Rasakan sensasi aneh geopark di Indonesia yang diakui UNESCO

oleh -1 views
geopark


Geopark

Sumber: Kompas.com

Indonesia dengan panorama alamnya yang menakjubkan memang sudah sangat menarik perhatian dunia. Tak terkecuali United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization, yakni UNESCO. Dalam rangka melindungi unsur-unsur geologi dan warisan yang memiliki nilai arkeologi, lingkungan dan budaya, maka dibentuklah Geopark. Awalnya, geopark hanya terfokus di negara-negara Eropa, namun seiring berjalannya waktu, kesadaran tumbuh untuk memperluas jangkauan geopark ke berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia. Berikut beberapa geopark eksotis yang harus Anda ketahui di Indonesia:

Kaldera Toba terpilih sebagai Geopark Dunia UNESCO pada tahun 2020 oleh sidang Dewan Eksekutif UNESCO di Paris Geopark yang terletak di provinsi Sumatera Utara ini memiliki keterkaitan geologis dan tradisional yang tinggi dengan masyarakat setempat, khususnya dalam hal budaya dan keanekaragaman hayati. Kaldera ini terbentuk sekitar 74.000 tahun yang lalu oleh letusan gunung berapi super dan sangat dipengaruhi oleh aktivitas tektonik yang menghancurkannya. Apalagi luasnya 64.000 hektar atau setara dengan Singapura, lho!

Berkat keindahan alam, monumen arkeologi, dan kekayaan budaya masyarakatnya, Gunung Batur resmi ditetapkan sebagai salah satu Geopark Dunia UNESCO pada tahun 2012. Gunung yang terletak di Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali ini memiliki ketinggian mencapai 1.717 meter di atas permukaan laut dan masih merupakan gunung berapi aktif. Di sekitar Gunung Batur, 15 desa dan 21 situs cagar alam menjadi tempat wisata Prima Donna di Kintamani. Selain pemandangan alam yang indah, udara yang sejuk juga menambah daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke Gunung Batur.

Pegunungan yang membentang dari Yogyakarta, Jawa Tengah, hingga Jawa Timur ini ditetapkan sebagai salah satu Geopark Dunia UNESCO pada tahun 2015. Pegunungan Siu terdiri dari lapisan batugamping dan juga memiliki kawasan karst, atau dikenal sebagai batugamping. Banyak tempat wisata populer seperti Gua Pindul dan Air Terjun Sri Gethuk juga merupakan bagian dari Pegunungan Sewu lho!

Bagi para penggiat dunia pendakian di Indonesia dan luar negeri pasti sudah tidak asing lagi dengan gunung yang satu ini. Pada tahun 2018, Gunung Rinjani resmi menjadi bagian dari UNESCO Global Geopark. Lokasinya yang sangat eksotis, yakni di Lombok, Nusa Tenggara Barat, menjadi daya tarik tersendiri dengan bentang alamnya yang luar biasa. Ada juga berbagai jenis hutan dan padang rumput.

Tak jauh dari ibu kota, ada keindahan alam yang unik dan langka di Tamanjaya Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, yakni Ciletuh. Daerah Silitoh memiliki berbagai jenis batuan yang berusia 65 juta tahun lho! Nah, itulah yang membuat Silitoh masuk dalam UNESCO World Geopark 2018. Banyak destinasi wisata yang ingin kamu kunjungi, seperti Pantai Palambang dan Korog Awang.

Tertarik untuk mengunjungi dan merasakan nuansa eksotis dari sekian banyak geopark di Indonesia? Ayo, berwisata sambil belajar bersama School Tours! Hubungi kami di Instagramwisataschool atau WhatsApp di 0819-1083-1792 atau nomor telepon 021-7599-9969. Sampai jumpa lagi, Sobat WS!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *