Mengelola Persediaan Barang Dengan Efektif Dan Efisien

cpzlab.com – Hallo sobat, bertemu lagi bersama admin, kali ini admin akan membahas tentang Mengelola Persediaan Barang Dengan Efektif Dan Efisien yang tentunya perlu kalian ketahui, khususnya bagi kalian yang sedang memulai usaha.

Membuka sebuah usaha pasti sudah tidak asing dengan proses mengelola stok barang baik bahan baku maupun produk yang dihasilkan. Mengelola stok barang dalam jumlah yang sedikit mungkin masih mudah dilakukan.

Manajemen stok barang yang buruk adalah pembunuh UKM terbesar ke-4, Menurut SBA (Small Business Administration – organisasi pemerintah Amerika Serikat yang mendukung pengusaha dan usaha kecil).

Namun apabila anda dapat mengelolanya dengan baik, maka bisa juga menentukan atau memperkirakan jumlah barang yang harus dipesan atau diproduksi, untuk periode penjualan selanjutnya serta menekan risiko adanya kelebihan barang untuk menghindari kerugian.

Cara Mengelola Persediaan Barang

Berikut ini ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengelola persediaan barang, beberapa penjelasannya dibawah ini.

1. Membuat daftar stok barang

Membuat data untuk menyediakan sebuah barang tentu sangatlah penting, karena kita harus mengetahui seberapa banyak barang yang harus tersedia. Dengan adanya data ini, anda bisa membuat keputusan, mengontrol, serta pengambilan tindakan untuk pengelolaan stok barang.

Catatlah seluruh data secara akurat dan lengkap, baik secara tradisional dengan melalui formulir atau secara digital yaitu dengan menggunakan aplikasi.

2. Membuat perkiraan jadwal dan stok

Lakukan perkiraan jumlah persediaan yang dibutuhkan dan yang harus dikeluarkan pada periode ini. Lalu buatlah jadwal untuk menentukan kapan waktu yang tepat untuk anda melakukan pembelian. Forecast jadwal stok barang dan persediaan akan memudahkan anda untuk menghitung modal persediaan dalam periode tertentu.

3. Pisahkan stok baru dan yang lama

Mencampur stok barang juga akan membuat anda kebingungan dalam perhitungan dan pencatatan data barang. Maka keluarkan stok lama terlebih dahulu untuk mengurangi risiko kerugian, lalu pisahkan stok lama dan stok baru untuk memudahkan dalam perhitungan jumlah stok lama yang terjual dan belum terjual.

4. Buat kode pada setiap produk

Berikan kode pada setiap jenis barang, apalagi jika anda meyediakan barang dengan berbagai macam model, warna, atau motif. Kode ini akan membantu untuk memudahkan anda dalam mencari barang, karena terdapat perbedaan dalam setiap produknya. Jadi tidak perlu lagi memisahkan jenis barang berbeda, yang mencampur menjadi satu.

Baca Juga: Broker Forex Dengan Floating Spread Terendah

5. Melakukan pengecekan barang

Lakukan pengecekan barang sebelum menyimpannya ke dalam gudang. Hal ini akan mencegah tercampurnya barang-barang yang mengalami kerusakan atau kesalahan produksi dengan barang berkualitas tinggi, untuk menghindari komplain dari konsumen yang kecewa karena mendapatkan barang yang tidak prima.

Akhir Kata

Itulah beberapa penjelasan mengenai Mengelola Persediaan Barang Dengan Efektif Dan Efisien yang mungkin bisa kalian manfaatkan, semoga pembahasan kali ini bisa membantu kalian, sampai jumpa dan terimakasih sudah mengunjungi artikel ini.

Gallery for Mengelola Persediaan Barang Dengan Efektif Dan Efisien

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *