Tes PCR Di Wajibkan Untuk Moda Transportasi

cpzlab.com – Hallo sobat kali ini admin akan membahas tentang Tes PCR Di Wajibkan Untuk Moda Transportasi dan tentunya sangat penting bagi kalian untuk mengetahui informasi seputar tes PCR yang kini diwajibkan.

Pandemi covid masih tetap berlanjut, dan kini masyarakat harus tetap mematuhi protokol kesehatan demi memutuskan rantai penyebaran virus covid. Seperti halnya sekarang ini diwajibkan untuk tes PCR untuk moda transportasi.

Anggota Komisi V DPR RI dari Fraksi PKS, Suryadi Jaya Purnama mengkritik kebijakan pemerintah yang akan memberlakukan syarat wajib tes PCR ke semua moda transportasi. Menurut Suryadi kebijakan tersebut akan memberatkan masyarakat kecil.

Pemerintah Berencana Wajibkan PCR di Semua Transportasi

Pemerintahan Presiden Joko Widodo berencana akan menerapkan syarat wajib untuk tes polymerase chain reaction atau PCR ke semua moda transportasi. Hal itu dilakukan untuk mencegah naiknya kasus positif Covid-19.

Seperti yang diketahui, bahwa tes PCR sejauh ini hanya berlaku untuk para calon penumpang pesawat udara. Apabila memungkinkan, syarat PCR pun harus diperluas untuk moda transportasi lainnya, seperti transportasi darat, kereta api, dan kapal laut.

Pemberlakuan tes PCR untuk semua moda transportasi bisa dilakukan menjelang masa libur Natal dan Tahun Baru (Nataru), menurut Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi.

Karena dengan banyaknya masyarakat yang melakukan cuti libur tahun baru dan natal, bisa menyebabkan naiknya angka positif Covid-19. Maka diberlakukan peraturan tes PCR untuk calon penumpang moda transportasi

Baca Juga: Aplikasi Mining Bitcoin Android 2021

Kemenkes Menindaklanjuti Turunnya Harga Tes PCR

Kementerian Kesehatan menindaklanjuti perintah Presiden Joko widodo untuk menurunkan harga tes PCR Covid-19 hingga menjadi Rp.300 ribu. Karena ada beberapa kebutuhan yang harganya terbilang cukup mahal.

Maka Wakil Menteri kesehatan menyebut saat ini pihaknya tengah menyusun kembali komponen pemeriksaan tes PCR agar bisa ditekan hingga semua masyarakat bisa melakukan tes PCR. Ia mengatakan bahwa dengan harga Rp.300 ribu itu angka yang masuk akal.

Salah satu komponen harga tertinggi dalam tes PCR adalah harga reagen atau kit RT-PCR Covid-19. Reagen sejauh ini masih impor dan perlu saran dari WHO yang disertifikasi oleh FDA,CE, atau sertifikat yang setara. Serta memiliki minimal satu target gen reagen yang disarankan pakar (target gen N).

Namun, agar tes PCR bisa dilakukan oleh masyarakat, maka jokowi meminta untuk menurunkan harga tes PCR dari Rp.300 ribu menjadi Rp.275 ribu. Meskipun tes PCR ini diwajibkan bagi moda transportasi, tetapi seharusnya berlaku untuk masyarakat lain guna mencegah angka kenaikan Covid-19.

Akhir Kata

Mungkin hanya itu saja yang bisa admin sampaikan mengenai Tes PCR Di Wajibkan Untuk Moda Transportasi, semoga bermanfaat bagi kalian. Jangan lupa untuk tetap mematuhi protokol kesehatan dan mencegah terjadinya angka kenaikan Covid-19, semoga selalu sehat dan sampai jumpa di informasi menarik berikutnya.

Gallery for Tes PCR Di Wajibkan Untuk Moda Transportasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *