Profil Lengkap Ellya Khadam Ulang Tahun ke -93 dan Jadi Google Doodle

cpzlab.com – Wajah Ellya yang terpampang di laman di Google Doodle hari ini, Sabtu (23/10/21). Sosok penyanyi legendaris tersebut hadir dalam bentuk ilustrasi yang didominasi warga kuning,hijau,biru dan merah muda.

Ilustrasi itu menampilkan alat-alat musik yang disusun membentuk kata “Google”, mulai dari drum, seruling, hingga tamborin. Huruf “O” kedua digantikan dengan sosok Ellya Khadam yang tampak memegang mike sambil mengenakan pakaian khas India.

Gambar buatan Fatchurofi Muhammad ini dihadirkan untuk memperingati ulang tahun Ellya Khadam yang ke -93 sekaligus mengenang sumbangsihnya bagi perkembangan dunia musik Tanah Air.

Frofil Ellya Khadam

Ellya Khadam merupakan seorang penyanyi, penulis lagu, sekaligus aktris brkebangsaan indonesia. Wanita bernama lengkap Siti Alya Husnah ini lahir pada 23 Oktober 1928 di Jakarta.

Penyanyi yang dikenal dengan nama Ellya Agus ini menghabiskan menghabiskan masa kecilnya di Kampung Kawikawi, Manggarai, Jakarta Selatan. Sementara itu, karier Ellya Khadam di dunia musik Tanah Air dimulai dengan menjadi penyanyi dalam Orkes Melayu Kelana Ria.

Orkes yang Dipimpin oleh Adi Karso dan Munif Bahasuan tersebut memang berhasil melahirkan sejumlah penulis lagu Melayu populer pada 1960-an yang akhirnya berkembang menjadi cikal bakal musik dangdut di Nusantara.

Usai terlibat dengan Orkes, Ellya Khadam mulai menciptakan lagu sendiri. Sebagian besar lagu-lagunya terinspirasi dari lagu India. Sebut saja “Pergi Tanpa Pesan”.

Tidak puas berkarir di dunia tarik suara, Elyya Khadam akhirnya mulai terjun ke dunia seni peran. Beberapa Film yang dibintanginya, yaitu Tjita-tita Ajah, Mak Tjomblang, Matahari, Dunia Belum Kiamat, Sopir Taksi, Buaya Gile, Hingga Gudang Uang.

Selain membintangi film, pelantun lagu “Beban Asmara” itu juga mendirikan grup musik Orkes Melayu El Sitara. Grup tersebut mengambil bagian untuk mendukung penampilannya di panggung dan kamar rekaman.

Terkait kehidupan pribadi, Ellya Khadam sempat menikah ketika usianya masih belia. Dari pernikahannya, ia dikarunia dua orang anak. Sayangnya, rumah tangganya harus kandas ditengah jalan.

Ellya Khadam berpulang pada pada 2 November 2009 lantaran penyakit diabetes yang dideritanya. Meski telah tiada, sosok dan karya-karya legendarisnya akan selalu diingat oleh masyarakat Tanah Air.

Gallery for Profil Lengkap Ellya Khadam Ulang Tahun ke -93 dan Jadi Google Doodle

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *