Rekomendasi Software Akuntansi Gratis

cpzlab.comRekomendasi Software Akuntansi Gratis. Mungkin beberapa diantara kalian belum mengetahui apa itu software akuntansi gratis, jika ingin mengetahui lebih jelasnya lagi, simak penjelasan admin sampai selesai.

Pengelolaan keuangan adalah hal yang wajib dilakukan oleh pemilik bisnis, baik bisnis berskala besar maupun dalam tingkatan UMKM. Pengelolaan keuangan akan menjadi dasar perkembangan suatu bisnis.

Keadaan suatu bisnis juga dapat dilihat dari cara pengelolaan keuangannya. Sebuah bisnis yang baik pasti memiliki pengelolaan keuangan yang baik, begitu pun sebaliknya. Untuk memudahkan pengelolaan keuangan, ada banyak cara yang harus ditempuh.

Mulai dari melakukan pencatatan dengan Microsoft Excel hingga menyewa jasa akuntan. Namun ada cara yang lebih mudah yaitu hanya dengan menggunakan software akuntansi gratis. Selain mudah, cara ini juga bisa dilakukan tanpa mengeluarkan biaya tambahan lain.

Software Akuntansi Gratis

Dibawah ini ada beberapa rekomendasi software akuntansi gratis yang bisa anda gunakan untuk mempermudah pengelolaan keuangan.

1. Zipbook

Zipbook merupakan Salah satu software akuntansi gratis dan sangat cocok untuk UKM. Zipbook memiliki fitur yang cukup lengkap meskipun diberikan secara gratis. Zipbook juga menjadi pilihan bagi freelance atau pekerja lepas untuk mengatur keuangan mereka.

Software ini memberikan layanan live chat yang selalu aktif ketika jam kerja, agar memberikan kenyamanan bagi pengguna. Zipbook belum ada di Indonesia, sehingga harus menyesuaikan jam kerja dengan jam kerja di luar negeri.

2. Slickpie

Slackpie adalah salah satu software akuntansi yang menawarkan tampilan yang mudah dimengerti oleh pemula. Software ini cocok untuk anda yang belum memiliki banyak pengalaman di bidang software akuntansi.

Selain itu Slackpie juga dapat diakses secara gratis, namun untuk saat ini Slackpie belum terdapat pilihan bahasa Indonesia.

3. GNUCash

GNUCash telah dikenal dan digunakan oleh banyak orang, software akuntansi ini memang diluncurkan untuk usaha kecil menengah.

GNUCash dilengkapi dengan fitur-fitur seperti account invoicing, account payables, receivables, depresiasi nilai, account investasi, tax table, pinjaman, dan juga akun kredit. Dengan GNUCash, Anda dapat melacakbeban, rekening bank, pendapatan, dan juga saham.

4. Cloudbooks

Anda dapat menggunakan software akuntansi ini secara gratis dan dapat menambahkan pengguna secara bebas, membuat proyek, dapat membuat faktur, melacak pengeluaran, melakukan pelacakan waktu terintegrasi, dan juga memberikan perkiraan.

Sedangkan jika dengan versi berbayar, Anda akan mendapatkan fasilitas pengiriman invoice lebih dari 5 setiap bulannya dan dapat menawarkan pembayaran online pada invoice milik Anda.

Baca Juga: Cara Buka Rekening Dan Jual Beli Saham Online

5. NCH Express

Merupakan salah satu software akuntansi yang versi gratisnya dapat mendukung pengelolaan keuangan usaha kecil dengan karyawan kurang dari 5. Dengan software akuntansi ini, Anda dapat menghasilkan dan mengakses 20 laporan keuangan yang dibutuhkan oleh bisnis.

Dengan NCH Express ini Anda juga dapat mengelola utang dan piutang. Sedangkan untuk dapat mengakses pembukuan secara online, Anda harus melakukan pembelian software akuntansi versi cloud.

6. Zoho Invoice

Zoho Invoice merupakan software akuntansi gratis yang bisa diakses melalui smartphone dan juga dapat mengintegrasikan Zoho Invoice ke dalam versi website yang tersedia di komputer atau laptop. Zoho dapat diakses dimana saja dan tentunya memudahkan pengguna akan memudahkan penggunanya.

Manfaat Menggunakan Software Akuntansi

berikut beberapa manfaat yang akan Anda dapatkan dengan menggunakan software akuntansi untuk bisnis Anda:

  1. Dengan menggunakan software akuntansi, Anda tidak perlu susah-susah lagi dengan rumus-rumus perhitungan akuntansi. Karena di dalam software akuntansi terdapat fitur-fitur yang bisa digunakan langsung secara otomatis. Anda dapat melakukan semua proses akuntansi dengan cepat dan mudah.
  2. Anda juga bisa memanfaatkan waktu luang untuk hal-hal yang lebih penting karena proses akuntansi akan ditangani oleh software akuntansi. Dengan begitu, Anda mempunyai banyak waktu untuk mengurus hal lain terkait bisnis anda.
  3. Dengan software akuntansi, Anda tidak perlu memperkerjakan tenaga ahli. Karena software akuntansi bekerja dengan fitur-fitur yang bisa diandalkan sehingga Anda hanya perlu memperhatikan cara kerjanya saja.
  4. Anda juga dapat lebih menghemat biaya karena tidak perlu menyewa tenaga ahli dibidang akuntansi, sehingga bisa menggunakan dana ini untuk keperluan bisnis lainnya.
  5. Dengan software akuntansi, Anda juga dapat meminimalisir kesalahan. Seperti yang diketahui, ketika menggunakan akuntansi manual, Anda harus menghitung dan melakukan pencatatan satu per satu. Namun dengan menggunakan software ini, anda tidak perlu melakukannya.
  6. Anda dapat mengamankan data dengan menggunakan software akuntansi dan dapat mengurangi tingkat kecurangan karena bisa mengatur siapa saja yang bisa melakukan akses ke data-data keuangan bisnis anda.
  7. Anda dapat mengakses software akuntansi dimanapun dan kapanpun. Karena software akuntansi menggunakan penyimpanan berbasis cloud, yang dimana Anda dapat mengaksesnya kapan saja dan dimana saja.

Akhir Kata

Itulah beberapa penjelasan mengenai Rekomendasi Software Akuntansi Gratis semoga bermanfaat bagi kalian, dan membantu menemukan informasi yang mungkin saat ini sedang kalian cari. Terimakasih dan sampai jumpa pada informasi menarik berikutnya.

Gallery for Rekomendasi Software Akuntansi Gratis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *