Cara Yang Tepat Untuk Menangani Keluhan Pelanggan

cpzlab.com – Hallo sobat setia, kali ini admin akan membahas informasi menarik tentang Cara Yang Tepat Untuk Menangani Keluhan Pelanggan, ingin tahu bagaimana informasi selengkapnya? langsung simak penjelasannya sampai akhir ya sob.

Dalam Perusahan atau Toko sudah pasti ada interaksi antara Pelanggan dengan Tenaga Penjual di toko atau disebut karyawan. Apabila Anda kurang puas dengan pelayanan ataupun produknya, Anda pasti akan melakukan komplain kepada toko tersebut atau pada penjual produk tersebut.

Jika penjual atau karyawan toko menangani keluhan Anda dengan baik, tentunya akan merasa nyaman untuk membicarakan masalah yang dihadapi dan segera menemukan solusi bagi permasalahannya.

Tips Menangani Keluhan Pelanggan

Keluhan pelanggan bisa menjadi sangat menguntungkan, jika anda bisa menanganinya dengan baik. Berikut beberapa tips menangani keluhan pelanggan.

1. Dengarkan pengalaman pelanggan

Selalu dengarkan cerita atau pengalaman pelanggan Anda. Mereka memberikan keluhan karena suatu alasan dan sangat penting untuk bisa memahami alasan mereka menyampaikan keluhan tersebut.

Penelitian telah menunjukkan bahwa pelanggan lebih peduli pada kualitas daripada respons yang cepat. Jadi, sebaiknya luangkan waktu untuk memahami dan mendengarkan apa masalah mereka, guna menjaga kualitas pelayanan Anda.

2. Fokus pada solusi

Ketika pelanggan Anda memiliki berbagai keluhan, Anda harus menemukan akar masalahnya dan menyelesaikannya. Jika masalah tersebut memungkinkan untuk dapat terulang kembali, maka Anda harus melakukan perubahan yang diperlukan agar Anda tidak menerima keluhan lagi dikemudian hari.

Baca Juga:

3. Tindaklanjuti keluhan pelanggan

Tindak lanjuti pelanggan Anda untuk memastikan apakah mereka puas dengan solusi yang Anda berikan. Penyampaiannya bisa dalam bentuk survei atau email yang meminta feedback dari pelanggan.

Menurut penelitian, hampir 70% pelanggan meninggalkan perusahaan karena mereka merasa Perusahaan atau Toko tersebut tidak peduli dengan keluhan yang mereka alami.

4. Melebihi harapan pelanggan

Hal berikutnya yang harus anda lakukan adalah dengan melebihi harapan pelanggan, baik dengan mengirimkan ucapan terima kasih atau memberi pelanggan diskon dan bisa juga memberikan hal menarik sebagai permintaan maaf Anda.

Pelanggan sangat memperhatikan secara detail ketika mereka merasa tertekan. Cara Anda berinteraksi dengan pelanggan setelah masalah mereka teratasi, yaitu menentukan tahapan untuk pertemuan di masa yang akan datang.

Cara Menganalisis Keluhan Pelanggan

Analisis keluhan digunakan untuk mengkategorikan, melacak dan menangani keluhan pelanggan. Ketika seorang pelanggan mengajukan keluhan, maka secara tidak langsung ia menyuarakan masalah yang mereka hadapi berhubungan dengan produk atau layanan anda.

Misalnya, jika beberapa pelanggan mengeluh tentang masalah tertentu, Anda juga bisa menggunakan feedback mereka untuk meningkatkan layanan atau produk Anda.

Jika Anda sedang mengerjakan sebuah solusi, namun masih menerima keluhan dari pelanggan, Anda bisa membuat template email untuk dukungan yang menjelaskan secara rinci bagaimana Anda akan menyelesaikan permasalahan mereka.

Akhir Kata

Demikian informasi yang bisa admin sampaikan mengenai Cara Yang Tepat Untuk Menangani Keluhan Pelanggan, kini tidak perlu bingung untuk menangani pelanggan kalian karena diatas sudah admin jelaskan secara detail.

Gallery for Cara Yang Tepat Untuk Menangani Keluhan Pelanggan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *