anda menggunakan kacamata hitam atau topi, karena udara di siang hari cukup menyengat.

Selain itu, gunakan alas kaki yang tidak licin dan nyaman, sehingga Anda bisa berburu foto cantik hingga ke atas tebing.

Banyak sekali spot foto instagramable yang wajib kamu jelajahi, apalagi dengan bentuk tebingnya yang sangat alami membuat hasil jepretan kamera semakin memuaskan.

Tidak perlu bingung mau ambil angle yang mana, karena sudah banyak warga sekitar yang akan membantu Anda mengarahkan dan mengambil gambar yang bagus.

Dijamin hasil fotonya akan sangat memuaskan. Untuk layanan yang diberikan, Anda hanya perlu membayar dengan ikhlas, tidak memungut biaya apapun.

2. Menunggu Sunset atau Sunrise

langit yang sangat indah
langit yang sangat indah. peta google. sumber: Apo Kidd

Aktivitas lain yang bisa Anda lakukan saat berada di Tebing Koja adalah, menunggu kehadiran warna alam yang menakjubkan dan banyak digunakan sebagai waktu terbaik untuk berfoto.

Menantikan Sunset atau Sunrise di lokasi yang menakjubkan seperti ini, membuat pengalaman pemkamungan yang tak terlupakan selama sisa hidup Anda.

3. Naik Perahu

dengan kapal
dengan kapal. peta google. sumber: Panji Wijaya

Pecinta wisata tebing Cek : Tebing Breksi.

Satu hal lagi, keseruan yang bisa dilakukan di sini yaitu naik perahu atau kano yang hanya muat untuk 5 orang. Di mana Anda akan berjalan-jalan di sebuah kolam, melihat tebing-tebing yang tinggi.

Banyak pengunjung yang menjadikan kegiatan tersebut untuk diabadikan dalam sebuah foto atau video. Untuk bisa bermain perahu atau kano, Anda harus membayar tiket tambahan sebesar Rp. 10.000,- per orang.

Jika tidak ingin naik perahu, Anda bisa naik jembatan yang memang sengaja dibangun di sekitar kolam. Jadi, Anda tetap bisa menikmati keindahan kolam tanpa harus naik perahu.

Lokasi & Alamat Tebing Koja

Secara administratif, alamat Tebing Koja adalah Cireundeu, Desa Cikuya, Kecamatan Solear, Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten.

jembatan di sekitar kolam
jembatan di sekitar kolam. peta google. sumber: jerry

Lokasi wisata ini cukup jauh dari pusat kota Tangerang yaitu sekitar 42 kilometer dengan waktu tempuh kurang lebih 1,5 jam. Dan bisa dilalui dengan sepeda motor atau mobil.

Sebaiknya hindari menggunakan transportasi umum, karena tidak ada transportasi umum yang akan mengantar Anda ke sana.

Anda bisa menuju Tol dengan keluar di Gerbang Tol Balaraja Barat, sudah ada petunjuk yang akan mengarahkan kamu ke Tebing Koja jika sudah berada di Balaraja.

Setelah memasuki kawasan Tebing Koja, jalan sudah mulai menyempit namun masih bisa dilalui mobil meski harus bersabar.

Suasana di sepanjang perjalanan masih sangat asri, nantinya Anda akan menemukan lokasi parkir yang sudah disediakan namun lokasinya masih jauh dari pintu masuk.

Jalan terus saja sampai di depan pintu masuk Tebing Koja.

berfoto bersama pasangan
berfoto bersama pasangan. peta google. sumber: Dwi Kurniawan

Cek Juga: Lokasi Indah Lainnya di Provinsi Banten.

Jam Buka Tebing Koja

Tebing Koja buka setiap hari mulai pukul 05.00 hingga 18.00 waktu setempat.

Tiket Tebing Koja

  • Tiket masuk Tebing Koja dengan membayar Rp. 5.000,- per orang
  • Parkir Mobil Rp. 10.000,- per unit

Fasilitas Tebing Koja

Fasilitas yang ada di sekitar Tebing Koja, antara lain :

  • Area parkir untuk motor dan mobil
  • Warung makanan dan minuman

Penutupan

Bagaimana dengan ulasan Tebing Koja? Menakjubkan bukan? Jadi, buat kamu yang Instagramholic, pastikan untuk mengunjungi Tebing Koja, akhir pekan ini!



Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *