Cara Menghilangkan Virus di Hp Android Menggunakan & Tanpa Antivirus

oleh -0 views


Namanya juga perangkat dengan sistem operasi, pasti ada virus atau malware yang bisa menyelinap masuk dan merusak sistem operasi ponsel Android. Oleh karena itu, Anda harus tahu cara menghapus virus di Android dengan dan tanpa aplikasi antivirus. Sebelum mengetahui cara menghilangkan virus, kenali dulu ciri-ciri hp yang terkena virus atau malware.

Cara Menghapus Virus di Android Menggunakan Antivirus

Anda tidak ingin ponsel Android Anda terkena virus, maka sudah saatnya kita mempelajari cara menghapus virus di Android dengan benar. Ikuti tutorial ini:

1. Cara Menghapus Virus di Android dengan Clean Master

Anda dapat mengunduh aplikasi Clean Master di Play Store. Selain berfungsi sebagai antivirus, aplikasi gratis ini juga dapat membersihkan cache dan mempercepat kinerja ponsel Anda. Bagaimana cara menghapus virus di Android menggunakan Clean Master?

  • Unduh Guru Bersih
  • Buka aplikasi Master Bersih
  • Klik tombol Antivirus
  • Tunggu proses Scan berlangsung
  • Jika virus ditemukan, Clean Master akan merekomendasikan untuk menghapusnya
  • Selain mendeteksi virus, Clean Master juga bisa merekomendasikan pengaturan agar ponsel Android Anda aman dari virus.

Cara Menghilangkan Virus di Antivirus HP Android

Selain bisa menghilangkan virus, aplikasi ini juga bisa membersihkan cache atau data sampah yang membebani kinerja sistem operasi Android. Tidak hanya itu, aplikasi Clean Master juga dapat mematikan aplikasi yang berjalan di latar belakang dan membuat kapasitas RAM lebih lega.

2. Cara Menghapus Virus di Android dengan Avast Antivirus

Sama seperti Clean Master, Avast merupakan aplikasi antivirus yang juga dapat membersihkan cache, data sampah, dan menambah kapasitas RAM. Selain Clean Master, cpzlab merekomendasikan aplikasi ini untuk kalian install di hp kalian. Bagaimana cara menghapus virus di Android menggunakan Avast?

Cara Menghapus Virus di Android

Sama seperti Clean Master, jika ditemukan virus, Avast akan langsung menghapusnya. Anda juga bisa menggunakan aplikasi Avast untuk mempercepat kinerja HP ​​Android Anda, agar tidak lemot.

3. Cara Menghilangkan Virus di Android Menggunakan ESET Mobile Security

Selain Clean Master dan Avast, Anda juga dapat menggunakan ESET Mobile Security di ponsel Android Anda. Aplikasi antivirus PC ini cukup terkenal dengan namanya. Ditambah lagi, kinerja aplikasi ini cukup ringan. Bagaimana cara menghapus virus di Android menggunakan ESET Mobile Security?

Cara Menghapus Virus di Ponsel Android

Jika Anda menemukan virus di ponsel Android Anda, tekan tombol Tinjau dan Selesaikan Ancaman. Aplikasi ESET bisa dikatakan memiliki fitur keamanan yang lengkap. Ponsel ini memiliki perlindungan dari pencurian data, dapat mengunci aplikasi, dan dapat melakukan audit keamanan pada ponsel Android Anda.

Cara Menghapus Virus di Android Tanpa Antivirus

Memasang antivirus di ponsel sebenarnya memiliki risiko. Antivirus akan membuat kinerja ponsel lebih berat. Jika ponsel Android Anda memiliki spesifikasi tinggi, tidak apa-apa jika Anda ingin menginstal antivirus. Namun jika spesifikasi HP Android kamu rendah, lebih baik ikuti tutorial cara menghilangkan virus di Android tanpa antivirus berikut ini:

  1. Masuk ke Mode Aman. Cara masuk Safe Mode tiap HP berbeda-beda. Tapi kebanyakan caranya sama, yaitu dengan menekan kombinasi tombol power dan volume up/down.
  2. Setelah masuk Safe Mode, klik menu Pengaturan > Aplikasi
  3. Temukan dan hapus instalan aplikasi aneh dan mencurigakan
  4. Jika Anda tidak dapat mencopot pemasangan, buka Pengaturan > Keamanan > Administrator Perangkat
  5. Hapus akses administrator dari aplikasi yang mencurigakan sebelumnya
  6. Kemudian hapus instalan aplikasi
  7. Keluar dari Safe Mode dengan me-restart ponsel Android.

Cara Menghapus Virus Android

Saat Safe Mode berjalan, sistem operasi hanya akan menjalankan sistem inti. Oleh karena itu, Anda dapat menghapus aplikasi atau virus yang mencurigakan melalui Safe Mode. Namun jika kamu bingung bagaimana cara masuk ke Safe Mode, kamu bisa menghilangkan virus di Android dengan cara Factory Reset. Bagaimana caranya?

  • Masuk ke Pengaturan > Cadangkan & Setel Ulang
  • Kemudian pilih Reset Data Pabrik > Reset Telepon
  • Reset Telepon akan menghapus semua pengaturan dan aplikasi di ponsel Android
  • Reset Phone akan mengembalikan pengaturan ponsel ke pengaturan awal atau pabrik.

Setelah proses reset selesai, semua virus dan data pribadi Anda akan hilang dari ponsel Android. Oleh karena itu, sebelum melakukan reset coba backup data terlebih dahulu. Setelah hp bisa digunakan kembali, jangan lupa install aplikasi antivirus untuk mencegah virus datang kembali.

Fitur Ponsel Android Terinfeksi Virus

Fitur paling umum dari ponsel Android yang terinfeksi virus adalah kuota data lebih cepat habis, melebihi penggunaan biasanya. Jadi misalnya kamu bisa menghabiskan kuota 1GB sehari, setelah hp android kena virus biasanya kuota 1GB bisa lebih cepat habis. Ini karena virus atau malware terus berkomunikasi dan mengunduh konten tanpa sepengetahuan Anda. Banyaknya data yang diunduh membuat kuota internet cepat habis.

Selain cepat habis kuota, ciri khas HP Android yang terinfeksi virus adalah muncul iklan pop up di layar. Virus di ponsel Android biasanya akan menampilkan iklan di layar ponsel. Tujuannya agar diklik oleh pengguna dan pembuat virus bisa untung. Jika ponsel Android Anda terkena virus atau malware, berhati-hatilah karena data pribadi Anda bisa bocor ke orang lain.

Fitur Fitur HP Android Terinfeksi Virus

Ciri lain dari hp android yang terkena virus adalah sering menginstal aplikasi aneh dengan sendirinya. Untuk install aplikasinya biasanya kita ke Play Store dulu ya? Nah untuk hp yang terkena virus, virus bisa otomatis menginstall aplikasi yang tidak berguna di hp kamu.

Terkadang hp yang cepat panas atau baterai cepat habis juga merupakan tkamu hp android terkena virus. Virus yang terus berjalan di latar belakang akan menguras baterai lebih cepat. Karena baterai cepat habis, menyebabkan suhu ponsel menjadi lebih panas.

Pasti ribet kalo hp android kesayangan kamu kena virus. Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk mengetahui cara menghapus virus di Android. Jadi jika suatu saat HP kamu terkena virus, kamu bisa memperbaikinya sendiri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *