Tampang Toyota Avanza Keluaran Terbaru Berikut Spesifikasinya

cpzlab.com – Sinyal Avanza baru bakal menggunakan sistem hybrid mengemuka belakang ini. Kabar ini muncul liar di media Filipina, Yang selama ini menjadi salah satu pasar mobil Avanza di pasar ekspor, bersama puluhan negara lainnya.

Namun, Agen Tunggal Pemegang Merk (ATPM) Toyota di Indonesia yakni PT Toyota Astra Motor (TAM) belum bisa memberikan pernyataan resmi. Namun, secara tersirat sudah memberikan sinyal soal kehadiran Avanza yang benar-benar baru.

Namun seperti yang sudah ada sebelumnya, perbedaan antara Avanza dan Veloz biasanya hanya pada desain bagian depan serta fitur dan pernak-pernak yang dipakai.

Desain eksterior mirip konsep DN Multisix

Secara siluet sosoknya mengingatkan konsep Daihatsu DN Multisix yang sempat dipajang di GILAS 2019 lalu.

Desainnya ini jauh lebih sporty dengan menggukan bahasa desain khas keen Look Toyota, griil besar dengan aksen honeycomb dipadukan dengan air dam yang agresif dibagian bawah sekilas mengingatkan desain fascia Toyota RAV4 dan Toyota Kluger.

Lampunya kini lebih tipis dan sudah dilengkapi dengan teknologi LED kristal multireflektor sementara foglampnya masih belum jelas apakah masih halogen atau sudah LED. Housing foglamp juga diberi pemanis aksen krom dan lis under guard pada bagian bawah memberikan kesan tangguh khas SUV.

Sektor kaki-kakinya kini ditopang oleh velg two tone lima palang yang cukup besar, satu hal yang menarik adalah disematkannya rem cakram pada roda belakang, tentu ini sangat menarik mengingat belum banyak yang menggunakan fitur ini di kelasnya.

Lampu belakangnya didesain pipih memanjang dari kiri ke kanan, lalu terdapat emblem ‘Veloz’ di atas rumah pelat nomor nomor. Sekilas siluet desain belakangnya mengingatkan dengan Toyota Harrier terbaru.

Baca Juga:

Interior

Selain eksterior, perubahan signifikan juga terlihat pada interiornya. Desain star-stop engine, head unit touch screen, dan rem parkir elektrik (EPB) dapat menjadi nilai jual tersendiri dibandingkan dengan pesaingnya.

Sementara ruang baris kedua terlihat cukup lebar, hal yang unik desain double blower AC pada plafon mirip seperti yang ada pada Toyota Calya. Jika diteliti lagi, sepertinya Avanza generasi baru sudah dilengkapi dengan hand rest tengah di jok penumpang baris kedua.

Meluncur November 2021

All New Avanza dirumorkan meluncur tidak lama lagi pada bulan November mendatang atau kemungkinan pada perhelatan otomotif GILAS 2021.

Berdasarkan informasi dari para wiraniaga Toyota, mobil Low MPV itu akan meluncur terlebih dahulu sebelum digelarnya pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GILAS) 2021.

“Perkiraan sih meluncur kalau nggak akhir Oktober atau awal November. Cuma kemungkinan besar di minggu pertama November,” ucap salah satu wiraniaga Toyota di Jabodetabek yang enggan disebutkan namanya.

Fitur

Rumor yang beredar Avanza generasi terbaru akan dilengkapi dengan berbagai fitur canggih sebut saja sistem keselamatan aktif Toyota Safety Sense (TSS), cruise control, 6 airbags, wireless charging, sistem rem parkir elektrik (EPB).

Mesin dan transmisi CVT

Bukan hanya pada tampilan eksterior dan interior, namun perubahan besar juga meliputi sistem penggerak, transmisi, dan mesin.

Isu yang paling mungkin adalah perubahan konfigurasi sistem penggerak menjadi di depan (FWD) dan penggunaan transmisi matik CVT. Selain sistem penggerak transmisi, hal yang masih jadi misteri yaitu penggunaan sektor dapur pacunya.

Dari berbagai line up mesin pada model Toyota yang dijual di Indonesia, setidaknya ada tiga jantung pacu yang berpotensi menjadi sumber tenaga Avanza terbaru yaitu mesin kode 2NR-FE 1.5L yang disematkan pada Sienta.

Selanjutnya ada mesin dengan kode 1NR-FE berkubikasi 1300 cc yang terpasang di Daihatsu Sirion dan yang terakhir ada 2NR-VE 1.5L yang saat ini juga dipakai di Toyota Avanza dan Toyota Rush.

Baca Juga:

Estimasi harga OTR Avanza baru

Mengacu pada aturannya, dari NJKB Toyota Avanza yang ada, kita tinggal harus mengkalikannya dulu dengan koefisien bobot (1,050) untuk mendapatkan nilai DPP.

Dari situ barulah dapat diambil besaran pajaknya, dan selanjutnya diakumulasikan dengan tarif-tarif lain yang menajdi tanggungan konsumen. Lalu didapatkanlah Harga OTR Jakarta.

Dalam penghitungan di bawah, kami hanya akan mengambil satu varian untuk samplr saja, yaitu tipe terendahnya Toyota Avanza 1.3 E M/T. harga lengkapnya akan disajikan pada tabel di akhir artikel.

Mari kita asumsikan perhitungan harga OTR avanza hanya mengacu dari harga dasar yang tertera pada NJKB kemudian diakumulasikan dengan besaran PPnBM+DPP+BBN+PPn+Penerbitan Surat+SWDKLLJ.

Perhitungan sebagai berikut:

Untuk mengetahui besaran PPnBM kita asumsikan Toyota Avanza baru ini baru akan meluncur setelah penerapan PPnBM baru PP Nomor 73/2019 Barang Kena Pajak (BKB) yang tergolong mewah berupa kendaraan bermotor yang dikenai pajak penjualan atas barang mewah, pajak PPnBM mobil di baweah 3.000 cc dengan konsumsi BBM minimal 15,5 1/km dan emisi di bawah 150 g/km, besarannya 15 persen.

PPnBM Toyota Avanza 1.3 E M/T dengan NJKB Rp 157.000.000

15 persen x (NJKB Avanza 1.3 E M/T x koefisien bobot)

15 persen x DPP

15 persen x Rp 164.850.000

Hasilnya Rp 24.727.500

Kemudian untuk mengetahui tarif PPn yang dikenakan maka sesuai pada UU Nomor 42 tahun 2009 tarif Pajak pertambahan Nilai Barang dan Jasa pada pasal 7 besarannya 10 persen.

PPn Toyota Avanza 1.3 E M/T

10 persen x DPP

10 persem x Rp 164.850.000

Hasilnya Rp 16.485.000

Lalu untuk menentukan tarif BBNKB dalam hal ini wilayah Jakarta berdasarkan UU Nomor 28/2009 pada pasal 11 disebutkan paling tinggi pengenaannya 20 persen. Namun, mengacu pada Peraturan Daerah (Perda) Nomor 6 Tahun 2019, tentang Perubahan Atas Peraturan Daerah Nomor 9 Tahun 2010 tentang Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB), penyerahan pertama sebesar 12,5 persen.

Perlu diketahui, besaran BBNKB tiap daerah di Indonesia berbeda-beda, mulai dari 10 persen sampai 12,5 persen.

BBN Toyota Avanza 1.3 E M/T

Penyerahan 1 x DPP

12,5 persen x Rp 164.850.000

Hasilnya Rp 20.606.250

Ada lagi biaya yang perlu dikeluarkan untuk penerbitan STNK sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2016 tentang Jenis dan Tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP).

Penerbitan STNK mobil baru Rpm 200.000

Penerbitan TNKB mobil Rp 100.000

Penerbitan BPKB mobil baru Rp 375.000

Total beban pada masing-masing model Rp 675.000

kemudian pengenaan Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ), berdasarkan PMK Nomor 36/PMK.010/2018, mobil penumpang bukan angkutan umum sebesar Rp 140.000 (pasal 4). Bila ditambahkan dengan biaya penggantian Kartu Dana/Sertifikat (pasal 5) sebesar Rp 3.000, menajdi Rp 143.000.

DPP + PPnBM + BBN + PPn + Penerbitan Surat + SWDKLLJ

Hasilnya Rp 227.486.750

Perlu diketahui, harga OTR ini belum termasuk margin keuntungan Toyota Indonesia, juga biaya tak terduga lainnya setelah mobil sampai ke diler.

Punya 9 varian

Generasi terbaru Toyota Avanza akan hadir dalam 9 pilihan varian. Ini nampaknya termasuk untuk model Veloz yang merupakan varian teratas dari Toyota Avanza.

Mengacu informasi yang tertera dalam permendagri Nomor 40 Tahun 2021, Toyota Avanza generasi terbaru akan hadir dalam 9 varian dan 2 pilihan jantung pacu, yaitu 1.3 liter dan 1.5 liter. Berikut lengkapnya:

Toyota Avanza 1.3 E M/T

Toyota Avanza 1.3 E CVT

Toyota Avanza 1.5 G M/T

Toyota Avanza 1.5 G CVT

Toyota Avanza 1.5 G CVT TSS

Toyota Avanza 1.5 M/T

Toyota Avanza 1.5 CVT

Toyota Avanza 1.5 Q CVT

Toyota Avanza 1.5 Q CVT TSS

Gallery for Tampang Toyota Avanza Keluaran Terbaru Berikut Spesifikasinya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *