Cara Menghapus Aplikasi Default Android (Terbaru + Mudah!)

oleh -0 views


Terkadang, aplikasi bawaan dari vendor ponsel yang menempatkan game dan aplikasi lain sehingga memakannya ruang yang memiliki kelebihan pada memori penyimpanan meskipun masih baru. Terkadang yang disebut aplikasi bawaan Android ini juga bisa mengganggu kinerja RAM jika aplikasi bawaan tidak terlalu penting seperti game. Namun, jika Anda ingin menghapus aplikasi bawaan Android, jangan lakukan begitu saja. Hal ini agar tidak terjadi masalah serius terkait sistem operasi ponsel Anda. Oleh karena itu, Anda perlu berhati-hati dalam hal ini.

cara termudah untuk menghapus aplikasi android default

Sebenarnya, aplikasi bawaan Android tidak bisa di-uninstall. Pengguna hanya dapat menonaktifkan aplikasi. Namun, ternyata aplikasi bawaan Android juga bisa dihapus lho. Ingin tahu? Ikuti langkah-langkah ini agar Anda tahu cara menghapus aplikasi bawaan Android terbaru.

Cara Menghapus Aplikasi Ponsel Android Default

Ada beberapa cara dan langkah yang bisa Anda gunakan untuk mengetahui cara menghapus aplikasi bawaan Android. Ini nakhoda, beri tahu saya langkah-langkahnya!

1. Hapus Aplikasi Default Tanpa Root

Menghapus aplikasi bawaan sepertinya tidak mungkin dilakukan. Sebagian besar sistem operasi ponsel Android tidak mengizinkan pengguna untuk menghapus aplikasi ini. Meski begitu, cara menghapus aplikasi bawaan Android tanpa root bisa dilakukan oleh beberapa vendor ponsel. Sebelum menyerah, cara seperti ini bisa kamu coba dulu untuk mengetahui aplikasi bawaan di hp kamu bisa dihapus atau tidak. Nah, berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa Anda lakukan.

cara menghapus aplikasi bawaan android terbaru

  • Buka Pengaturan di Ponsel Android
  • Pilih menunya Aplikasi/Aplikasi/Aplikasi yang ada di menu pengaturan. Anda akan melihat beberapa aplikasi yang ada di ponsel Anda H
  • Setelah itu, klik aplikasi yang ingin Anda nonaktifkan dan hapus. Ciri-cirinya ada dua pilihan yang muncul dalam aplikasi, yaitu: Nonaktifkan dan Paksa Berhenti
  • Klik tombol Nonaktifkan untuk menghapus alias mencopot pemasangan aplikasi itu. Jika Anda tidak dapat menghapusnya, coba klik tombol Paksa Berhenti. Mengapa? Ini mungkin karena aplikasi masih berjalan di latar belakang sehingga harus dihentikan terlebih dahulu
  • Kemudian lagi klik Nonaktifkan dan tekan Ok
  • Selesai, aplikasi bawaan android di hp kamu sudah berhasil terhapus

Catatan: terkadang, aplikasi bawaan dapat berjalan kembali seperti semula setelah terhubung ke Wifi. Untuk mengatasinya, matikan pembaruan otomatis aplikasi di Google Play Store di ponsel Anda. Dengan itu, jika ponsel Anda terhubung ke Wifi. Aplikasi tidak akan berfungsi lagi.

2. Menggunakan Aplikasi Aplikasi Pihak Ketiga

Selanjutnya cara menghapus aplikasi bawaan Android yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga. Banyak sekali aplikasi yang bertebaran di Google Play Store yang bisa digunakan untuk cara kedua ini. Namun yang paling sering dan umum digunakan adalah CCleaner. Aplikasi ini juga bisa berfungsi sebagai pembersih cache yang tertinggal di ponsel Android. Untuk langkah-langkahnya bisa kamu ikuti di bawah ini.

cara menghapus aplikasi bawaan android sangat mudah

  • Download aplikasi CCleaner di Google Play Store, dan buka aplikasinya
  • Pilih menu Opsi di kiri atas aplikasi dan pilih Manajer Aplikasi
  • Saat Anda masuk ke bagian ini, Anda akan melihat aplikasi yang dikategorikan menjadi tiga yaitu Installed, System dan Disable. Installed berarti aplikasi yang terpasang di HP Android, lalu System yang menampilkan aplikasi yang mendukung fungsi-fungsi HP Android Anda yang disebut juga sebagai aplikasi bawaan, sedangkan kategori Disable adalah dapat melihat aplikasi yang telah dinonaktifkan.
  • Pilih tab Sistem dan klik aplikasi yang ingin Anda nonaktifkan dan klik gambar tempat sampah yang terletak di kanan bawah. Catatan, jangan memilih aplikasi yang berlogo Android karena jika dihapus akan ada kemungkinan ponsel Anda mengalami masalah sistem.
  • J
    ika muncul pop up atau notifikasi, pilih Reboot Now untuk menghapus aplikasi secara permanen

Cara menghapus aplikasi bawaan Android dengan CCleaner bisa dilakukan di berbagai tipe ponsel Android. Ini karena aplikasi CC Cleaner dapat diunduh di Google Play Store.

3. Hapus Aplikasi Tambahan dengan Ponsel Berakar

Cara ketiga ini hanya bisa dilakukan jika ponsel Android Anda sudah di root. Bagaimana caranya? Ikuti langkah-langkah di bawah ini.

cara menghapus aplikasi bawaan android hanya dalam 5 menit

  1. Download aplikasi System App Remover di Google Play Store
  2. Setelah menginstal, buka aplikasi dan akan muncul notifikasi atau pop up SuperSU yang meminta akses root. Cukup klik Berikan dan Izinkan
  3. Pilih aplikasi bawaan Android yang ingin Anda hapus. Anda dapat memilih beberapa aplikasi sekaligus yang dianggap tidak begitu penting fungsinya
  4. Klik Copot pemasangan
  5. Akan muncul pop up, klik Yes
  6. Tunggu hingga proses uninstall aplikasi selesai
  7. Aplikasi bawaan di ponsel Android Anda juga terhapus

Itulah langkah-langkah yang bisa Anda terapkan untuk mengetahui cara menghapus aplikasi bawaan Android Anda. Dengan menghapus aplikasi yang digunakan, Anda juga dapat meninggalkan memori penyimpanan yang cukup agar kinerja ponsel Android Anda lebih optimal dan lancar. Jadi, metode mana yang Anda gunakan?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *