24 Tempat Wisata di GARUT Yang Hits Terbaru 2021

oleh -2 views
Cipanas Garut sumber alam


Mau berlibur ke Garut? Silahkan baca panduan wisata ke Garut yang selengkap mungkin kami sajikan disini. kamu bisa temukan apa saja tempat wisata di Garut, cara menuju lokasi, hal yang bisa dilakukan di Garut, oleh-oleh khas Garut, dan lain sebagainya.

Garut merupakan kabupaten yang terletak tidak jauh dari kota Bandung. Kota ini sudah cukup dikenal sejak zaman kolonial sebagai salah satu tujuan tetirah/istirahat.

Tempat wisata di Garut cukup beragam, mulai dari wisata air panas, wisata air terjun, wisata gunung, sampai wisata pantai di Garut semuanya tersedia. Akses menuju Garut dari dari Bandung cukup mudah, hanya sekitar 2 jam saja kamu sudah bisa sampai.

Tujuan wisata populer di kota Garut mulai dari gunung, sampai dengan pantai. Lengkap deh. Tapi, karena areanya yang luas sepertinya tidak mungkin untuk bisa mengunjungi semua tempat wisata di Garut dalam 1 hari saja.

Berikut ini adalah info seputar tempat wisata di Garut yang telah kami kumpulkan. Silahkan simak langsung saja ya.

1. Wisata Cipanas Garut

cipanas garut sumber alam
image: Kampung Sumber Alam Cipanas

Daerah wisata Cipanas Garut menawarkan wisata pemandian air panas alami. Disini kamu bisa menikmati air panas yang bersumber langsung dari gunung api aktif, Gunung Guntur.

kamu bisa menikmati berendam air panas, berenang, dan juga bermain water boom di berbagai pemandian yang tersedia disana. Terdapat banyak hotel yang bisa jadi pilihan menginap di Cipanas Garut.

2. Kompleks Wisata Darajat Garut

puncak darajat garut - kolam air panas

Kompleks wisata Puncak Darajat terletak tidak begitu jauh dari pusat kota, dan cukup mudah untuk di jangkau. Disini kamu bisa menikmati wisata air panas alami di ketinggian perbukitan yang hijau. Sensasinya cukup berbeda dengan Cipanas, yang terletak di daerah yang lebih rendah.

kamu bisa berenang, bermain di water boom, ataupun sekedar berendam air panas di ketinggian. Terkadang sambil diselimuti kabut dingin.

3. Karacak Valley

karacak valley di garut
foto: Hooman and me

Karacak Valley terhitung masih baru. Tempat liburan di Garut ini berupa hutan pinus dan kebun kopi yang dikelola menjadi tujuan wisata alam di Garut yang unik.

Lokasinya sendiri berada di wilayah kecamatan Garut Kota, sehingga tidak begitu jauh dan cukup mudah dijangkau wisatawan.

Info hotel di Garut, klik disini

4. Kampung Naga

kampung naga garut
foto: Dion Mlaku mlaku

Kampung Naga adalah salah satu kampung adat di Jawa Barat yang cukup terkenal. Secara administrasi, Kampung Naga sebenarnya masuk ke wilayah kabupaten Tasikmalaya. Namun lokasinya cukup dekat dari Garut. Karena hal ini juga, banyak yang mengira Kampung Naga masuk ke wilayah Garut.

Di Kampung Naga, suasananya masih terjaga asri. kamu bisa menemukan kondisi alami yang serasi dengan alam, belajar budaya masyarakat Sunda yang masih terjaga, sekaligus melepas penat.

5. Kawah Talaga Bodas

Kawah talaga bodas Garut - tempat wisata di garut

Terletak di Kecamatan Wanaraja, Kawah Talaga Bodas merupakan danau kecil yang terbentuk di atas kawah bekas letusan Gunung Talagabodas. Tempatnya mirip dengan Kawah Putih di Bandung, hanya saja relatif masih asli.

kamu tidak perlu treking atau naik gunung untuk menuju ke sini. Akses jalan sudah langsung sampai ke lokasi kawah. Hanya saja sekarang tidak bisa langsung parkir di pinggir kawahnya. Sekarang, kamu harus parkir di area yang tersedia, kurang lebih 1 KM sebelum kawah.

6. Kawah Kamojang

kawah kereta api - kawah kamojang

Berada di perbatasan Garut – Bandung, kawah Kamojang bisa kamu jadikan alternatif tujuan wisata. Rutenya masih satu jalur dengan Kampung Sampireun dan juga Kebun Mawar Situhapa.

Meskipun namanya kawah, tapi di sini tidak terdapat kawah biasa, lebih berupa uap panas bumi yang keluar dari area-area tertentu. Disini kita bisa berkeliling area, berendam air panas, dan lain sebagainya.

7. Kampung Sampireun

kampung sampireun garut
foto: Kampung Sampireun resort

Kampung Sampireun Resort and Spa adalah salah satu resort ekslusif di Garut. Tempat ini banyak menjadi tujuan wisatawan asing ataupun domestik. Kampung Sampireun juga menjadi salah satu destinasi honeymoon di Garut yang sudah terkenal, baik di luar ataupun dalam negeri.

Disini kita bisa menginap di resort yang alami dan indah disekitar danau, menikmati budaya sekitar, dilengkapi dengan pelayanan yang ekslusif banget.

Lokasi Kampung Sampireun berada satu arah dengan Kawasan Kawah Kamojang. kamu tinggal arahkan kendaraan ke rute Garut – Samarang, lalu belok kanan ke arah Kamojang. Letaknya kurang lebih 5 KM dari pertigaan jalan Samarang- Kamojang.

8. Kebun Mawar Situhapa

kebun mawar situhapa - jalanjalan

Tidak jauh dari Kampung Sampireun juga terdapat Kebun Mawar Situhapa. Letaknya hanya beda kurang lebih 1 Km saja.

Disini kamu bisa menikmati kebun mawar yang luas, restoran, dan panorama alam serta udara yang segar. Jika beruntung berkunjung saat mawar sedang mekar, pemandangannya akan indah sekali.

Baca juga: daftar tempat wisata di Cianjur yang menarik

9. Kamojang Ecopark

Kamojang ecopark garut

Kamojang Ecopark terhitung tempat wisata di Garut yang masih baru. Lokasinya berada di kawasan Kamojang, tidak jauh dari gerbang batas wilayah Garut – Bandung.

Kamojang Ecopark bisa jadi alternatif temppat wisata selain kawah kamojang yang sudah lebih awal dikenal.

10. Kamojang Green Hotel and Resort

Kamojang Green Hotel & Resort

Kamojang Green Hotel and Resort terletak sebelum Kampung Sampireun, kurang lebih 3 KM dari pertigaan jalan Samarang – Kamojang. Tempat ini terhitung baru dibuka, tapi sudah cukup lumayan diminati sebagai pilihan resort menginap yang ekslusif di Garut.
Suasananya juga alami, dengan tatanan lokasi yang bagus banget.

11. Candi Cangkuang dan Kampung Pulo

candi cangkuang - situ cangkuang

Candi Cangkuang, Situ Cangkuang, dan Kampung Pulo terletak di kecamatan Leles. letaknya sebelum memasuki kota Garut tidak jauh dari jalan raya sehingga tempat wisata ini bisa menjadi tempat wisata pertama yang kamu kunjungi.

Candi Cangkuang terletak di tengah situ (danau kecil). Untuk menuju lokasi kamu harus menyeberang terlebih dahulu menggunakan rakit yang banyak tersedia disana. Selain itu juga terdapat kampung adat Kampung Pulo yang terletak persis di pinggir candi.

12. Kolong Langit Cilawu

kolong langit cilawu garut
foto: Kolong langit Coffee camp

Kolong Langit adalah salah satu destinasi wisata alam di Garut yang terhitung baru. Lokasinya berada di Cilawu Garut, tidak terlalu jauh dari pusat kota.

Cocok banget untuk kamu kunjungi sambil melepas penat kerja.

13. Situ Bagendit

situ bagendit garut

Situ Bagendit terletak cukup dekat dari terminal Garut, hanya sekitar 4-5 KM saja. lokasinya berada di kecamatan Banyuresmi, dan tepat berada dipinggir jalan raya sehingga ngga bakalan terlewat. Disini kita bisa berkeliking situ/danau dengan perahu kayuh (bebek-bebekan) ataupun menggunakan rakit. Di waktu weekend, ada juga warung yang buka di tengah situ lho.. rada unik juga.

Untuk menuju lokasi; arahkan kendaraan ke terminal Garut- Banyuresmi. Lokasi situ berada di sebelah kiri kira-kira 5 KM dari terminal.

Jika menggunakan kendaraan umum; naik angkot jurusan garut – banyuresmi dari terminal, berhenti di gerbang masuk situ bagendit. Bisa juga naik delman dari terminal guntur.

14. Kawah Papandayan

Padang edelwiess tegal alun Papandayan

Kawah dan Gunung Papandayan merupakan salah satu destinasi wisata alam favorit di Garut. Tempatnya mudah dicapai, dengan keindahan alam yang keren banget. Disini kamu bisa berwisata di kompleks kawah Papandayan, berpetualang sampai ke padang edelweiss Tegal Alun, berfoto ria di tebing atas, atau bahkan menjemput sunrise di tebing Sunrise Papandayan.

Jalan menuju lokasi juga sudah bagus, tidak seperti dulu yang jelek setelah letusan terakhir Papandayan. Tapi, jika akan berkunjung kesini perlu dilihat juga kondisinya apakah sedang ditutup lokasinya atau ngga, karena dalam kondisi cuaca ekstrem kompleks wisata ini kadnag ditutup sementara oleh pihak yang berwenang.

15. Curug Orok

curug orok garut
Foto: Wahyu Agustyansyah

Curug Orok terletak kurang lebih 1o km setelah Cikajang, masih satu rute dengan Curug Sanghyang Taraje. Curug Orok mudah ditemukan karena letak gerbangnya berada di pinggir jalan Cikajang – Bungbulang.

Untuk menuju lokasi, ikuti rute Garut – Bayongbong – Cikajang – Bungbulang. Letak curug Orok berada sebelum Cisandaan. Lokasinya mudah ditemukan dengan bantuan Google Map.

Baca juga: daftar tempat wisata di Kuningan

16. Curug Sang Hyang Taraje

bisa santai di air terjun sang hyang taraje

Curug Sang Hyang Taraje terletak di kecamatan Pakenjeng, Garut. Tempatnya cukup jauh dari pusat kota, dan kamu akan sedikit berpetualang jika berminat untuk menuju ke lokasi ini.

Curug Sang Hyang Taraje merupakan air terjun unik dengan dua air terjun/air terjun kembar dengan volume air yang cukup besar dan juga cukup tinggi. Jika kamu tidak keberatan dengan sedikit berpetualang, tempat ini bisa jadi tujuan.

17. Desa Wisata Sindangkasih

desa wisata sindangkasih
desa wisata sindangkasih

Desa wisata Sindangkasih berada di perbatasan Garut- Tasikmalaya. Disini terdapat river tubing yang bisa dinikmati oleh kamu sekeluarga.

18. Pantai Santolo

pantai santolo

Pantai Santolo merupakan salah satu pantai yang paling dikenal di kota Garut. Bentang pantainya yang panjang dengan pasir yang halus serta putih jadi daya tarik unik tempat ini.

Selain itu, kamu bisa langsung menuju pantai sayang heulang; pantai dengan bentang karang yang luas dan unik. kamu cukup menyeberang sedikit ke pulau santolo, dan di sebelahnya langsung bertemu dengan pantai sayang heulang.

19. Pantai Sayang Heulang

gumuk pasir tungtung karang sayang heulang
foto: Angga Sulaeman

Pantai Sayang Heulang berbatasan langsung dengan Pantai Santolo. kamu bisa masuk ke Pantai Sayang Heulang dengan menyeberang dari Pantai Santolo, atau melalui gerbang utama.

Berbeda dengan Santolo yang berpasir luas, Pantai Sayang Heulang berupa pantai pasir, dengan tambahan bentangan karang membentang sampai ke tengah laut. Di saat surut, kamu bisa berjalan sampai ke ujung karang. Tapi wajib ekstra hati-hati ya.

20. Pantai Puncak Guha

pantai puncak guha - tebing

Pantai Puncak Guha sebetulnya hanya merupakan bukit yang menjorok sedikit ke tengah laut. Dari sini kamu bisa mendapatkan pemandangan lepas ke laut, dan juga ke sepanjang pantai selatan Garut.

Disini tidak terdapat pantai pasir, hanya berupa tebing tinggi yang berbatasan langsung dengan laut. Meskipun demikian, pemandangan sunset dan sunrise dari tempat ini keren banget lho..

Simak juga: daftar tempat wisata di Sukabumi

21. Pantai Ranca Buaya

pantai rancabuaya - nelayan

Salah satu pantai di Garut dengan pemandangan yang cukup indah dan unik. Pantai Rancabuaya berdekatan dengan Puncak Guha, sehingga bisa kamu jadikan satu paket sekaligus. kamu bisa menginap di Rancabuaya untuk menikmati sunset/sunrise di Puncak Guha.

Pantai-pantai di Garut bisa diakses melalui jalan garut, ataupun melalui jalan jalur selatan misalnya via Bandung-ciwidey-cidaun-rancabuaya-puncak guha-santolo, ataupun via Bandung-Pangalengan-Rancabuaya-puncak guha-santolo.

22. Pantai Taman Manalusu

pantai taman manalusu
Foto: S. Marup

Pantai Taman Manalusu berada kurang lebih 12 KM dari Santolo. Pantai ini ada di wilayah kecamatan Cikelet. Pantai Manalusu masih jarang dikunjungi wisatawan sehingga suasananya masih relatif alami.

23. Pantai Cicalobak

pantai cicalobak
Foto: Dedeng Budiman

Pantai Cicalobak berada di kecamatan Mekarmukti, masih berada di jalur selatan Garut. Pantai ini juga masih lumayan sepi, biasanya lumayan ramai di weekend atau hari libur saja. Lokasinya berada tidak jauh dari Pantai Puncak Guha.

24. Pantai Cijeruk Indah

pantai cijeruk indah
Foto: Raii Irawan

Pantai Cijeruk Indah berada di desa Sagara, kecamatan Cibalong, Garut. Pantai ini masih lumayan sepi, tapi suasananya cukup indah lho. Letaknya juga tidak begitu jauh dari Pameungpeuk.

Objek wisata pantai di Garut letaknya berdekatan, dan semuanya dilewati oleh jalur pantai selatan jawa barat sehingga aksesnya cukup mudah dan bagus.

Hati-hati! Pantai selatan jawa barat biasanya memiliki arus yang kuat dan ombak yang cukup besar di waktu-waktu tertentu. Pastikan kamu perhatikan rambu peringatan yang ada sebelum berenang di pantai ya..

Simak juga: daftar tempat wisata di Bandung lengkap

Jalan Menuju Ke Garut

Jalan menuju ke Garut cukup mudah kok. Insya Allah ngga bakal nyasar jika menggunakan kendaraan pribadi ataupun umum.

Tergantung dari tempat wisata yang akan kamu kunjungi, ada beberapa alternatif rute ke Garut yang bisa kamu gunakan.

1. Jalan Ke Pusat Kota Garut

Rute menuju pusat kota Garut cukup mudah. Jika menggunakan kendaraan pribadi, kamu bisa keluar di gerbang tol Cileunyi lalu arahkan kendaraan ke jalan raya Bandung – Garut. Di jalan cagak Nagreg, silahkan belok kanan dan ikuti terus jalan ini sampai ke pusat kota Garut.

Rute alternatif ke Garut lainnya, bisa via rute Bandung – Majalaya – Ibun – Kamojang – Samarang – Garut. Rute ini bisa juga kamu gunakan kalau terjebak macet saat mudik lewat Garut menuju ke Bandung.

Tempat Wisata Yang Bisa Dikunjungi

Menggunakan rute ini cocok jika kamu ingin mengunjungi tempat wisata yang tidak begitu jauh dari pusat kota Garut. Tempat yang bisa dengan muudah kamu kunjungi antara lain ; Candi cangkuang (sebelum Garut), area Cipanas, Situ bagendit, kawah Talaga Bodas, kawasan Darajat, kawasan Kamojang, gunung Papandayan, curug Orok, dan juga Curug Sang Hyang Taraje.

Menggunakan Angkutan Umum

Jika menggunakan angkutan umum, kamu bisa naik bis jurusan Garut dari terminal leuwi panjang dan terminal Cicaheum Garut. Selain itu juga bisa naik bis (Primajasa/karunia bakti) dari jakarta ( terminal lebak bulus, dan kampung rambutan).

Alternatif lainnya adalah menggunakan kendaraan omprengan seperti Elf dan suzuki carry. Biasanya ada di terminal leuwi panjang dan Cicaheum Bandung.

Selain itu, kamu juga bisa naik angkutan umum dari Cileunyi, setelah gerbang tol. Disini kita bisa naik semua bis menuju garut yang lewat sini, ataupun kendaraan omprengan.

2. Jalan Ke Garut Selatan

Rute ini cocok digunakan jika tujuan utama kamu mengunjungi pantai-pantai yang ada di sepanjang jalur pantai selatan di wilayah Garut. Rute ini direkomendasikan menggunakan kendaraan pribadi (mobil-motor) karena angkutan umum yang tersedia masih sedikit.

Untuk menuju ke Garut selatan, kamu bisa menggunakan rute manapun yang masuk ke jalur selatan dari Sukabumi, Cianjur, dll. Tinggal ikuti terus jalur selatan dan akan masuk ke wilayah Garut.

Jika dari Bandung, kamu bisa menggunakan rute jalan Bandung – Pangalengan – Cisewu – pantai Rancabuaya (garut). Atau bisa juga rute Bandung – Ciwidey – Cidaun – Pantai Rancabuaya (Garut).

Tempat wisata di Garut Selatan yang bisa kamu kunjungi antara lain; pantai rancabuaya, pantai puncak guha, pantai santolo, pantai Cijeruk, pantai taman manalusu, pantai cicalobak, pantai karang paranje, dan lain sebagainya.

Oleh-Oleh Khas Garut

Liburan ke Garut tentunya kurang pas jika ngga membawa oleh-oleh khas Garut. Oleh-oleh yang dibawa pulang bisa berupa kuliner khas garut ataupun cindera mata.

Beberapa hal yang bisa kamu jadikan oleh-oleh saat wisata ke Garut antara lain;

1. Jaket Kulit Garut

Jaket kulit Garut cukup dikenal memiliki kualitas yang bagus. Bahkan sudah diekspor ke mancanegara. Selain jaket kulit, banyak juga terdapat produksi kerajinan kulit lainnya seperti tas, ikat pinggang, topi, sarung tangan, dan lain sebagainya.

Sentra kerajinan kulit di Garut terletak di Sukaregang. Lokasinya kurang lebih 2 KM dari pusat kota Garut, gampang kok untuk menuju lokasi.

2. Dodol Garut

Selain jaket kulit, dodol juga menjadi salah satu oleh-oleh khas garut. Produsen yang sudah cukup terkenal disini adalah Dodol picnic. Dodol picnic garut memiliki berbagai pilihan rasa dan menggunakan kemasan yang bagus. Cocok untuk kamu jadikan oleh-oleh. Selain itu, rasanya juga enak, tidak terlalu manis.

3. Chocodot – Coklat Khas Garut

Chocodot merupakan produk coklat yang sekarang menajdi buruan oleh-oleh khas dari Garut. Coklat ini memiliki berbagai rasa yang unik, dengan kemasan yang lucu dan nyeleneh. Cocok sekali kalau kamu bawa sebagai oleh-oleh setelah liburan ke Garut.

Kuliner Lainnya

Selain tiga hal diatas, kota ini juga memiliki berbagai produk kuliner yang khas seperti;

  • Jeruk garut
  • Dorokdok atau kerupuk kulit
  • Opak
  • Burayot
  • Angleng
  • Ladu
  • Rangginang
  • dan lain-lain.

Produk-produk kuliner khas Garut bisa kamu temukan di sentra oleh-oleh yang banyak terdapat di kawasan Tarogong dan juga di jalan Ciledug.

Semoga info tempat wisata di garut ini bisa jadi ide tambahan bagi kamu yang berencana liburan ke Garut.

Silahkan simak juga:



Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *