Faktor Utama Keberagaman Kegiatan Ekonomi Di Indonesia

cpzlab.com – Hallo sobat kali ini admin akan membahas informasi seputar Faktor Utama Keberagaman Kegiatan Ekonomi Di Indonesia yang harus kalian ketahui. Penasaran dengan informasinya? simak selengkapnya dibawah ini.

Kegiatan ekonomi di indonesia tentu memiliki keberagaman. Keberagaman ekonomi adalah perbedaan tingkat atau taraf ekonomi dalam kondisi masyarakat. Keberagaman ini bisa dilihat dari jenis pekerjaan masyarakat.

Keadaan ekonomi yang beragam sangat dipengaruhi oleh letak geografis. Sebagai contoh, jika tinggal di daerah pantai maka pekerjaannya sebagai nelayan atau penjual ikan, dan jika tinggal dipedesaan maka pekerjaannya sebagai petani.

Keberagaman Kegiatan Ekonomi Masyarakat

Dibawah ini admin akan menjelaskan keberagaman kegiatan ekonomi masyarakatdi berbagai bidang yang meliputi pertanian, peternakan, kehutanan dan perikanan.

1. Bidang pertanian

Seperti yang kita ketahui, bahwa indonesia memiliki dataran yang luas dan bisa dimanfaatkan sebagai lahan pertanian. Contoh kegiatan ekonomi di bidang pertanian yaitu menanam padi dan menghasilkan beras lalu menjadikannya nasi.

Petani yang menghasilkan beras, bisa menjualnya hingga menghasilkan upah. Tak hanya itu saja, lahan pertanian juga bisa dijadikan sebagai tanaman seperti umbi umbian, buah-buahan, sayuran, dan masih banyak lagi.

2. Bidang peternakan

Tak hanya tumbuhan saja, hewan juga bisa dimanfaatkan sebagai sumber daya alam didaratan seperti halnya peternakan. Misalnya, peternakan ayam, sapi, kambing, dan masih banyak lagi. Hewan-hewan ini diternak oleh manusia sebagai sumber pencaharian.

Contohnya, jika ternak ayam bisa kita jual telur atau ayamnya sendiri untuk konsumsi pribadi. Begitupun dengan ternak sapi, kita bisa menjual daging sapi, susu, dan kulitnya sebagai sumber mata pencaharian.

3. Bidang kehutanan

Kegiatan ekonomi di bidang kehutanan adalah dengan cara memanfaatkan hasil hutan sebagai sumber mata pencaharian. Namun tidak sembarangan, kegiatan ekonomi di bidang kehutanan ini harus mendapatkan izin yang sah dariHak Pengusahaan Hutan (HPH).

Hal ini dilakukan untuk menghindari adanya pemanfaatan hutan secara ilegal atau tanpa izin yang akhirnya membuat kerusakan. Contoh kegiatan ekonomi di bidang kehutanan adalah rotan, kayu jati, pohon damar, getah pohon karet, dan masih banyak lagi.

4. Bidang perikanan

Negara indonesia merupakan dua pertiga wilayah perairan, kita bisa memanfaatkan wilayah perairan seperti danau, sungai, hingga laut. Kekayaan ini juga bisa dimanfatkan untuk kegiatan ekonomi yaitu di bidang perikanan.

Kegiatan ekonomi dibidang perikanan misalnya, nelayan pergi ke laut untuk menangkap ikan dan hewan bawah laut lainnya. Atau kita juga bisa melakukan budidaya ikan, udang, rumput laut, dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Spesifikasi MacBook Pro 14 Inci dan 16 Inci

Manfaat Keberagaman Ekonomi

Sumber daya alam adalah suatu bentuk ciptaan tuhan yng bisa dijadikan sumber daya bagi manusia dan memanfaatkannya. Dibawah ini ada beberapa manfaat keberagaman ekonomi.

  • Terpenuhinya kebutuhan barang dan jasa

Keberagaman ekonomi dan kegiatan produksi individu dapat memenuhi kebutuhan hidupnya akan barang dan jasa. Contoh terpenuhinya kebutuhan barang dan jasa misalnya, nelayan yang hidup dan bertempat tinggal didekat pantai pun membutuhkan nasi sebagai bahan makanan pokok sehari-harinya.

Begitu juga dengan petani yang tinggal di lereng pegunungan, mereka tidak hanya memakan sayurnya saja, tetapi mereka juga membutuhkan nasi dan ikan sebagai lauk pauknya. Lalu nelayan menukar hasil tangkapan ikan dengan beras dari petani.

  • Menciptakan lapangan kerja bagi individu

Beragamnya ekonomi, juga membuka peluang kerja bagi seseorang untuk mendapat uang dari menjual barang dan jasa hasil dari ketrampilannya. Jika dia mempunyai perahu untuk menangkap ikan, maka bisa dengan cara membantu nelayan menangkap ikan dan mendapat pembagian hasilnya.

  • Sikap tenggang rasa dan toleransi

Perbedaan tingkat ekonomi yang beragam juga membantu sesama dan toleransi serta tolong menolong. Misalnya sebagai contoh, kita sering menemukan pedagang-pedagang pasar yang saling membantu dan tolong menolong meski penghasilannya berbeda.

Penutup

Mungkin hanya itu saja yang bisa admin sampaikan mengenai Faktor Utama Keberagaman Kegiatan Ekonomi Di Indonesia yang mungkin bisa sedikit membantu kalian yang sedang mencari informasi diatas. Semoga bermanfaat, dan sampai jumpa dipertemuan berikutnya.

Gallery for Faktor Utama Keberagaman Kegiatan Ekonomi Di Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *