Pantai Karang Bolong, Pantai Unik Yang Penuh Misteri

oleh -3 views


Pantai Karang Bolong merupakan bagian dari salah satu pantai di kawasan Anyer, Serang, Banten yang memiliki pemkamungan bebatuan karang yang sangat memukau.

Karena keunikan tersebut, pantai yang terletak di ujung barat Pulau Jawa ini tidak pernah sepi pengunjung. Perlu Anda ketahui, nama Pantai Karang Bolong di Indonesia sendiri terdapat di beberapa daerah. Diantara mereka:

Semuanya memiliki batuan karang, namun dengan bentuk dan ukuran yang berbeda-beda. Pantai Karang Bolong Serang menjadi lokasi favorit para pecinta wisata pantai, karena memiliki beberapa spot keren untuk dikunjungi.

pantai karang bolong
pantai karang. peta google. sumber: Aaron Lisandrio

Misteri di Pantai Karang Bolong

Metafisika Pantai Karang Bolong disebut-sebut sebagai pintu gerbang dimensi kerajaan gaib yang masih di bawah kendali kerajaan pantai selatan.

Gerbang dimensional tersebut digambarkan sebagai sebuah batu yang memiliki lubang di tengahnya, dengan hiasan pohon yang cukup lebat di bagian atasnya dan berada dalam satu garis lurus dengan Gunung Krakatau.

Konon pada zaman dahulu, tempat tersebut merupakan tempat untuk melakukan wiridan, meditasi atau tempat bertapa bagi mereka yang ingin tenang dan berserah diri sepenuhnya kepada Sang Pencipta.

Konon Pantai Karang Bolong pernah digunakan oleh seorang pria bernama Prabu Pangeran Suryadilaga untuk menenangkan diri dan mengamalkan ilmunya.

Awalnya pantai ini diberi nama Panta Karang Suraga, karena pantai ini merupakan tempat yang tepat untuk menenangkan diri dan menyerahkan jiwa raga kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Namun, makna ini sekarang banyak disalahgunakan. Letak batu karang yang memiliki lubang besar di tengahnya sering dimanfaatkan oleh seseorang untuk mencari kekayaan instan dengan menggunakan ritual tertentu.

keindahan pantai karang
keindahan pantai karang bolong. peta google. sumber: Catur P

Lokasi & Alamat Pantai Karang Bolong

Pantai Karang Borong terletak di Desa Karang Suraga, Cinangka, Serang, Banten.

Rute menuju Pantai Karang Bolong sangat mudah dilalui oleh segala jenis kendaraan. Dari arah Jakarta masuk Tol Jakarta-Merak lalu keluar di exit Cilegon Barat.

Dari sana Anda tinggal mengarahkan kendaraan ke arah Anyer, kemudian tinggal mengikuti petunjuk yang akan mengarahkan Anda ke Pantai Karang Bolong.

Jam Buka Pantai Karang Bolong

Jam operasional dari Pantai Karang Bolong, Serang, buka setiap hari Senin hingga Minggu selama 24 jam non stop.

trekking ke tempat memancing
trekking ke tempat pemancingan. peta google. sumber: Himawan

Tiket Pantai Karang Bolong

Tiket masuk Pantai Karang Bolong dengan membayar sekitar Rp. 15.000,- per orang, itu belum termasuk biaya parkir kendaraan.

Ragam Wisata di Pantai Karang Bolong

Daerah Anyer dikenal memiliki ombak yang cukup besar, sehingga tidak disarankan untuk bermain air atau berenang ke tengah lautan.

Meski begitu, bukan berarti kamu tidak bisa melakukan hal menyenangkan selama berada di Pantai Karang Bolong. Berikut beberapa jenis wisata yang bisa Anda lakukan saat mengunjungi Pantai Karang Bolong:

1. Mengunjungi Karang Bolong

karang berlubang
karang berlubang. peta google. sumber: Aaron Lisandrio

Ini adalah icon pantai yang sedang kamu kunjungi, tidak lengkap rasanya jika tidak mengunjungi batu karang yang memiliki lubang cukup besar di tengahnya.

Lubang tersebut dikatakan terjadi akibat proses abrasi gelombang laut yang berlangsung sangat lama, sehingga menghasilkan lubang dengan diameter sekitar 50 meter dan ketinggian hingga 30 meter.

Banyak pengunjung yang duduk-duduk di sekitar karang berlubang ini, sambil menikmati pemkamungan Gunung Anak Krakatau di depannya.

Batuan ini memiliki pepohonan yang cukup lebat di puncaknya, dan FYI kamu bisa naik ke atas batu dengan menaiki tangga di sebelah kanan.

2. Mendaki Ke Bukit Batu

trekking ke puncak karang bolong
trekking ke puncak karang bolong. peta google. sumber: Aaron Lisandrio

Dengan menaiki tangga kamu akan menuju ke Bukit Batu Karang, dimana kamu bisa melihat panorama alam yang sangat indah dari ketinggian.

Meski anak tangga yang dilalui cukup sempit dan cukup tinggi, pengunjung selalu bersemangat untuk menaikinya. Apalagi di tengah pendakian Anda akan melewati sela-sela batang pohon.

Dengan berada di ketinggian sekitar 100 meter, Anda akan dibuat takjub dengan hamparan laut yang luas di depan mata Anda. Lokasi ini sering dijadikan sebagai spot untuk berfoto.

2. Pergi ke gardu pkamung

gardu pkamung yang menjorok ke laut
gardu pkamung yang menjorok ke laut. peta google. sumber: Rissa

Gardu pkamung di Pantai Karang Bolong sangat berbeda, karena letaknya yang mengarah ke laut. Jadi kalau mau ke gardu pkamung harus siap basah lalu naik tangga yang tidak terlalu lebar.

Anda sampai di gardu pkamung yang bentuknya seperti gazebo atau gubuk yang akan menyuguhkan pemkamungan yang tak kalah menakjubkan.

3. Memancing

tempat memancing
tempat memancing. peta google. sumber: Bams Gunawan

Variasi wisata selanjutnya adalah memancing, spot mancing di Pantai Karang Bolong berbeda. Di mana Anda harus menuruni tangga dari atas batu, tangganya cukup curam dan sempit.

Namun, dalam perjalanan Anda akan melihat pemkamungan yang sangat indah. Di sini terdapat dua gazebo atau gubuk sederhana yang biasa digunakan untuk beristirahat sambil menunggu umpan dimakan ikan.

4. Main Air dan Wahana Permainan Seru Lainnya

bermain wahana air yang menyenangkan
bermain wahana air yang menyenangkan. peta google. sumber: asep setia

Jenis wisata yang terakhir tentu saja bermain air laut, namun Anda harus berhati-hati, karena ombaknya cukup besar di waktu-waktu tertentu.

Pantai Karang Bolong memiliki kontur pantai yang cukup lkamui, hamparan pasirnya berwarna coklat. Di sekitarnya, ada banyak penjaja jaket pelampung yang disewakan.

Selain bermain air laut, Anda juga bisa bersenang-senang lainnya dengan mencoba wahana air yang ada, tentunya Anda harus membayar biaya tambahan untuk melakukannya.



Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *