Rekening Dana Lender Dalam P2P

cpzlab.com – Hallo sobat setia, jumpa lagi bersama admin, kali ini admin akan membahas informasi tentang Rekening Dana Lender Dalam P2P yang mungkin belum kalian ketahui apa itu dana lender dalam P2P.

Berkembangnya teknologi finansial atau financial technology (fintech) menghadirkan banyak alternatif investasi dengan keuntungan yang menggiurkan. Tentu menjadi bahan perbincangan banyak orang terkait investasi.

Selain investasi berupa deposito, surat utang, reksa dana, saham dan aset kripto, ada juga instrumen seperti peer-to-peer lending (P2P Lending) yang cukup menarik perhatian. Satu per satu platform P2P lending mulai dikenal masyarakat juga menunjukkan perkembangan yang signifikan dalam beberapa tahun kebelakang.

Mengenal Investasi P2P Lending

P2P lending merupakan layanan pinjam meminjam uang dalam mata uang rupiah secara langsung antara debitur (penerima pinjaman) dan kreditur (pemberi pinjaman) yang berbasis teknologi informasi, Menurut Peraturan OJK No.77/POJK.01/2016, P2P.

Berdasarkan sumber Bisnis, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat industri Fintech P2P lending atau atau pinjaman online resmi yang tersisa 106 platform. Dari angka tersebut, 98 penyelenggara sudah mendapatkan izin, sedangkan sisanya masih berstatus terdaftar.

Beberapa platform populer yang sudah memiliki izin diantaranya yaitu Investree, Amartha, Modalku, Indodana, Akseleran, TaniFund dan lain sebagainya. Berbeda dari pinjaman ke bank, platform P2P lending memberikan kemudahan bagi peminjam dana untuk bisa mengajukan kredit dengan proses yang cepat dan syarat yang mudah.

Rekening Dana Lender dalam Platform P2P Lending

Pada dasarnya cara kerja platform P2P lending relatif sama. Hanya saja ada perbedaan dari besaran dana yang dibutuhkan dan profil peminjam. Pengguna harus melakukan registrasi secara daring yang dilakukan melalui komputer atau Smartphone, baik itu peminjam atau pendana.

kemudian pendana akan diarahkan untuk membuat Rekening Dana Lender (RDL) sebagai suatu wadah penampung dana. Rekening ini dibuat khusus oleh platform pada institusi bank yang bekerja sama dengan platform P2P lending.

Nama pendana juga akan disamakan dengen formulir yang harus diisi, guna membuat transaksi semakin aman dan nyaman selama menggunakan platform P2P lending. Pembuatan Rekening Dana Lender ini merupakan ketentuan T+2 dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Baca juga: Mengenal Forex Factory Untuk Trader Pemula

Cara Membuka Rekening Dana Lender

Syarat membuka Rekening Dana Lender biasanya akan tergantung dari ketentuan masing-masing platform. Namun biasanya, akun Rekening Dana Lender akan otomatis dibuat bersamaan dengan proses registrasi.

Jadi, akun Rekening Dana Lender akan aktif setelah akun pendana di platform P2P lending tersebut berhasil diverifikasi, dibawah ini beberapa langkah-langkahnya.

  • Pertama, pendana terlebih dahulu harus menyetujui ketentuan dan syarat yang berlaku.
  • Kemudian, pendana wajib mengisi data diri yang dibutuhkan seperti nama, alamat, tanggal lahir dan tempat sesuai dengan KTP.
  • Selanjutnya, pendana juga diwajibkan untuk mengisi informasi pekerjaan sumber dana, dan kontak darurat.
  • Lalu mengakhirinya dengan proses verifikasi yang ditandai dengan sambungan video (video call) dengan tim platform P2P lending.
  • Jika proses pembukaan akun Rekening Dana Lender sudah berhasil, maka pendana akan mendapatkan notifikasi atau pendana juga bisa mengecek keaktifan akun melalui platform P2P lending.

Akhir Kata

Demikianlah penjelasan mengenai Rekening Dana Lender Dalam P2P, semoga bermanfaat untuk kalian. Jangan lupa untuk membagikan informasi ini, agar admin lebih semangat memberikan informasi lainnya, terimakasih dan sampai jumpa.

Gallery for Rekening Dana Lender Dalam P2P

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *