Pengelolaan Sampah Di Rumah Melalui Aplikasi

cpzlab.com – Pada kesempatan kali ini admin akan membahas informasi tentang Pengelolaan Sampah Di Rumah Melalui Aplikasi yang canggih hanya dengan menggunakan aplikasi, entunya sangat bermanfaat dan praktis.

Seperti yang kita ketahui, aplikasi yang bisa mengakses berbagai jenis kebutuhan sehari-hari sudah menjadi hal yang tak asing lagi. Dari mulai sosial media, aplikasi musik, pesan makanan, dan masih banyak lagi.

Kini telah hadir aplikasi canggih untuk mengelola sampah dan cocok untuk kalian yang malas membuang sampah. Aplikasi pengelola sampah ini juga bisa menguntungkan, mulai dari mendapatkan token listrik, pulsa, voucher belanja, hingga uang.

Dibawah ini ada beberapa aplikasi yang bisa mengelola sampah yang canggih dan bermanfaat tentunya.

Aplikasi Octopus

Aplikasi yang direkomendasikan oleh salah satu artis Hamish Daud ini mengajak followers instagramnya untuk mengumpulkan sampah sekaligus memberi imbalan. Mulai dari voucher potongan harga Kopi Kenangan hingga uang.

Octopus mulai beroperasi sejak tahun 2019 di Makassar dan tahun lalu di Bali. Kini mereka sedang menyiapkan operasi baru didaerah Bandung, Jawa Barat. Masyarakat bisa menjadi pengguna, mitra check point atau bank sampah, juga sebagai pelestari atau disebut dengan mitra pengangkut sampah.

Ketiga tipe pengguna aplikasi yang sukses di kompetisi Top 25 SlingShot Singapore Start Up Competition ini akan mendapatkan keuntungan dan penghasilan tambahan. Sejauh ini sudah ada 4.700 pelestari, 35 ribu pengguna dan 1.600 mitra check point di aplikasi ini.

Aplikasi PlasticPay

Plastic Pay ialah aplikasi yang menyediakan penukaran sampah botol plastik hingga menjadi barang yang dapat diekspor. Nantinya, sampah plastik yang dikumpulkan oleh PT Inocycle Technology Group Tbk (INOV) ini akan menjadi produk Eco-friendly. 

Pengguna yang menukar sampah akan mendapatkan poin. Caranya, bawa botol plastik PET bekas ke Mini Collection Point (MCP) terdekat, scan barcode yang tertera, lalu masukan botol plastik bekas tersebut ke dalam MCP.

Konfirmasi sampah yang sudah disetorkan melalui petugas dan kumpulkan poin yang bisa ditukar dengan uang, paket data, pulsa, serta bisa juga untuk didonasikan. Plastic pay saat ini hanya melayani area sekitar Tangerang, Banten.

Aplikasi Gringgo/SWAI

Aplikasi ini mengajarkan penggunanya untuk mengenali jenis sampah dengan cara mengarahkan kamera ke benda yang akan dibuang. Pembuat aplikasi ini, Olivier Pouillon dan Febriandi Pratama, berharap agar bisa mengajarkan pengelolaan sampah kepada anak-anak.

Fitur pengenalan sampah ini membuat pengguna mengetahui nilai ekonomi dari tiap jenis sampah dan ke tempat yang bisa membuang sampahnya. Sampah yang dikumpulkan bisa langsung diserahkan ke TPS terdekat untuk ditukar dengan uang sesuai jumlah dan jenis sampahnya. SWAI yang beroperasi di Bali ini juga menyediakan layanan penjemputan sampah.

Baca Juga: Rekomendasi Aplikasi Canggih Yang Jarang Diketahui

Aplikasi Angkuts

Aplikasi ini beroperasi di daerah Pontianak, Kalimantan Barat. Selain menyetor sampah, warga setempat juga bisa mendapatkan uang saat menjaga kebersihan. Aplikasi ini digagas oleh Muhammad Hafiz Waliyuddin. 

Dalam plikasi ini akan diberi dua pilihan untuk diangkut: barang atau sampah. Lalu diminta untuk memilih kendaraan dan mengangkutnya. Penjemputan ini akan dikenakan tarif flat Rp 10 ribu untuk jarak 10 kilometer pertama dan sebagai tambahannya dikenakan tarif Rp 1.500. Sampah yang dikumpulkan akan ditimbang dan hasil penjualannya masuk ke virtual account pengguna.

Aplikasi Mountrash

Melihat fenomena peningkatan sampah rumah tangga diwilayah jabodetabek, seorang sarjana dari IPB menciptakan aplikasi usaha rintisan pengelolaan daur ulang sampah ini. Selain mengatasi permasalahan sampah, aplikasi ini juga membantu memberi alternatif pemasukan kepada masyarakat yang terdampak pandemi covid 19.

Pada aplikasi ini juga terdapat fitur jual, setelah memasukkan informasi soal fitur sampah tadi. Pengguna akan mendapatkan barcode yang harus dikirimkan ke nomor Whatsapp Mountrash untuk pengaturan penjemputannya. Pengguna bisa menukarkan sampah melalui kuota internet melalui aplikasi mountrash untuk pekerja online atau yang sedang kuliah.

Itulah beberapa aplikasi pengelolaan sampah yang sangat bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari, sekaligus menguntungkan karena bisa mengahsilkan uang dan beberapa keuntungan lainnya.

Gallery for Pengelolaan Sampah Di Rumah Melalui Aplikasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *