Teknik Marketing Yang Efektif Untuk Penjualan

cpzlab.com – Kali ini admin akan membahas informasi tentang Teknik Marketing Yang Efektif Untuk Penjualan yang perlu diketahui, penting juga untuk kalian yang sedang memasarkan sebuah produk agar bisnis kalian berjalan dengan lancar.

Teknik marketing atau teknik pemasaran merupakan suatu cara untuk mempromosikan barang atau jasa yang dihasilkan oleh perusahaan, melalui strategi atau cara yang terbaik guna memperoleh keuntungan, yang bertujuan menarik konsumen.

Teknik pemasaran pada awalnya yaitu untuk menghasilkan peluang, dan menargetkan pasar yang menjanjikan. Selain itu juga memelihara prospek agar mencapai keuntungan yang lebih tinggi dan pertumbuhan yang semakin pesat.

Dibawah ini ada beberapa metode agar proses pemasaran dilakukan dengan cara yang tidak biasa, dan bisa meningkatkan potensi penjualan.

Perencanaan Produk

Perencanaan produk meliputi detail produk dengan terperinci, pemberian merek produk, pengemasan, dan persediaan produk. Dalam perencanaan juga meliputi hubungan emosional antara pembeli dan penjual, sehingga memungkinkan pembeli untuk membeli produk.

Diferensiasi produk atau perencanaan produk yang berbeda dari produk lainnya adalah suatu pengenalan produk. Hal tersebut bisa berupa pengemasan yang lebih menarik atau pelayanan terbaik dari penjual.

Penetapan Harga yang Sesuai

penetapan harga produk yang sesuai adalah suatu hal terpenting dalam langkah teknik pemasaran. Harga disesuaikan dengan kualitas produk dan persaingan pasar. Harga yang relatif murah memang diminati, namun konsumen juga akan mempertimbangkan kualitas barangnya.

Sebagai contoh ketika ketika sebuah tas branded yang dibandrol dengan harga ratusan juta bahkan milyaran, bisa laku terjual dan pembeli berani membeli dengan harga yang fantastis karena kualitasnya tak diragukan dan juga sebuah fashion serta kebanggaan tersendiri.

Dengan demikian, jangan ragu menetapkan harga yang mahal selama kualitasnya terjamin. Begitu juga dengan penetapan harga yang dilakukan terhadap produk yang dihasilkan, karena harga yang mahal bukan berarti akan kehilangan konsumen.

Baca Juga:

Promosi Mulut ke Mulut (word of mouth)

Word of mouth (WOM) cukup efektif untuk pemasaran. Bahkan promosi dengan cara ini merupakan promosi yang paling mudah dan efisien untuk dilakukan agar produk tersebut mudah dikenali banyak orang. Untuk menciptakan WOM tersebut harus memiliki Product Branding.

Promosi melalui mulut ke mulut sudah menjadi tradisi dan indikator bahwa pemasaran pada suatu bisnis yang sukses. Oleh sebab itu, harus memperhatikan pentingnya untuk menciptakan produk yang berkualitas baik. Pasalnya secara tidak langsung, konsumen pun akan bertindak sebagai promotor.

Menciptakan Product Branding

Product branding dapat menciptakan WOM. penciptaan product branding ini sangatlah penting untuk dilakukan sehingga dapat membuat WOM yang baik di masyarakat luas karena sebagian dari teknik pemasaran produk.

Product Branding adalah membuat sebuah produk yang memiliki nilai jual tinggi dengan penciptaan imej yang baik terhadap produk tersebut. Seperti kita bahas sebelumnya pada kasus tas branded, walaupun harganya mahal namun memiliki segmen pasar yang cukup baik.

Penggunaan Sosial Media

Penggunaan sosial media juga berperan penting dalam pemasaran produk, dan berfungsi sebagai pengenalan produk agar diminati banyak orang. Pada saat ini, terdapat bisnis afiliasi, menjadi dropshipper, dan masih banyak lagi dengan memanfaatkan sosial media.

Keberadaan sosial media kini menjadi sangat penting, untuk menghubungkan banyak orang didunia. Hal ini menjadi kesempatan bagi penjual dan memanfaatkannya agar mendapatkan keuntungan yang lebih besar melalui memperbesar peluang untuk mendapatkan konsumen.

Terkadang promosi secara online di media sosial akan lebih mudah menemukan konsumen dibanding secara offline. Karena konsumen tidak hanya orang dikenal, namun siapa saja yang menggunakan media sosial tersebut yang berminat terhadap barang yang dijual.

Memberikan Potongan Harga

Memberikan potongan harga atau diskon, menjadi salah satu teknik pemasaran pada konsumen agar bisa menjadi pelanggan tetap. Hal ini menjadi strategi agar konsumen melakukan pembelian berulang (repeat order).

Memiliki banyak pelanggan tentu merupakan sebuah keuntungan, karena bisnis akan semakin berkembang ketika adanya pelanggan yang loyal tersebut. Memberikan potongan harga terhadap pelanggan yang loyal juga merupakan sebuah apresiasi terhadap pelanggan tersebut.

Kesimpulan

Untuk mengembangkan bisnis, pentingnya melakukan teknik pemasaran agar konsumen tertarik untuk menggunakan produk atau barang dan jasa yang dihasilkan. Oleh sebab itu, sebaiknya untuk mengetahui lebih banyak mengenai pengertian dan langkah-langkah yang harus dilakukan.

Langkah selanjutnya adalah mempraktikkan hal tersebut untuk mengikat pelanggan dan mendapatkan konsumen yang baru agar penjualan semakin berkembang. Tak hanya itu saja, perlu diperhatikan pengelolaan uang yang baik untuk sebuah usaha.

Gallery for Teknik Marketing Yang Efektif Untuk Penjualan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *