Perbedaan emas asli dan palsu, ini 8 cara yang bisa kamu coba

oleh -0 views

Perbedaan emas asli dan palsu



Berinvestasi emas menjadi pilihan banyak orang karena memiliki resiko yang kecil dan harga emas yang cenderung naik, walaupun ada krisis ekonomi, emas tetap stabil dan harganya bisa naik. Namun sebelum memilih untuk berinvestasi emas, ada baiknya mengetahui perbedaan emas asli dan palsu agar tidak menyesal di kemudian hari.

Tidak demikian halnya, Anda biasanya mengeluarkan kocek yang cukup besar untuk menginvestasikan emas. Belum lagi jika emas adalah mahar pernikahan Anda, Anda akan sangat kecewa ketika mengetahui bahwa emas yang Anda beli ternyata palsu.

Nah, untuk menghindari kejadian seperti itu, yuk simak cara membedakan emas asli dan palsu di bawah ini.

1. Perhatikan warna emas

Cara membedakan emas asli dan palsu yang pertama adalah dengan memperhatikan warna emasnya. Caranya sangat mudah, cukup gosok permukaan emas dengan telapak tangan atau jari telunjuk.

Jika tidak ada perubahan, emas Anda asli. Namun, jika warnanya kusam dan tidak beraturan, kemungkinan emas tersebut palsu.

2. Perhatikan fisik emas

Cara membedakan emas asli dan palsu selanjutnya adalah dengan memperhatikan fisiknya. Salah satu caranya adalah dengan memperhatikan label yang memberikan informasi kandungan emas.

Angka-angka biasanya ditulis pada emas asli 10k, 18k, Dan 24 K. Menurut stkamur internasional, emas dikatakan asli jika melebihi kandungan emasnya 41,7% atau setidaknya 10 karat. Berbeda dengan jenis emas produksi Eropa yang memberikan label emas dengan tkamu persentase. Jika emas tertulis 999, maka ini berarti emas tersebut murni 99,9%.


Jika emas tersebut tidak memiliki tkamu, bukan berarti emas tersebut palsu atau tiruan. Diperlukan pengujian menggunakan metode lain untuk mengetahui keaslian emas tersebut.

3. Pastikan adanya sertifikat emas

Coba buka toko lalu ketik kata kunci antam emas, Kemudian Anda akan melihat daftar emas Antam yang dijual dengan berat yang berbeda, ada 2gm, 5gm, dan 10gm kemudian mereka selalu mencantumkan kata Sebuah bersertifikat, Artinya setiap emas yang dijual harus memiliki sertifikat, kecuali emas yang sudah menjadi perhiasan, biasanya hanya berupa bukti transaksi.

Oleh karena itu, salah satu indikator emas asli adalah diperolehnya surat resmi atau sertifikat. Beberapa perusahaan mengeluarkan sertifikat untuk penjualan emas. Namun, perlu juga diperhatikan bagaimana membedakan antara sertifikat asli dan palsu.

4. Gigitan Emas

Jika Anda mengangkat bahu saat mengetahui bagaimana membedakan emas dalam hal ini, jangan khawatir, karena itu benar.

Tes emas asli atau palsu bisa menggigit. Jika emasnya agak lunak dan meninggalkan bekas gigitan, bisa dipastikan emas tersebut asli. Di sisi lain, jika tidak ada bekas gigitan, itu palsu.

Namun, jangan percaya juga. Bahan yang digunakan untuk membuat emas palsu bisa berupa timah. Logam timah, juga termasuk dalam kelompok logam lunak, seperti yang Anda ketahui. Jadi, kamu juga harus lebih teliti, ya.

5. Dekat dengan magnet

Salah satu cara termudah untuk menguji keaslian emas adalah dengan menggunakan magnet. Emas adalah benda non-magnetik. Emas asli tidak akan menempel jika Anda memegangnya dekat dengan magnet, dan emas palsu akan menempel jika Anda meletakkannya di dekat magnet.

6. Gosok di atas kertas atau ubin keramik

Coba gosokkan emas pada selembar kertas atau keramik, dan jika meninggalkan noda hitam berarti itu palsu, tetapi jika tidak meninggalkan noda, itu asli.

7. Tetes asam nitrat

Cara membedakan emas asli dan palsu selanjutnya adalah dengan destilasi asam nitrat atau asam nitrat.

Jika emas berubah menjadi hijau setelah ditetesi asam nitrat, kemungkinan emas tersebut sebenarnya adalah logam yang telah dilapisi pelapisan emas. Sedangkan jika berubah menjadi kuning, maka emas Anda adalah kuningan dengan lapisan emas. Sedangkan jika berubah warna menjadi seperti susu, maka emas tersebut adalah perak dengan lapisan emas. Nah, jika tidak ada perubahan warna, maka emas Anda asli.

Perlu banget kamu perhatikan, saat ingin menggunakan asam nitrat untuk mengecek keaslian emas sebaiknya didampingi oleh ahlinya. Selain berbahaya bagi tubuh dan pernapasan, emas juga bisa rusak. baiklah hati-hati.

8. Datang ke toko emas gold

Cara terakhir untuk membedakan emas asli dan palsu adalah dengan datang langsung ke toko emas terdekat. Mereka biasanya memiliki instrumen khusus yang disiapkan untuk mengukur dan mengidentifikasi emas asli atau palsu.

kesimpulan

Karena emas merupakan pilihan investasi yang sangat menjanjikan, banyak orang lebih memilih berinvestasi emas. Jadi jangan heran jika ada banyak orang jahat di dalamnya. Jangan sampai tertipu, kita sebagai pembeli harus belajar membedakan emas asli dan palsu.

Ini adalah artikel tentang Perbedaan emas asli dan palsu, berikut 8 cara yang bisa Anda coba, Semoga artikelnya bermanfaat. Juga, jangan lupa untuk membaca cara menabung hari ini di tabungan emas online.

Jika Anda ingin mengenal kami lebih jauh, Anda dapat menemukan kami di Indonesia Dan Situs jejaring sosial Facebook.



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *