Sejumlah Elemen Dalam Bisnis Model Canvas

cpzlab.com – Hallo sobat kali ini admin akan membahas informasi tentang Sejumlah Elemen Dalam Bisnis Model Canvas, yang mungkin membantu kalian untuk mencari informasi ini atau ingin mengetahui apa itu bisnis model canvas.

Bisnis model canvas adalah strategi manajemen yang disusun untuk memaparkan ide dan konsep sebuah bisnis ke dalam bentuk visual, atau lebih singkatnya adalah kerangka manajemen untuk memudahkan dalam melihat gambaran ide bisnis dan realisasinya secara cepat.

Dibandingkan dengan bisnis plan yang memiliki jumlah halaman yang banyak, bisnis model canvas ini lebih simpel karena disusun ke dalam satu halaman saja. Maka bisnis ini pun sangat populer dikalangan bisnis start up.

Elemen dalam Bisnis Model Canvas

Dibawah ini ada beberapa elemen dalam bisnis model canvas, langsung saja kita simak penjelasannya.

1. Customer Segments

Elemen dari bisnis model kanvas yang pertama yaitu menentukan segmen pasar atau target dari bisnis. Ada dua hal yang harus diperhatikan dalam menentukan target pasar bisnis model canvas yaitu karakteristik konsumen dan dimensi segmen konsumen.

Customer segments mencakup penjual dan pembeli sesuai dengan kebutuhan. Misalnya, saat kalian membuka coffee shop dengan kopi seharga Rp17.000 per cup-nya, maka akan menyasar anak muda dengan penghasilan menengah ke atas.

2. Key Resource

Key resource yaitu berisikan daftar sumber daya yang berencana akan dimiliki perusahaan untuk mencapai value proposition. Sumber daya tersebut bisa berupa sumber dayanya yang berasal dari alam, pengontrol stok barang, pengelolaan bahan baku, penataan proses operasional, dan penataan sumber daya manusia,

Daftar dari sumber daya utama yang dibutuhkan untuk menunjang perusahaan di atas dapat menghasilkan value proposition yang diinginkan.

3. Key Activities

Key activities adalah kegiatan atau aktivitas yang berhubungan dengan produktivitas bisnis, yang kegiatan utamanya adalah menghasilkan proposisi nilai. Aktivitas ini adalah aktivitas pokok yang apabila dihilangkan, maka value proposition yang kompetitif tidak dapat direalisasikan.

4. Key Partnership

Sebuah perusahaan tidak akan bisa berdiri tanpa adanya bantuan dari pihak lain. Maka dari itu, muncul elemen key partnership yang merupakan daftar sumber daya di luar perusahaan yang membantu operasional berjalan dengan baik.

5. Customer Relationship

Customer relationsip merupakan suatu hubungan antara penjual dan pembeli, dan perusahaan perlu mengawasi pelanggan dengan ketat agar tidak berpaling ke bisnis lain. Maka dari itu harus menjalin hubungan dengan baik dengan pelanggan.

Elemen ini juga membantu pebisnis pemula untuk memilih strategi terbaik dan berinteraksi dengan pelanggan dari mulai promosi, ketika menangani komplain, hingga bagaimana cara mempertahankan konsumen agar terus membeli produk.

6. Value Proposition

Elemen selanjutnya adalah memilih masalah atau kebutuhan dari pelanggan mana yang akan dipenuhi melalui bisnis yang ditentukan. Elemen value proposition juga wajib pertimbangkan keunikan dan keunggulan solusi yang ditawarkan dibandingkan dengan solusi lain.

Contoh penerapan dalam bisnis coffee shop. Meskipun bisnis kopi, tetapi kalian akan menyediakan minuman rasa lain untuk mereka yang tidak menyukai kopi, namun tetap bisa menikmati menu lainnya.

7. Revenue Stream

Revenue stream adalah elemen yang menentukan organisasi bisnis memperoleh pendapatan dari konsumen. Maka, elemen ini harus dikelola semaksimal mungkin agar pendapatan bisnis meningkat. Jangan sampai ada produk, bahan baku, atau kinerja yang tidak dimanfaatkan secara maksimal.

8. Channels

Channels atau saluran adalah entitas yang digunakan pebisnis untuk membuat value proposition agar sampai ke target pasar. Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membuat value proposition agar sampai ke konsumen adalah membuat iklan. 

9. Cost Structure

Elemen terakhir dalam bisnis model canvas adalah Cost Structure atau struktur pembiayaan bisnis. Elemen ini berguna untuk mengelola biaya secara efisien dan lebih hemat dan serta meminimalkan risiko kerugian.

Beberapa pertanyaan penting yang berkaitan dengan cost structure di antaranya.

  • Apakah biaya yang dikeluarkan dialokasikan untuk menciptakan value?
  • Jenis biaya mana yang lebih banyak,Variable cost atau fixed cost?
  • Bagaimana peningkatan bisnis yang terjadi? Apakah eksponensial, linear, atau tetap?

Baca Juga: Rekomendasi Saham Dari RHB Sekuritas

Tips Membuat Bisnis Model Canvas

Dibawah ini admin akan menjelaskan mengenai tips membuat bisnis model canvas yang perlu diketahui, simak beberapa tips nya dibawah ini.

1. Mempelajari pesaing

Dengan cara ini, kalian bisa mengetahui dan mendapatkan informasi keberhasilan dan kegagalan seorang pesaing tersebut. Tentunya kalian bisa mengetahui keinginan konsumen dan apa yang harus diterapkan jika mengalami kegagalan.

Maka dengan mengetahui informasi tersebut kalian bisa menemukan celah yang bisa dimanfaatkan untuk mengembangkan bisnis dan memperluas pasar juga menjangkaunya dari kompetitor tersebut.

2. Menyusun elemen dengan sistematis

Urutkan beberapa elemen seperti yang disebutkan diatas yang menghubungkan dan mendukung satu sama lain. Maka dari itu, kelebihan tersebut perlu dimanfaatkan sebagai strategi yang matang.

Dengan begitu, menyusun strategi dalam waktu tertentu juga bisa ditentukan. Semakin jelas target waktu dan tujuannya, maka semakin mudah mengukur keberhasilannya.

3. Hubungkan setiap elemen

Elemen bisnis model canvas mempunyai hubungan yang mendukung satu sama lain. Maka dari itu, kelebihan ini harus dimanfaatkan sebagai strategi yang matang. Contohnya, value propositions yang harus memiliki segmentasi pelanggan dengan jelas agar revenue stream yang didapatkan juga jelas. 

4. Riview

Pastikan satu elemen dengan elemen lainnya saling mendukung, dan tentunya lakukan riview atau pengecekan ulang apakah semua elemen sudah terhubung atau tidak.

Melakukan penilaian pada setiap elemen bisa dijadikan acuan untuk mereview model bisnis canvas yang kamu susun. Dengan begitu, kamu bisa memperbaiki jika dirasa ada elemen yang kurang tepat.

Akhir Kata

Demikian yang telah admin sampaikan mengenai Sejumlah Elemen Dalam Bisnis Model Canvas semoga bisa bermanfaat dan membantu kalian yang ingin memulai suatu bisnis dengan cara yang sudah admin jelaskan diatas.

 

Gallery for Sejumlah Elemen Dalam Bisnis Model Canvas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *