Kolong Langit, Wisata Garut Inspirasi Para Pecinta Alam

oleh -0 views


Lebih lanjut Kolong Langit menegaskan bahwa Kecamatan Cilawu Kabupaten Garut sangat layak dijadikan sebagai kawasan wisata yang direkomendasikan untuk dikunjungi.

Objek wisata Kolong Langit hanya satu, dari sekian banyak pesona keindahan alam Garut. Namun, di tempat yang berbeda tentu saja sensasi wisatanya juga berbeda.

dibawah langit
dibawah langit

Meski berstatus sebagai objek wisata baru di Kabupaten Garut, Kolong Langit diproyeksikan mampu menarik minat wisatawan khususnya wisatawan lokal.

Besarnya potensi wisata di kawasan Kolong Langit Garut tentunya akan menjadi magnet utama untuk mendatangkan pengunjung, selain alasan lokasinya yang dekat dengan pusat kota Garut.

Dan berikut ulasan wisata Kolong Langit Garut yang telah kami siapkan untuk kamu, sebagai acuan awal untuk menentukan tempat wisata di Garut saat liburan tiba, atau saat kebijakan PPKM dicabut.

Sejarah Di Bawah Langit

sejarah bawah langit
sejarah bawah langit

Sejarah tempat wisata Kolong Langit Garut diawali dengan secangkir kopi khas Garut yang mengiringi obrolan para pecinta alam, di sebuah lahan terbuka yang asri, di Desa Cilawu, Kabupaten Garut.

Dari perbincangan tersebut, lahirlah ide untuk mengembangkan potensi wisata di daerah tersebut, tanpa melanggar prinsip-prinsip pelestarian alam.

Akhirnya, eksplorasi untuk menciptakan daya tarik wisata pun dimulai. Salah satunya dengan mengajak masyarakat sekitar, serta beberapa instansi terkait untuk merealisasikan ide tersebut.

Kesepakatan lahir, kemudian pengembangan dimulai secara bertahap, yang mengacu pada konsep besar yang telah disiapkan oleh para penggagas.

Saat ini, meski belum 100%, Kolong Langit Garut sudah bisa dikunjungi masyarakat. Objek wisata alam yang cocok sebagai destinasi wisata keluarga yang edukatif, nyaman, dan aman.

Sejarah Penamaan Bawah Langit

filosofi di bawah langit
filosofi di bawah langit

Nama Kolong Langit mengacu pada nilai filosofis daerah tersebut, serta lokasinya di bawah langit, atau di bawah langit.

Kolong Langit Coffee Camp berarti tempat kopi di bawah langit. Dari secangkir kopi, lahirlah sebuah mahakarya indah di tanah kota Dodol, Garut.

kamp kopi di bawah langit sky
kamp kopi di bawah langit sky

Seperti halnya objek wisata di Indonesia lainnya yang selalu memiliki nama lain, atau sebutan lain, maka Kolong Langit juga memiliki nama lain. Diantara mereka:

  • Di bawah surga
  • Di Bawah Langit Garut
  • Perjalanan di Bawah Surga
  • Di Bawah Langit Cilawu
  • Perkemahan Kopi Kolong Langit

Nama asli tempat wisata ini sebenarnya bernama Kolong Langit Coffee Camp. Hanya saja di telinga publik lebih populer dengan penyebutan Kolong Langit.

Lokasi dan Alamat Di Bawah Langit

Lokasi Kolong Langit berada di kawasan pegunungan Karacak. Alamat Kolong Langit ada di Kp. Cikadu/Cirorek, Desa Cilawu, Kecamatan Cilawu, Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat.

lokasi di bawah kamp kopi langit
lokasi di bawah kamp kopi langit

Jalan menuju objek wisata Kolong Langit Garut merupakan perjalanan yang sangat menyenangkan dari pusat kota Garut.

Pemkamungannya sangat indah, cuacanya sejuk, dan kondisi jalan bagus sampai ke area parkir Kolong Langit.

Selain itu, akses jalan menuju Kolong Langit Coffee Camp dapat dilalui kendaraan roda dua, maupun roda empat.

Jarak antara Kolong Langit Coffee Camp Garut dari Garut Square hanya sekitar 11 kilometer. Jika menggunakan kendaraan pribadi, hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk sampai ke wisata Kolong Langit.

Ada juga pilihan menggunakan moda transportasi umum seperti Angkot. Untuk mempersingkat waktu perjalanan, ada baiknya naik angkot di halte Sukadana.

Kunjungan wisata terbaik tidak dianjurkan di musim hujan. Cuaca cerah sangat mendukung untuk menjajal setiap sudut keindahan Kolong Langit Garut.

Harga Tiket Masuk Under Heaven

  • Tiket masuk Kolong Langit Coffee Camp adalah Rp. 15.000 per orang.
  • Ada tiket lanjutan bagi yang ingin camping, Glam Camp, atau Cabin House.

Jam Buka Under Heaven

  • Kolong Langit Coffee Camp buka dari pukul 08.00 – 24.00 dari hari Senin – Kamis.
  • Kolong Langit Coffee Camp buka 24 jam dari hari Jumat – Minggu.

Catatan tambahan, pengunjung harus selalu update terlebih dahulu mengenai objek wisata yang akan dikunjungi selama masa pandemi.

Biasanya tempat wisata di masa pandemi, selain tutup operasional, kalaupun buka, jam operasionalnya masih terbatas, tergantung status zona penyebaran Covid-19.

Fasilitas Bawah Langit Garut

fasilitas bawah langit garut
fasilitas bawah langit garut

Meski belum 100%, fasilitas dasar di Kolong Langit Coffee Camp sudah cukup lengkap untuk menunjang kenyamanan wisata para pengunjung. Diantara mereka:

  • Tempat parkir,
  • Toilet,
  • rumah kabin,
  • glamcamp,
  • tempat selfie,
  • Kantin, atau warung yang menjual makanan dan minuman,
  • Tempat bermain.

Penginapan Di Bawah Langit, Cilawu Garut

penginapan di bawah langit garut
penginapan di bawah langit garut

Fasilitas penginapan di objek wisata Kolong Langit Coffee Camp Garut dihadirkan dalam bentuk Cabin House, Glam Camp, atau camping.

Semua perlengkapan camping sudah disiapkan oleh pengelola, pengunjung tinggal datang dan membawa perlengkapan pribadi.

Daya Tarik Coffee Camp Kolong Langit Cilawu Garut

Secara umum, daya tarik Kolong Langit Coffee Camp di Cilawu Garut disajikan dalam beberapa konsep wisata, yang disajikan dengan indah untuk memanjakan para pengunjung yang datang. Diantara mereka:

1. Wisata Alam Edukasi, Kontemporer

camping under the sky coffee camp cilawu garut
camping under the sky coffee camp cilawu garut

Objek wisata pertama Kolong Langit Cilawu Garut merupakan objek wisata yang menyuguhkan konsep wisata alam yang edukatif dan kekinian.

Hal ini dibuktikan dengan adanya beberapa spot selfie yang instagramable, serta kawasan hutan pinus yang memiliki pemkamungan eksotis, serta udara yang sejuk, dan pemkamungan alam pegunungan khas Cilawu Garut.

Bagi kaum milenial, kawasan wisata Kolong Langit Coffee Camp Cilawu Garut sangat direkomendasikan sebagai tempat untuk melakukan kegiatan camping.

Beda zaman tentunya beda pula sensasi wisata, dan pemkamungan yang disuguhkan. Oleh karena itu, memilih opsi berkemah sepertinya menjadi kesempurnaan wisata di Kolong Langit.

2. Wisata Keluarga yang Nyaman

wisata keluarga di bawah langit, Cilawu, Garut
wisata keluarga di bawah langit, Cilawu, Garut

Daya tarik wisata Kolong Langit selanjutnya adalah objek wisata yang mampu menjadi destinasi wisata keluarga yang nyaman.

Selain dibuktikan dengan adanya taman bermain, juga terdapat fasilitas Cabin House dengan arsitektur yang keren, kreatif, dan memiliki halaman yang nyaman untuk memanjakan diri.

Sebenarnya ada fasilitas Glam Camp, namun kondisi konstruksinya masih belum 100%. Begitu juga dengan fasilitas Cabin House yang masih sangat terbatas hanya 3 unit saja.

3. Wisata Kuliner

wisata kuliner under the sky coffee camp
wisata kuliner under the sky coffee camp

Wisata kuliner di Kolong Langit Coffee Camp menjadi daya tarik selanjutnya. Tempat makan dan minum pengunjung sangat nyaman.

Arsitektur, serta penataan tempat sangat disesuaikan dengan alam sekitar. Dan yang terpenting, jangan lewatkan untuk mencoba kopi khas Garutan.

kopi di bawah langit
kopi di bawah langit

Momen terindah di Kolong Langit adalah ketika secangkir kopi panas berpadu dengan sejuknya udara sekitar, serta pemkamungan alam yang memanjakan mata.

Penutupan

Demikian informasi mengenai Kolong Langit Coffee Camp Objek Wisata Cilawu Garut. Tetap patuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah, juga oleh pihak manajemen.

Dan jangan lupa untuk selalu mengutamakan keselamatan, dan selalu menjaga alam, serta tidak membuang sampah sembarangan. Karena “Sampahmu, Adalah Dosamu”.



Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *