Pantai Padang, Metamorfosa Wisata Bahari Kebanggaan Masyarakat Minang

oleh -0 views


Pantai Padang adalah salah satu dari sekian banyak pantai yang ada di Padang, Sumatera Barat. Awalnya pantai ini kurang diminati wisatawan karena kurang menarik.

Namun Pantai Padang kini sudah banyak berubah, lokasinya sudah di update di beberapa lokasi. Misalnya, trotoar dibuat lebar, sehingga nyaman bagi yang berjalan.

Selain itu, pantainya juga bersih sehingga pengunjung yang datang akan merasa sangat nyaman. Dan kini menjadi lokasi favorit warga Padang untuk menghabiskan akhir pekan.

Tempat wisata di Padang yang terbentang di sisi barat ibu kota Provinsi Sumatera Barat ini hampir setiap hari dikunjungi wisatawan, baik lokal maupun mancanegara.

Ragam Wisata Menarik di Pantai Padang

1. Nikmati Pantai yang Tenang

bersantai di pantai
bersantai di pantai. peta google. sumber: Viknesh Victor

Pantai Padang telah bermetamorfosis menjadi destinasi wisata yang bisa dibanggakan, apalagi sekarang sudah tertata dengan sangat baik dan rapi, termasuk para pedagang di sekitarnya.

Banyak pengunjung yang datang untuk menikmati pantai yang relatif tenang ini, memang pada waktu-waktu tertentu ombaknya cukup kuat dan sering digunakan untuk berselancar.

Anda bisa duduk-duduk di hamparan pasir sepanjang pantai, sambil menikmati sajian alam yang sangat indah. Ombaknya cukup tenang berpadu dengan indahnya langit biru.

Anda bisa mengajak anak-anak ke Pantai Padang, dan membiarkan mereka bermain di pasir yang lembut atau bermain di pantai yang cukup tenang.

2. Menyaksikan Matahari Terbenam

matahari terbenam di pantai
matahari terbenam di pantai. peta google. sumber: Suryadi Darwin

Hal lain yang banyak dilakukan pengunjung di Pantai Padang adalah menunggu matahari terbenam, dan melihat panorama alam yang mulai berubah warna.

Pantai Padang menghadap ke barat, sehingga bisa menyuguhkan panorama sunset yang sangat menawan. Sebab, banyak pengunjung yang sengaja datang pada sore hari.

Mengistirahatkan jiwa dan raga dari kesibukan yang seolah tiada habisnya, agar tubuh dapat kembali siap untuk menjalani kehidupan sehari-hari esok hari.

3. Berburu foto keren

salah satu tempat favorit saya
salah satu tempat favorit saya. peta google. sumber: Fajar Biru

Satu hal yang tidak boleh dilewatkan saat berada di sebuah objek wisata adalah berburu lokasi foto terbaik, hingga menghasilkan gambar yang menawan.

Salah satu lokasi foto favorit adalah yang ada di Taman Muaro, ada sebuah monumen bernama Tugu IORA yang terlihat sangat eye catching.

Yakni menyerupai tkamu penunjuk arah yang bertuliskan nama-nama negara yang tergabung dalam Association of Countries in the Indian Ocean Region.

Spot lainnya adalah landmark bertuliskan “Kota Padang” dan juga Monumen Perdamaian Merpati. Pastikan Anda mendapatkan gambar yang bagus ya…

4. Berolahraga

Aktivitas lain yang bisa dilakukan selama di Pantai Padang adalah jogging di Jogging Track yang membentang di sepanjang pantai dan di sekitar taman.

Anda bisa berolahraga sambil menikmati pemkamungan pantai yang indah dan angin yang sedikit menyegarkan saat berolahraga.

Ada juga persewaan sepeda yang bisa Anda gunakan untuk mengelilingi kawasan Pantai Padang, dijamin aktivitas olahraga Anda akan lebih menyenangkan.

pantai gurun
pantai gurun. peta google. sumber: Azmia Rizka Nafisa

Penginapan

Karena kini Pantai Padang hadir dengan wajah baru, sehingga menjadi daya tarik destinasi wisata para wisatawan di Padang.

Hal ini membuat banyaknya penginapan atau hotel yang lokasinya sangat dekat dengan Pantai Padang, antara lain:

  • 360 Homestay,
  • Yani Homestay,
  • Hotel Hangtuah,
  • Batang Arau Homestay, dan lain-lain.

Setiap penginapan atau hotel yang ada hadir dengan harga yang terjangkau mulai dari Rp. 100.000 per malam.

suasana malam
suasana malam. peta google. sumber: Liza Sariani

Lokasi & Alamat Pantai Padang

Letak Pantai Padang membentang dari daerah Purus hingga Muara Batang Arau, secara administratif berada di Kecamatan Padang Barat, Kota Padang, Sumatera Barat.

Pantai Padang terletak tidak jauh dari pusat kota, sehingga akses menuju lokasi sangat mudah. Apalagi letaknya di pinggir jalan raya.

Jarak dari Bkamura Internasional Minangkabau hanya bisa ditempuh dalam waktu sekitar 30 menit perjalanan, dengan jarak tempuh kurang lebih 23 km.

bermain di pantai
bermain di pantai. peta google. sumber: dahnil koto

Jam Buka Pantai Padang

Jam operasional Pantai Padang buka setiap saat, 7 hari seminggu dan 24 jam sehari. Suasana di malam hari akan terasa jauh berbeda.

Tiket Pantai Padang

Tiket masuk Pantai Padang tidak dipungut biaya sepeser pun alias gratis. Anda hanya perlu menyiapkan biaya tiket parkir kendaraan yang Anda bawa.

Fasilitas Pantai Padang

Fasilitas penunjang di sekitar Pantai Padang antara lain:

  • Area untuk memarkir kendaraan
  • Mushola dan Masjid
  • Warung makanan dan minuman
  • Lintasan Joging
  • Wahana permainan untuk anak-anak
  • Penginapan atau Hotel



Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *