Perlengkapan pendaki harus dibawa

oleh -0 views
mendaki


Wisata mendaki gunung saat ini menjadi destinasi favorit banyak orang. Terutama untuk anak muda. Mereka berpikir bahwa orang yang mendaki gunung itu hebat.

Namun, perlu diingat bahwa untuk perjalanan pendakian gunung yang lancar dan aman, sangat penting untuk mempersiapkan peralatan yang diperlukan saat mendaki.

Perlengkapan pendakian apa yang harus saya bawa? Mari kita bahas satu per satu

1. Kantong tidur

Sleeping bag merupakan perlengkapan pemanas utama yang wajib dibawa oleh para pendaki. Karena sleeping bag bisa menjauhkan pendaki dari dinginnya udara pegunungan sehingga bisa mencegah episode hipotermia. Kebanyakan kantong tidur dirancang untuk satu orang saja. Oleh karena itu, tidak disarankan menggunakan kantong tidur yang melebihi kapasitas yang ditentukan. Selain itu, pendaki juga harus berhati-hati saat memilih sleeping bag. Yang terpenting, pastikan panjang sleeping bag sesuai dengan tinggi pemanjat agar seluruh tubuh bisa tertutup. Juga sangat disarankan untuk memilih kantong tidur yang memiliki tudung karena tudung ini dapat melindungi tubuh dari hawa dingin dengan lebih baik. Terakhir, pilihlah bahan kantong tidur yang sesuai dan berkualitas baik.

2. kasur

Selain kantong tidur, kasur juga menjadi salah satu perlengkapan yang harus dibawa untuk menghindari hipotermia. Kasur tersebut dapat digunakan sebagai alas duduk untuk alas tidur sehingga dapat melindungi pendaki dari medan pegunungan yang dingin. Seperti halnya kantong tidur, satu kasur juga harus digunakan oleh satu pendaki. Berbagi kasur bukanlah keputusan yang bijak apalagi jika pendakian berada di gunung yang tinggi.

3. Peralatan dan bahan memasak

Menjaga tubuh agar mendapat asupan makanan yang cukup merupakan salah satu langkah bijak untuk menghindari hipotermia. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk membawa peralatan masak seperti kompor lapangan, tabung gas, alat masak atau nesting set hingga pisau yang juga dapat digunakan sebagai pelindung diri. Selain memasak makanan, kompor juga penting untuk menyiapkan minuman hangat dan menjaga tubuh tetap hangat. Selain itu, sangat disarankan untuk membawa bekal makanan dan snack yang cukup. Jangan biarkan diri Anda lapar dan haus saat mendaki.

4. Tenda

Jika pendaki ingin bermalam di gunung, tenda sudah menjadi barang wajib yang harus dibawa. Karena tenda akan melindungi pendaki dari angin gunung yang bisa menyebabkan hipotermia. Tenda yang dibawa tidak boleh sembarangan. Pendaki harus memilih tenda yang sesuai dengan jumlah rombongan dan medan yang akan digunakan untuk bermalam. Jangan sampai jumlah orang di tenda melebihi kapasitas sebenarnya. Namun pada umumnya pendaki memilih untuk membawa tenda jenis dome. Tenda ini berbentuk Cuba sehingga dapat menahan angin. Tenda ini juga ringan dan cukup ringkas untuk dimasukkan ke dalam tas ransel dengan mudah.

5. jaket

Jaket sudah menjadi barang pokok yang tidak boleh dilewatkan. Tidak selalu perlu menggunakan jaket saat mendaki karena suhu tubuh seseorang biasanya meningkat saat berjalan sehingga menggunakan jaket tidak nyaman. Namun jaket dibutuhkan saat suhu udara di pegunungan mulai turun. Pendaki sangat direkomendasikan jaket gunung tahan air, tahan angin dan dingin.

6. Ganti baju

Sangat disarankan untuk membawa pakaian ganti terutama jika Anda mendaki gunung saat musim hujan. Baju ganti bisa digunakan saat baju yang dikenakan basah karena terkena air hujan agar badan tetap hangat. Menyimpan pakaian di dalam tas tidak boleh sembarangan. Ada baiknya pendaki menyimpan pakaian dalam plastik sebelum memasukkannya ke dalam tas. Ini akan mencegah pakaian ganti menjadi basah.

7. Pertolongan pertama

Perlengkapan pertolongan pertama kecelakaan (P3K) yang berisi berbagai peralatan medis juga dibutuhkan. Saat badan mulai terasa salah, pendaki bisa langsung mengatasinya. Selain perlengkapan di atas, latihan fisik juga penting untuk diperhatikan agar Anda dalam kondisi terbaik saat mendaki. Jika semua langkah keamanan ini dilakukan, maka pendakian akan lancar dan aman. Pertolongan pertama bisa berupa obat antibiotik, kasa, obat merah, selimut darurat, cotton buds, dan masih banyak lagi obat-obatan lainnya.

peralatan pendakian

peralatan pendakian

peralatan pendakian

peralatan pendakian

Sumber: Kompas.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *