Viral Video Uang Kertas 1.0 Lembar 1 Juta Begini Penjelasan BI dan Peruri

cpzlab.com – Hallo sobat cpzlab.com, kali ini admin ada informasi terbaru yang sedang viral dimedia sosial. Yaitu uang pecahan 1 lembar yang di anggap uang 1 juta.

Sedang viral di media sosial sebuah video yang memperlihatkan seseorang pria memposting uang kertas dengan nominal 1.0.

Dalam video tersebut yang di unggah oleh akun Tiktok @wandyskay, Jumat/11/2021) tampak seorang pria tersebut memperlihatkan satu lembar uang yang ia sebut sebagi uang pecahan nomimal Rp 1 juta.

Akan tetapi yang disampaikan pria tersebut tidak benar karena uang tersebut hanyalah specimen atau uang contoh. Dalam Videonya, pria tersebut menyebut bahwa uang 1.0 merupakan uang pecahan satu juta.

“Uang pecahan 1 jeti, hayo udah ada yang punya belom,”tulis pria tersebut dalam video Tiktoknya.

Dalam uang tersebut terdapat gambar wanita berpakaian adat bali sedang menari pendet. Di sisi sebaliknya juga tampak gambar kepulauan indonesia, perahu, dan hewan laut.

Ada juga tulisan berwarna merah dengan kalimat ‘The Beauty of Indonesia. Pada bagian pojok atas uang tersebut juga terdapat keterangan bahwa itu adalah uang specimen atau uang contoh.

Baca juga:

Beragam komentar pun muncul terkait video uang tersebut.

Ogah, uang bikin mument nt kl belanja hbs 255500 kembaliannya berapa, kudu mikir,”tulis akun Hayyu sugiyanto.

Ga tertarik tar ilang selembar demamnya seminggu,”tulis akun Silvi”!!.

Dibawah ini kami juga telah memberikan videonya untuk Anda:

Tanggapan BI soal uang kertas 1.0 lembar 1 juta

Direktur Departemen Komunikasi Bank Indonesia (BI) Junanto Herdiawan menenagskan bahwa uang pecahan rupiah kertas yang berlaku saat ini nominal tertinggi adalah Rp 100.000 (seratus ribu rupiah).

Sebelumnya, uang pecahan dengan gambar uang 1.0 tersebut juga pernah viral pada bulan mei 2021 yang lalu.

Baca juga:

Uang tersebut merupakan uang specimen

Head of Corporate Secretary Peruri Adi Sunardi mengatakan bahwa uang 1.0 dalam video viral tersebut adalah uang specimen yang tidak bis digunakan untuk berbelanja.

“Uang specimen adalah uang contoh, yang tidak sah untuk alat pembayaran. Ia menjelaskan, Peruri membuat uang specimen untuk kepentingan internal yang bisa digunakan sebagai alat pemasaran (marketing tools) untuk mempromosikan contoh produk atau uang yang diproduksi oleh Peruri.

Pihaknya menegaskan, berdasarkan UU Mata Uang Nomor 7 Tahun 2011 pasal2 telah disebutkan bahwa mata uang Indonesia adalah rupiah, sedangkan uang specimen buka uang rupiah.

Ia menambahkan, ciri-ciri uang rupiah menurut pasal 5 UU Nomor 7 Tahun 2011, uang rupiah- memuat paling sedikit:

  • Gambar lambang negara “Garuda pancasila” ;
  • sebutan pecahan dalam angka dan huruf sebagai nilai nominalnya;
  • Tanda tangan pihak Pemerintah dan Bank Indonesia;
  • Nomor seri pecahan
  • ,Teks “Dengan Rahmat Tuahn Yang Maha Esa, Negara Kesatuan Republik Indonesia Mengeluarkan Rupiah Sebagai Alat Pembayaran Yang Sah Dengan Nilai…”
  • Tahun emisi dan tahun cetak.

Uang specimen Peruri sama sekali tidak memuat hal-hal seperti yang disebutkan pada poin 3 poin seperti diatas sehingga uang tersebut bukanlah sebagai alat pembayaran.

Penutup

Dari pembahasan diatas, dapat diketahui bahwa uang 1.0 yang disebutkan sebagai uang pecahan Rp 1 juta merupakan informasi yang tdak benar. semoga informasi ini bermanfaat dan bisa menambah wawasan Anda, terima kasih sudah berkunjung dan sampai jumpa di artikel berikutnya.

Gallery for Viral Video Uang Kertas 1.0 Lembar 1 Juta Begini Penjelasan BI dan Peruri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *