Cara Update Android di HP 100% Aman Tanpa Root dan PC

oleh -1 views
Cara Update Android di HP Tanpa Root


Apa cara teraman untuk memperbarui Android di ponsel? Bagaimana cara memeriksa pembaruan OS Android di ponsel? Anda dapat menemukan semua jawabannya di sini. Selain itu, kali ini Anda ingin berbagi cara memperbarui sistem operasi ponsel Android tanpa bantuan PC atau laptop. Simak tutorialnya berikut ini:

Cara update OS Android di HP

Apa cara teraman untuk memperbarui OS Android di ponsel? Cara teraman untuk memperbarui Android adalah melalui OTA atau di udara. Dengan OTA, Anda tidak memerlukan bantuan apa pun dari perangkat. Pastikan kuota internet Anda cukup untuk mengunduh file pembaruan Android. Jika kuota Anda tidak cukup, lebih baik menghubungkan ponsel Anda ke WiFi.

Cara memperbarui Android di HP

Mengapa harus terhubung ke WiFi? Karena kecepatan WiFi lebih stabil dan tidak ada batasan kuota. Lebih baik lagi, jika Anda dapat terhubung ke hotspot WiFi gratis. File update sistem operasi biasanya cukup besar sehingga membutuhkan kuota internet yang besar.

Khusus untuk perangkat keluaran Google seperti Pixel atau Nexus atau ponsel yang menggunakan Android murni, mereka akan mendapatkan pembaruan OS Android secara teratur dan lebih cepat. Namun, untuk ponsel yang menggunakan antarmuka pengguna pabrik seperti Oppo, Xiaomi, Vivo, Huawei, Samsung, dll, pembaruan sistem operasi akan diberikan langsung oleh vendor atau pabrikan ponsel.

Di sinilah keuntungan Anda menggunakan ponsel Android murni seperti Xiaomi Mi A2, Mi A2 Lite atau Asus ZenFone Max Pro M1 karena Anda bisa mendapatkan pembaruan OS lebih cepat dan teratur dari ponsel pabrikan lain. Jika Anda mendapatkan pemberitahuan tentang pembaruan Android baru, inilah yang harus Anda lakukan:

  • Buka Pengaturan
  • klik Sistem>Lanjutan>Pembaruan Sistem
  • Selain cara di atas, kamu juga bisa mencoba cara berikut ini
  • Masuk Pengaturan > Tentang ponsel > Pembaruan perangkat lunak > Periksa pembaruan
  • Jika ada pembaruan yang tersedia untuk sistem operasi, cukup ketuk memperbaiki atau INSTAL SEKARANG
  • Tunggu hingga proses pembaruan selesai.

Cara update android di hp tanpa root

Jika tidak ada pembaruan OS Android, Anda tidak perlu memperbarui OS Android. Mungkin tidak ada pembaruan karena pabrikan ponsel Anda tidak menyediakan pembaruan sistem operasi untuk ponsel Anda. Oleh karena itu, sebaiknya belilah ponsel yang secara berkala menyediakan pembaruan OS Android untuk semua jenis ponsel lama atau baru.

3 Persyaratan wajib sebelum memperbarui Android

Sebelum mempraktekan cara update android di hp, ada beberapa hal yang perlu anda persiapkan. Ketiga hal tersebut merupakan hal yang perlu Anda siapkan sebelum melakukan update Android. Apa itu ?

  1. Pastikan Anda dapat memperbarui Android. Jika Anda dapat memperbarui, Anda akan menerima pemberitahuan di ponsel Anda
  2. Pastikan kapasitas baterai di atas 80%. Hindari memperbarui Android saat baterai hampir habis untuk menghindari kegagalan memperbarui sistem operasi dan akhirnya merusak sistem operasi Android di ponsel Anda
  3. Pastikan terkoneksi dengan WiFi/kuota internet yang banyak. Hanya untuk menghindari unduhan yang gagal atau mengunduh file pembaruan yang tidak lengkap.

Manfaat pembaruan Android

Sangat penting untuk mengetahui cara memperbarui Android di ponsel. Karena dengan pembaruan, Anda dapat menikmati fitur-fitur terbaru dari sistem operasi Android. Setiap tahun, Android biasanya merilis Android versi terbaru. Setiap versi baru Android memiliki fitur dan antarmuka yang lebih baik daripada versi sebelumnya.

Cara memperbarui Android di perangkat HP yang aman

Pembaruan Android juga akan menambal lubang keamanan di ponsel Anda. Dengan cara ini, Anda tidak perlu khawatir data di ponsel Anda dicuri. Bagi Anda yang berencana menggunakan ponsel untuk jangka panjang. Sangat penting untuk berhati-hati saat memilih merek ponsel Android.

Hal ini dikarenakan masih banyak vendor yang jarang memberikan update OS Android untuk semua model ponsel lawas. Hal ini tentu merugikan kami sebagai pembeli. Karena suka atau tidak suka, kita harus membeli ponsel baru untuk menikmati fitur-fitur di sistem operasi Android terbaru.

Dapatkan Android Rajin Merek HP. Pembaruan OS

Berikut adalah merek ponsel yang menerima pembaruan Android secara teratur. Dengan membeli beberapa merk handphone berikut ini pasti anda bisa menerapkan Cara Update Android di handphone anda. Berikut adalah merek ponsel yang tertarik pada pembaruan OS Android menurut pemimpin HP:

  1. Google Pixel / Google Nexus: Dapatkan update Android langsung dari Google secara rutin selama maksimal 3 tahun
  2. Ponsel Android One: Hasil kerjasama Google dengan vendor ponsel. Ponsel Android One berjalan pada sistem operasi Android murni sehingga mendapatkan pembaruan Android reguler selama maksimal 3 tahun
  3. Xiaomi: Selain bisa update Android, Xiaomi juga update MIUI atau user interface bawaan pabrikan secara berkala
  4. Samsung: Sebagai penjual ponsel nomor satu, tentunya Samsung memanjakan para pengguna setianya dengan serius memberikan update Android
  5. asus: Termasuk salah satu brand yang serius memberikan update Android. Beberapa model ponsel Asus juga menjalankan Android murni sehingga bisa mendapatkan OS Android secara rutin
  6. Nokia: Beberapa model ponsel Nokia menjalankan sistem operasi Android murni, sehingga normal untuk dapat memperbarui sistem operasi Android lebih cepat.
  7. Motorola: Merek ponsel ini mengikuti jejak Xiaomi dan Asus dengan serius memperkenalkan update Android, agar konsumen tetap loyal.

Cara Paling Aman untuk Memperbarui Android

Cara paling aman untuk memperbarui Android di ponsel melalui OTA. Selain itu, ada cara lain untuk memperbarui sistem operasi, yaitu dengan rooting atau dengan bantuan laptop atau PC. Namun, jangan rekomendasikan kedua metode ini karena dapat merusak ponsel Anda. Memperbarui Android melalui rooting atau komputer juga rumit. Jika kesalahannya sedikit, Anda mungkin tidak dapat menggunakan ponsel Anda selamanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *