Cara Membersihkan Cache Whatsapp Di Hp Android

cpzlab.com – Hallo sobat kembali lagi bersama admin, kali ini admin akan membahas tentang Cara Membersihkan Cache Whatsapp Di Hp Android yang sangat mudah dan praktis tentunya bisa kalian lakukan.

Sebagai pengguna Whatsapp kita seringkali mengalami keluhan pada sampah yang menumpuk pada perangkat, tentu sangat berpengaruh pada kinerja aplikasi maupun akses lainnya. Tak heran jika Hp menjadi lemot karena chace yang belum dibersihkan.

Salah satu penyebabnya dikarenakan data yang berupa video, pesan, audio, pesan suara, stiker, dan dokumen yang dibagikan melalui chat whatsapp. Dibawah ini ada dua cara untuk membersihkan cache aplikasi WhatsApp di HP Android.

Melalui Aplikasi Whatsapp

Cara penghapusan cache WhatsApp bisa dilakukan dengan melalui pengaturan WhatsApp. Berikut beberapa langkah-langkah untuk menghapus cache melalui aplikasi WhatsApp yang bisa kalian lakukan dengan cara yang mudah.

  1. Buka aplikasi WhatsApp di HP Android kalian
  2. Buka ikon tiga titik pada bagian pojok kanan atas
  3. Klik opsi ‘Setelan’ pada pojok kanan atas
  4. Pilih dan ketuk opsi ‘Penyimpanan dan Data’
  5. Pilih bagian yang paling atas yang bertuliskan ‘Kelola Penyimpanan’. Pengguna bisa melihat besaran cache yang ada pada tampilan awal menu
  6. Setelah itu, pengguna bisa menjumpai kolom bar berwarna hijau dan kuning serta keterangan atau arti dari warna tersebut
  7. Pada bagian bawah kolom bar, kalian akan menemukan daftar kontak WhatsApp. Pilih kontak dengan kapasitas memori yang paling besar, bisa juga diterapkan pada personal chat ataupun grup. Untuk nominal angka memori bisa dilihat pada bagian kanan dari nama kontak
  8. Pada opsi tersebut kalian akan menemukan besaran file yang dihasilkan dari audio, video, foto, pesan suara, GIF. Pengguna juga bisa memilih file yang ingin dihapus, dan jika ingin menghapus semua, pilih opsi ‘Pilih Semua’ yang berada di pojok kanan atas.
  9. Setelah hapus file, pengguna bisa melihat penurunan jumlah cache pada kolom bar. Bisa juga memilih dua opsi menu yang berada di bawah kolom bar. Namun, menu tersebut hanya bisa menampilkan file berkapasitas besar saja.

Baca Juga: Cara Mudah Memasang Iklan Di YouTube

Melalui Pengaturan Hp Android

Selain dari aplikasi whatsapp, ada juga cara menghapus cache WhatsApp di HP Android lainnya yang bisa pengguna lakukan dengan cara yang mudah dan praktis, yaitu dengan langsung ke menu Pengaturan di Hp Android.

Disetiap HP berbasis Android biasanya memiliki versi sistem operasi yang berbeda. Namun secara umum panduannya hampir sama, berikut langkah-langkahnya untuk membersihkan cache WhatsApp melalui pengaturan.

  • Buka menu Pengaturan di Hp kalian
  • Klik pada opsi ‘Aplikasi’
  • Cari dan ketuk aplikasi Whatsapp
  • Pilih opsi ‘Penyimpanan’
  • Kalian bisa memilih opsi ‘Hapus Memori’
  • Cache WhatsApp pun berhasil terhapus.
  • Perlu diingat, pengguna disarankan untuk tidak memilih opsi ‘Hapus Data’. Karena opsi tersebut akan mengeluarkan akun WhatsApp secara otomatis dan seluruh pesan akan terhapus.

Demikianlah penjelasan mengenai Cara Membersihkan Cache Whatsapp Di Hp Android semoga bisa membantu dan bermanfaat bagi kalian semua, sekian dan terimakasih.

Gallery for Cara Membersihkan Cache Whatsapp Di Hp Android

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *