Investasi Jangka Pendek Yang Cocok Bagi Pemula

cpzlab.com – Kali ini admin akan membahas informasi tentang Investasi Jangka Pendek Yang Cocok Bagi Pemula, untuk kalian yang ingin memulai investasi jangka pendek langsung saja simak penjelasan admin dibawah ini.

Investasi jangka pendek merupakan sebuah produk investasi yang menyetorkan sejumlah dana untuk dikelola dalam jangka waktu singkat, sehingga dana dan keuntungan dapat dicairkan dalam kurun waktu yang pendek. Biasanya periode investasi ini berlangsung selama satu tahun.

Pada dasarnya, investasi jangka pendek atau investasi jangka panjang umumnya harus disesuaikan dengan keuangan masing-masing keluarga. Karena setiap keluarga memiliki kebutuhan yang berbeda-beda.

Tujuan Investasi Jangka Pendek

Setiap melakukan sesuatu, tentunya ada tujuan yang ingin dicapai. Dibawah ini ada beberapa tujuan investasi jangka pendek yang perlu diketahui.

1. Menghindari utang

Ketika datang tagihan tidak terduga dan ketika tidak mempunyai tabungan lebih, maka hal utama yang dilakukan yaitu meminjam uang atau mengutang. Inilah pentingnya melakukan investasi jangka pendek, agar bisa menyelamatkan dari utang yang akan menumpuk nantinya.

2. Belajar berkomitmen

Investasi jangka pendek memang sifatnya sementara, namun ini bisa melatih kita untuk belajar berkomitmen dalam menabung. Karena uang yang kita tabung akan menuai hasil, jika bisa berkomitmen dengan baik.

3. Untuk kebutuhan yang tak terduga

Seluruh tabungan, termasuk investasi jangka pendek adalah suatu pilihan yang bisa dilakukan untuk antisipasi dari kejadian yang tidak terduga. Jika sedang mengalami kesulitan, maka investasi ini akan menjadi dana darurat yang bisa diandalkan nantinya.

Kelebihan dan Kekurangan Investasi Jangka Pendek

Bagi investor pemula, kalian perlu mengetahui kelebihan dan kekurangan dari investasi jangka pendek. Maka dari itu, simak beberapa kelebihan dan kekurangan investasi jangka pendek dibawah ini.

Kelebihan investasi jangka pendek

Investasi jangka pendek biasanya hanya berkisar 1 tahun saja, sehingga return dari investasi ini terbilang cepat. Jumlah keuntungannya juga bisa menjadi lebih besar. Selain itu, kelebihan dari investasi jangka pendek adalah fleksibilitas investor dalam mencairkan uang.

Sebagai investor, kalian bisa mengambil keuntungan yang besar hanya dalam waktu yang cukup singkat. Bisa juga untuk mengambil keuntungan yang ada dalam waktu yang tidak terlalu lama.

Itulah mengapa investasi jangka pendek diperlukan untuk kebutuhan darurat dan bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Kekurangan nvestasi Jangka pendek

Meskipun terdapat beberapa kelebihan, namun investasi jangka pendek ini juga memiliki beberapa kekurangan atau resiko didalamnya. Investor perlu memperhatikan kapan waktu yang tepat untuk melakukan jual beli, agar mendapatkan keuntungan yang berlipat ganda

Investasi jangka pendek juga sangat dipengaruhi oleh inflasi, sehingga bisa mengurangi return dari investasi itu sendiri. Oleh sebab itu, perlu dipahami beberapa resiko yang akan terjadi ketika melakukan investasi jangka pendek ini

Baca Juga:

Jenis Investasi jangka Pendek

Setelah mengetahui tujuan serta kelebihan dan kekurangan dari investasi jangka pendek, dibawah ini terdapat beberapa jenis investasi jangka pendek yang perlu kalian ketahui.

1. Reksadana

Reksadana merupakan jenis investasi keuangan terdiri dari kumpulan uang yang dikumpulkan dari banyak investor untuk diinvestasikan dalam sekuritas. Di antaranya, seperti obligasi, saham, instrumen pasar uang dan aset-aset lainnya.

Ada beberapa jenis reksadana, diantaranya yaitu reksadana pasar uang, redaksana saham, reksadana pendapatan tetap, reksadana campuran, dana indeks, reksadana pendapatan, atau reksadana global.

2. Deposito

Meskipun instrumen investasi ini memiliki keuntungan yang terbilang kecil, namun setara dengan risikonya yang lebih rendah. Investasi ini merupakan jenis instrumen investasi yang tepat untuk jangka pendek.

Deposito merupakan jaminan berupa uang, barang, atau properti kepada bank atau pihak yang dipercaya untuk menyimpan atau menggunakannya, lalu mengembalikannya dalam bentuk natura.

3. P2P Lending

Fintech lending/peer-to-peer lending atau sering disebut P2P Lending merupakan sebuah layanan pinjam-meminjam uang dalam mata uang rupiah secara langsung antara debitur dan Kreditur yang berbasis teknologi informasi.

Kini, pertumbuhan P2P lending semakin berkembang, sehingga mudah diakses oleh masyarakat yang masih sulit mendapatkan pinjaman dana. P2P Lending juga memberikan akses pinjaman bagi mereka yang sedang membutuhkan dana untuk perawatan kesehatan dan pendidikan dengan standarnya masing-masing.

Akhir Kata

Itulah beberapa penjelasan mengenai Investasi Jangka Pendek Yang Cocok Bagi Pemula, semoga bermanfaat dan membantu kalian untuk memulai investasi jangka pendek. Terimakasih dan sampai jumpa pada pertemuan berikutnya.

Gallery for Investasi Jangka Pendek Yang Cocok Bagi Pemula

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *