Cara Edit Video Pemula Menggunakan Aplikasi KineMaster

cpzlab.com – Hallo sobat semua, bertemu kembali dengan admin yang akan memberikan informasi terbaru mengenai cara edit video bagi pemula menggunakan aplikasi KineMaster.

Sekarang ini edit video sudah menjadi hal yang biasa untuk dilakukan. terlebih sekarang ini banyaknya aplikasi edit video, hal ini mempermudah pengguna smartphone untuk bisa mengedit tanpa melalui proses editing yang terbilang rumit. salah satunya aplikasi KineMaster.

Salah satu fitur aplikasi ini yang sering dipakai oleh YouTuber gaming adalah chroma key. Selain itu, di aplikasi ini Anda juga bisa menggabungkan frame, memberikan efek suara, tambahan effevt keren, dan tutorial KineMaster lainnya.

Dalam layanannya, KineMaster menyediakan opsi gartis dan berbayar. Dengan membayar sebesar Rp 53.000 per bulan, Anda aqkan diberikan fitur yang lebih lengkap.

kendati demikian, untuk versi gratisnya pun Anda tetap bisa melakukan berbagai cara menggunakan KineMaster, Mulai dari menambahkan backsound, teks, dan masih banyak lagi.

Baca juga:

Berikut ini adalah tutorial cara mengedit video secara dasar:

1. Membuat File project Video Baru

Tentunya hal dasar yang perlu Anda ketahui adalah membuat file project video baru. Nah, untuk tutorial KineMaster mengenai cara membuat file project baru, berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Unduh aplikasi KineMaster.
  • Buka aplikasi KineMaster.
  • Pilih ikon menu Create yang ada di bagian tengah.
  • Pilih ukuran video yang hendak Anda bikin.
  • Mulai dari 16:9, 9:16, atau 1:1.

2. Memasukan Video ke Dalam project

Setelah file project berhasil dibuat, maka selanjutnya Anda akan dibawa masuk ke halaman Edit KineMaster.

Namun, disini Anda belum bisa melakukan pengeditan apapun karena diharuskan untuk telebih dahulu memilih file video yang akan di edit. Anda bisa memilih video lucu atau apapun sesuka yang Anda inginkan.

Agar lebih jelasnya mengenai cara menggunakan aplikasi KineMaster untuk memasukan video ke dalam project, Anda bisa simak langkah-langkah sebagai berikut:

Pada halaman Edit KineMaster, nantinya opsi Media akan langsung terbuka.

Anda tinggal cari dan pilih file video yang hendak di edit.

Kemudian tekan ikon centang yang terdapat di pojok kanan atas.

Baca juga: Harga dan Spesifikasi HP Vivo Y20

3. Memotong Frame yang Tidak Diinginkan

Anda merasa video terlalu panjang, atau Anda ingin memotong bagian video yang dirasa tal penting? Kalau begitu, saatnya Anda melakukan cara mengedit video di Kinemaster untuk meng-cut bagian tersebut!

Tap video yang hendak Anda edit hingga muncul frame berwarna kuning pada file video.

Lalu pilih simbol Gunting pada sisi kanan atas.

Perhatikan baik-baik opsi pemotong yang akan Anda pilih sebelum meng-cut video agar tidak salah potong.

Nah, biar Anda tidak terlalu bingung, berikut kami jelaskan satu per satu arti dari masing-masing opsi pemotongan yang tersedia di KineMaster.

Trim to playhead. kalau Anda memilih opsi ini, video di sebelah kiri garis crop akan terhapus, menyisakan video di sebelah kanan garis crop.

Trim to right of playhead. Kalau Anda memilih opsi ini, video di sebelah kanan garis crop akan terhapus, menyisakan video di sebelah kiri garis crop.

Split and Insert Freeze Frame. Kalau Anda memilih opsi ini, video akan terpotong menjadi dua tepat pada garis crop.

Split and Insert Freeze Frame. Kalau Anda memilih opsi ini, video akan terpotong menjadi dua tepat pada garis crop, sementara tepat padda garis crop akan muncul new frame untuk memasukkan video baru.

Demikianlah pembahasan mengenai cara mengedit video bagi pemula menggunakan aplikasi KineMaster, semoga artikel ini bermanfaat dan sampai bertemu kembali di artikel kami berikutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *