Menteri Ketenagakerjaan Ida optimis industri kreatif bisa bertahan di tengah pandemi

oleh -0 views
24553 kemnaker



24553 kemnaker

cpzlab.com – Pandemi Covid-19 memberikan pukulan bagi perekonomian Indonesia dan dunia kerja, termasuk sektor industri kreatif.

Namun, Menteri Tenaga Kerja (Menaker), Ida Fawzia, meyakini industri kreatif akan mampu menjawab tantangan pandemi COVID-19 dengan cara yang kreatif.

“Bukan industri kreatif jika kita tidak bisa mengatasi tantangan pandemi Covid-19 dengan cara yang kreatif,” kata Ida saat menjadi narasumber dalam podcast virtual VoCraf, Kamis (22/7/2021).

Menurut Ida, ada tiga hal yang perlu terus diupayakan industri kreatif untuk menjawab tantangan pandemi COVID-19.

Baca juga:
Untuk mendukung kebangkitan industri kreatif, RKC meluncurkan BIMA-S Mainan Toys

Pertama, pemanfaatan teknologi dan informasi. Pelaku industri kreatif harus adaptif dalam mengembangkan dan mendistribusikan karyanya melalui pemanfaatan teknologi dan informasi.

“Sikap adaptif terhadap perubahan melalui pemanfaatan teknologi dan informasi akan berperan penting bagi masa depan industri kreatif,” ujarnya.

Kedua, industri kreatif harus berkolaborasi. Kolaborasi merupakan salah satu metode yang paling populer saat ini karena dalam rencana kolaborasi, perwakilan industri kreatif dapat saling berbagi ide dan sumber daya dengan tujuan untuk saling mempromosikan karya kreatif.

Terakhir, pelaku industri kreatif harus mampu meningkatkan efisiensi dan memanfaatkan fleksibilitas. Karena sifat kreatif dan inovatif akan muncul jika mereka memiliki kompetensi dan keterampilan.

“Oleh karena itu, kompetensi dan skill para pelaku industri kreatif harus terus diasah,” ujarnya.

Baca juga:
Bantu industri kreatif bangkit di tengah pandemi, ini langkah Klub Prost

Lebih lanjut ia menyatakan bahwa industri kreatif memiliki masa depan yang sangat cerah karena kreativitas merupakan salah satu keterampilan yang paling dibutuhkan dalam pekerjaan masa depan.



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *