Mengenal Trading Dogecoin Beserta Peluang Dan Risikonya

cpzlab.com – Kali ini admin akan membahas informasi menarik tentang Mengenal Trading Dagecoin Beserta Peluang Dan Risikonya, tentunya akan membuat kalian penasaran apa itu trading Dogecoin dan risiko yang perlu diketahui, langsung saja simak penjelasannya sampai akhir.

Investasi cryptocurrency atau yang disebut sebagai mata uang kripto semakin banyak diminati hingga saat ini. Sentimen pasar membuat harga aset kripto mudah melambung tinggi dengan sifatnya yang sensitif.

Hal inilah yang membuat para investor beramai-ramai memasukkan modalnya ke dalam instrumen kripto. Tetapi lain halnya dengan calon investor, yang baru mencoba berinvestasi di mata uang uang kripto kebanyakan dibuat bingung.

Apa Itu Dogecoin?

Dogecoin ini pertama kali dibuat oleh duo software engineer bernama Billy Marcus dan Jackson Palmer pada akhir 2013. Dogecoin merupakan salah satu mata uang kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar di dunia.

Berdasarkan situs coinmarketcap, Doge bertengger di peringkat ke-6 dengan market cap US$31 miliar dan tentunya berada pada angka yang besar. Siapa sangka, dogecoin ini dibuat hanya gurauan semata.

Palmer ternyata memang sengaja memakai ejaan yang salah dalam menuliskan nama koin jenis baru ini dan untuk logonya, menggunakan gambar anjing jenis Shiba Inu dari Jepang hingga kemudian jadilah Dogecoin.

Cara Mendapatkan Dogecoin

Untuk mendapatkan uang kripto Dogecoin melalui dua cara. Pertama, dapat dilakukan dengan cara membuka rekening pada pedagang fisik aset kripto yang sudah mendapat izin Bappebti. Kemudian, pemilik akun juga bisa melakukan verifikasi melalui aplikasi dari pedagang aset kripto. 

Namun jika verifikasi rampung, maka pemilik akun bisa memulai transaksi jual beli aset kripto. Pemilik akun bisa menyetorkan dana awal melalui rekening dengan cara terpisah. Kedua, bisa dilakukan dengan cara menambang atau disebut dengan mining.

Dalam kegiatan mining, seorang penambang bertugas untuk mencari dan mengumpulkan mata uang digital kripto, seperti Dogecoin ini. Seorang penambang memecahkan masalah matematika kompleks dengan menggunakan seperangkat komputer.

Cara Kerja Dogoecoin

Cara kerja dogecoin umumnya sama dengan mata uang kripto lainnya, Dogecoin juga bekerja dengan teknologi rantai blok atau disebut blockchain yang terdesentralisasi.

Tidak ada perantara dalam transaksi yang terjadi, karena uang digital ini dikembangkan dengan teknologi enkripsi.Pembayaran dengan Dogecoin pun dilakukan secara peer to peer, langsung dari pengirim ke penerima.

Banyak dari mata uang kripto yang mengadopsi jaringan terdesentralisasi berdasarkan teknologi blockchain. Blockchain sendiri merupakan sebuah buku besar terdistribusi yang dilakukan oleh jaringan komputer yang berbeda-beda.

Baca Juga: Investasi Jangka Pendek Yang Cocok Bagi Pemula

Cara Transaksi Dogecoin

Perlu diketahui bahwa transaksi sebuah produk dengan Dogecoin belum bisa dilakukan di Indonesia. Karena pada dasarnya pemerintah Indonesia tidak mengaku mata uang kripto sebagai alat tukar yang sah.

Oleh karena itu, pemerintah melalui Bappebti mengijinkan kepemilikan mata uang kripto sebagai aset investasi. Jual beli mata uang kripto bisa dilakukan dengan legal. Jual beli mata uang kripto ini bisa juga dilakukan melalui aplikasi kripto atau exchanger. 

Peluang dan Risiko Dogecoin

Berinvestasi dengan mata uang kripto memang memiliki risiko yang cukup tinggi, karena potensi untungnya juga cukup besar. Hal ini dikarenakan munculnya bubble atau kenaikan harga yang pesat karena sentimen seperti cuitan seorang Elon Musk. 

Sesuai sentimen pasar, harga dogecoin tidak akan selalu naik dan bisa turun dalam beberapa waktu. Penjelasan spesifik mengenai nilai fundamental sebuah aset digital cukup rumit. Hal ini tentu saja berbeda dengan saham yang bisa dilihat melalui analisis fundamental atau teknikal. 

Pada rekam datanya, harga Dogecoin memang melonjak sangat pesat pada awal 2021 lalu. Dari awal Januari 2021 hanya sekitar US$0,009 menjadi US$0,6 di Mei 2021. Namun pada awal Juli, harganya menurun ke level US$0,2.

Akhir Kata

Demikianlah informasi yang bisa admin sampaikan mengenai Mengenal Trading Dogecoin Beserta Peluang Dan Risikonya semoga bermanfaat untuk kalian dan terimakasih. Jangan lupa untuk terus membagikan informasi ini agar admin lebih semangat untuk memberikan info menarik selanjutnya.

Gallery for Mengenal Trading Dogecoin Beserta Peluang Dan Risikonya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *