Inilah kelebihan berinvestasi dibandingkan menabung

oleh -0 views


5 keuntungan berinvestasi daripada menabungŲ§
Foto: Pixabay.com



Apakah Anda mencari keuntungan berinvestasi dibandingkan menabung? Berinvestasi dan menabung sebenarnya saling menguntungkan karena melakukan keduanya berarti menghemat uang. Namun, kita harus menyadari bahwa berinvestasi dan menabung adalah dua hal yang berbeda karena ada yang menganggap keduanya adalah hal yang sama.

Berinvestasi adalah cara untuk mendapatkan keuntungan di masa depan dengan berinvestasi di satu perusahaan atau lainnya. Sedangkan menabung hanya sebatas menyimpan uang dengan tujuan menambah jumlah tanpa keuntungan apapun karena jumlahnya akan sama.

Berinvestasi biasanya dilakukan oleh orang yang mengerti seluk beluk dunia keuangan. Pada umumnya mereka berasal dari kalangan atas, tapi sekarang siapa saja bisa berinvestasi.

Padahal siapa saja bisa menabung mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Meskipun keduanya sama-sama bagus, ada banyak keuntungan berinvestasi dibandingkan menabung. Hal ini dapat mengubah cara berpikir Anda dari hanya menabung di awal, menjadi investasi.

Keuntungan berinvestasi daripada menabung

1. Nilai aset akan tumbuh lebih cepat

Seperti disebutkan sebelumnya, investasi akan tumbuh dalam nilai aset awal investor. Sehingga ketika seorang investor menanamkan modalnya pada suatu perusahaan, dan perusahaan tersebut dalam keadaan berkembang pesat, maka nilai investasi tersebut tentunya akan semakin besar. Berbeda dengan tabungan, tidak ada perubahan nilai tabungan yang disetorkan sebelumnya. Nilainya akan tetap sama, terlepas dari kondisi tempat/bank di mana tabungan akan dilakukan.

2. Keamanan yang baik

Dengan berinvestasi, dana yang diinvestasikan akan aman karena berada dalam pengawasan Otoritas Jasa Keuangan. Jadi Anda tidak perlu khawatir kehilangan uang dalam sekejap. Namun, perlu juga diperhatikan bahwa pihak yang akan diinvestasikan tidak boleh berbohong atau curang. Hal ini tentu akan merugikan investor. Oleh karena itu, sebaiknya periksa kredibilitas pihak tersebut, baik langsung ke Otoritas Jasa Keuangan. Sedangkan jika pada kenyataannya tabungannya sama, akan tetap aman, tetapi jika menabung di bank. Bagaimana bagi yang menabung untuk perorangan atau lembaga yang belum kredibel, tentu akan sangat berbahaya. Mereka mungkin mengambil uang yang mereka simpan.

3. Dijalankan oleh para profesional untuk mendapatkan keuntungan

Ketika seorang investor berinvestasi dan dikelola dengan baik, dia pasti akan menghasilkan keuntungan yang besar. Oleh karena itu, pastikan pihak pengelola dana investasi tersebut sudah memiliki reputasi yang baik, sehingga dapat menahan asetnya di kemudian hari. Jika Anda menabung, meskipun dikelola oleh seorang profesional, nilainya akan tetap sama dan tidak akan berubah sama sekali.


4. Resistensi inflasi

Inflasi sering menjadi momok bagi siapa saja yang sering menabung. Jika terjadi inflasi, maka dengan turunnya nilai uang, maka otomatis nilai uang yang ditabung juga akan turun. Sedangkan melalui investasi nilainya tidak akan terpengaruh oleh inflasi. Ini adalah salah satu keuntungan berinvestasi daripada menabung.

5. Cepat Kaya

Masih terkait dengan angka pertama di atas, investasi ini akan meningkatkan nilai aset yang dimiliki sehingga berdampak pada kekayaan yang dimiliki. Berinvestasi adalah cara untuk mendapatkan keuntungan tanpa harus melakukan apapun. Soal menabung, jika Anda menabung secara rutin, kekayaan akan bertambah. Namun dari sisi kuantitas, investasi masih lebih unggul.

Dengan penjelasan di atas, dapat menjadi gambaran betapa menguntungkannya jika Anda melakukan investasi. Sebelum melakukan ini, belajar dulu dari orang yang berpengalaman agar Anda tidak salah langkah.

Jika Anda ingin mengenal kami lebih jauh, Anda dapat menemukan kami di Indonesia Dan Situs jejaring sosial Facebook.






Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *