Tips Investasi Emas Yang Mudah Untuk Pemula

cpzlab.com – Hallo sobat jumpa lagi bersama admin, kali ini admin akan membahas informasi tentang Tips Investasi Emas Yang Mudah Untuk Pemula simak penjelasannya sampai akhir ya sob.

Untuk menjamin agar masa depan Anda menjadi lebih baik, ada satu tindakan yang sebaiknya dilakukan yaitu berinvestasi. Berinvestasi apapun bentuknya, wajib dilakukan selagi Anda masih memiliki penghasilan tetap.

Banyak jenis investasi yang bisa dipilih, mulai dari investasi tanah, saham, deposito, hingga emas. Jenis investasi emas ini merupakan pilihan investasi yang sedang ramai dibicarakan pada saat pandemi Covid-19 ini.

Emas tidak hanya populer sebagai perhiasan saja, tapi juga digunakan sebagai alternatif investasi yang sangat menguntungkan. Karena emas merupakan barang yang harganya memiliki kecenderungan naik dan jarang mengalami penurunan.

Cara Investasi Emas yang Aman Untuk Pemula

Dibawah ini ada beberapa penjelasan mengenai cara investasi emas yang aman, jadi untuk para pemula tidak perlu khawatir lagi untuk berinvestasi emas karena admin akan memberikan beberapa tipsnya berikut ini.

1. Memastikan tujuan berinvestasi emas

Sebelum memulai investasi emas, pastikan untuk menentukan tujuan Anda berinvestasi. Cara investasi emas yang aman ialah mengetahui dengan baik tujuannya dalam berinvestasi. Banyak tujuan yang bisa dijadikan target dalam berinvestasi emas, misalnya untuk pendidikan, tabungan pernikahan, atau investasi hari tua.

Sebagai contoh, Anda sudah menargetkan dalam kurun 10 tahun ke depan akan berhenti bekerja dan memulai usaha sendiri. Kemudian penghasilan dari gaji Anda sebagian disisihkan dan diinvestasikan di emas.

Jika sudah memiliki tujuan yang jelas seperti ini maka Anda akan lebih tahu berapa besaran emas yang diinvestasikan setiap bulannya. Itulah cara investasi emas yang aman pertama bagi pemula.

2. Membeli emas ditempat yang Terpercaya

Cara investasi emas selanjutnya adalah mengetahui tempat pembelian emas yang terpercaya. Ada dari berbagai tempat yang menjual emas batangan untuk berinvestasi. Namun Anda sebaiknya membeli emas di tempat-tempat yang menjual emas dengan terpercaya.

Harus resmi, yakni menjual emas dengan menyertakan sertifikat dan surat-suratnya karena ada penjual emas yang menyediakan logam mulia hanya emas batangannya saja dan tidak disertakan dengan sertifikat.

3. Pantau perkembangan harga emas

Cara investasi emas yang selanjutnya yaitu memantau perkembangan harga emas secara berkala. Memantau perkembangan harga emas bisa dilakukan dengan cara yang mudah, karena banyak situs-situs di internet yang menampilkan perkembangan harga emas setiap harinya.

Selanjutnya ada juga aplikasi yang bisa menampilkan perkembangan harga emas. Emas meski dikenal sebagai alat investasi yang paling stabil terkadang juga mengalami penurunan harga.

Saat secara tiba-tiba harga emas melonjak tinggi, Anda juga mempunyai pilihan untuk menjualnya. Namun perlu dipahami bahwa investasi emas sebaiknya dilakukan untuk jenis investasi jangka panjang yakni dalam kurun waktu 5-10 tahun.

4. Pastikan tempat yang aman untuk penyimpanan emas

Selanjutnya cara investasi emas yang mudah diikuti oleh pemula ada perhatikan tempat penyimpanannya. Salah satu tips atau cara investasi emas adalah Anda juga harus mengerti tempat penyimpanan emas yang aman.

Yang paling mudah ialah menyimpannya di rumah sendiri di dalam brankas atau safety box. Jika dirasa kurang aman, Anda juga bisa menyimpannya di Safe Deposit Box (SDB) yang ditawarkan oleh pihak bank.

Tentunya jika memilih untuk menggunakan SDB, ada biaya tambahan yang diperlukan. Harga untuk menggunakan SDB relatif tergantung dengan bank masing-masing. Selain itu juga bisa digunakan untuk menyimpan barang-barang atau surat-surat berharga seperti sertifikat rumah atau tanah.

Keuntungan Investasi Emas

Selain cara investasi emas, ada juga beberapa keuntungan investasi emas didalamnya, yaitu sebagai berikut.

1. Mengamankan kekayaan

Hal ini terlihat dari harganya yang stabil dan cenderung mengalami kenaikan. Contohnya bila sewaktu-waktu terjadi krisis ekonomi atau inflasi, harga emas malah cenderung mengalami kenaikan.

Berbeda dengan menyimpan uang dalam bentuk tunai. Saat kondisi perekonomian mengalami inflasi atau krisis ekonomi, maka nilai mata uang bisa ikut melemah.

Baca Juga: Game Mobile Open World Terbaik 2021

2. Mudah dicairkan

Keuntungan dalam berinvestasi adalah sifatnya yang mudah dicairkan atau tingkat likuiditasnya yang tinggi. Artinya emas mudah dicairkan ke dalam bentuk uang tunai jika anda membutuhkan uang tunai untuk keperluan tertentu.

Dibanding investasi lainnya seperti rumah atau tanah, tentu emas memiliki tingkat likuiditas yang lebih tinggi.

Akhir Kata

Itulah dua keuntungan berinvestasi emas, jadi tika perlu diragukan lagi untu berinvestasi emas karena ada beberapa cara dan keuntungan yang sudah admin ulas di atas, terimakasih dan sampai jumpa pada artikel menarik berikutnya.

Gallery for Tips Investasi Emas Yang Mudah Untuk Pemula

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *