10 Tips Membangun Bisnis Kafe yang Menguntungkan

oleh -1 views
bisnis cafe 01


Saat ini kedai kopi sudah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat Indonesia, khususnya di kalangan anak muda. Dengan semakin meningkatnya minat masyarakat terhadap kedai kopi ini, maka bisnis kedai kopi memiliki peluang yang besar.

Kedai kopi adalah tempat untuk berkumpul dengan teman-teman atau hanya duduk sendiri dan menikmati secangkir kopi. CpzLab bisa memilih bisnis ini, apalagi kalau di lingkungan tempat tinggal CpzLab tidak ada warung kopi atau tempat nongkrong sejenis.

Lalu bagaimana cara memulai usaha warnet ini dan apa saja tips yang harus dilakukan untuk mensukseskan bisnis ini? Untuk mengetahui jawabannya, mari kita simak penjelasannya di bawah ini:

Peluang bisnis kafe

Daftar Isi

kafe bisnis
10 Tips Membangun Bisnis Kafe yang Menguntungkan 4

Seperti yang telah dijelaskan di atas, bisnis kedai kopi memiliki peluang yang menjanjikan. Berikut adalah beberapa alasan mengapa bisnis ini menjadi peluang yang menjanjikan:

1. Pasar yang luas

Alasan nomor satu mengapa bisnis coffee shop atau kedai kopi memiliki peluang yang menjanjikan adalah karena bisnis ini memiliki pasar yang luas. Hal ini dikarenakan kopi digandrungi oleh semua kalangan, baik pria, wanita, dewasa, tua maupun muda.

Mengingat luasnya pasar yang dimiliki perusahaan coffee shop ini tentunya akan berdampak pada volume penjualan yang akan dimiliki CpzLab. Untuk dapat memiliki pasar yang luas dan penjualan yang besar, pastikan kopi yang dijual Kawan CpzLab memiliki rasa yang enak.

2. Bisnis kedai kopi memiliki omzet harian yang mudah

Selain memiliki pasar yang luas, bisnis coffee shop juga bisa memberikan omzet harian yang mudah didapat. Dengan membuka kedai kopi setiap hari, Kawan CpzLab Café juga akan mendapatkan omzet setiap harinya.

Omset harian juga bisa meningkat di akhir pekan atau akhir pekan. Selain itu, kafe di area staf memiliki peluang turnover pagi yang lebih besar karena kebiasaan minum kopi di pagi hari untuk staf kantor.

Tidak seperti restoran atau tempat makan lainnya, kedai kopi memiliki menu yang lebih sederhana. CpzLab tidak perlu menyiapkan menu berat seperti aneka nasi atau lauk pauk lainnya, cukup menu berbagai jenis kopi, teh hijau, milkshake dan lainnya.

Untuk extra food, Kawan CpzLab bisa membuatkan menu snack atau snack untuk teman ngopi, antara lain burger, kentang goreng, bakpao, orti dan lainnya.

4. Tempat utama yang nyaman

Selain menjual kopi dan jajanan lainnya, kedai kopi atau kafe juga menjual tempat. Intinya kenyamanan tempat diperhitungkan oleh konsumen.

Tempat yang nyaman merupakan trend yang sedang berkembang di masyarakat dan menjadi daya tarik tersendiri. Untuk menambah kenyamanan ini, Kawan CpzLab dapat membuat tempat Instagram, WiFi gratis, colokan listrik, dll.

Setelah mengetahui peluang yang ditawarkan kedai kopi ini, bagaimana Anda memulai bisnis ini? Berikut cara memulai bisnis café yang bisa dilakukan Kawan Cleido:

10 tips untuk membuat kedai kopi yang sukses

pekerjaan kedai kopi
10 Tips Membangun Bisnis Kafe yang Menguntungkan 5

Nah, agar bisnis kedai kopi milik CpzLab bisa sukses dan mampu bersaing dengan kompetitor, berikut beberapa tips yang bisa Anda terapkan pada bisnis CpzLab:

1. Pilih lokasi usaha kedai kopi yang strategis

Tips nomor satu yang harus dilakukan Kawan CpzLab agar bisnis kedai kopinya sukses adalah memilih lokasi yang strategis. Berada di tempat yang ramai dan dekat dengan jalan raya akan menjadi nilai plus sehingga kedai kopi mudah ditemukan.

Jangan lupa untuk melengkapi tempat yang nyaman bagi pengunjung kafe. Misalnya dilengkapi dengan tema tertentu atau tambahan tanaman hijau yang membuat tampilan kafe menjadi lebih keren.

2. Lengkapi bisnis kedai kopi dengan Lesehan yang santai

Seperti yang telah kami jelaskan sebelumnya, kenyamanan merupakan bagian penting bagi pengunjung kafe, dan Kawan CpzLab juga dapat melengkapi kafe dengan pilihan duduk di lantai. Pisahkan bagian lesehan ini dari bagian lain yang menggunakan meja dan kursi, Kawan CpzLab juga bisa menambahkan bantal atau bean bag di bagian lesehan ini.

3. Berikan dekorasi yang unik dan Instagramable

Tips ketiga yang bisa diterapkan agar bisnis coffee shop sukses adalah dengan memberikan dekorasi unik di Instagram. Di era digital seperti sekarang ini, kedai kopi tidak hanya dijadikan sebagai tempat nongkrong dan ngopi, tapi juga sebagai tempat selfie.

Jadi, kafe dengan dekorasi unik pasti akan lebih disukai daripada kafe dengan dekorasi sederhana. Pilih tema tertentu dan hiasi Kawan CpzLab Cafe sesuai tema agar terlihat cantik sebagai background foto Instagram Anda.

Biasanya kedai kopi memiliki menu dasar yang berbeda dengan kedai kopi lainnya. CpzLab juga harus mempertimbangkan hal ini untuk diterapkan dalam bisnis CpzLab.

Mengutamakan cita rasa yang enak dan unik, serta tampilan yang menarik agar pengunjung tertarik dan berpeluang lebih besar untuk kembali lagi.

5. Pembelian bahan baku dalam jumlah besar

Untuk menghemat pengeluaran, Kawan CpzLab dapat membeli bahan baku yang dibutuhkan dalam jumlah besar. Semakin banyak bahan yang Anda beli, semakin murah harganya, Kawan Cleido.

Pembelian dalam jumlah besar juga dilakukan untuk mengatasi kehabisan bahan baku sewaktu-waktu. Kawan Cleido bisa menyimpan stok barang dan saat pengunjung ramai tidak perlu khawatir kehabisan bahan baku untuk makanan dan minuman.

6. Mulai kedai kopi dengan kekuatan Anda sendiri

Pada awal memulai bisnis, ada baiknya memulai Kawan CpzLab dengan kekuatannya sendiri. Melakukan semuanya sendiri dapat menghemat uang karena tidak membebani gaji karyawan.

Nanti ketika bisnis Kawan CpzLab berkembang dan memiliki banyak klien, Kawan CpzLab bisa mulai merekrut karyawan. Pilih karyawan yang dapat diandalkan yang dapat membantu mengembangkan kedai kopi dan dapat melayani pelanggan dengan ramah.

7. Strategi pemasaran yang tepat

Pemasaran atau marketing merupakan bagian penting dari sebuah bisnis, termasuk bisnis kedai kopi ini. Sobat CpzLab harus menerapkan strategi pemasaran yang tepat agar perusahaan dapat terus beroperasi dengan lancar.

Sahabat CpzLab bisa melakukan analisa pasar atau membuat rencana pemasaran untuk menyusun strategi yang tepat. Nah, untuk lebih jelasnya mengenai strategi pemasaran ini, Sobat Cleido bisa membacanya di artikel di sini.

8. Kerjasama dengan investor

Bagi Kawan Cleido yang memiliki perusahaan coffee shop atau memiliki ide untuk memulai bisnis coffee shop namun modalnya masih terbatas, kerjasama dengan investor bisa menjadi pilihan. Teman CpzLab bisa dimulai dari orang terdekat, seperti keluarga atau teman.

Selain teman dan keluarga, Kawan CpzLab juga bisa mencari investor swasta. Baca di sini untuk informasi lebih detail.

9. Pengiriman pesanan online

Di tengah pandemi Covid-19 saat ini, pembukaan kafe dibatasi karena harus menghindari keramaian untuk mencegah penularan virus. Fasilitas delivery service bisa menjadi solusi bagi bisnis Kawan CpzLab Cafe.

Anda bisa mendaftarkan bisnis CpzLab Anda di aplikasi memasak online atau membuka layanan terpisah melalui media sosial atau WhatsApp. Dengan penambahan fasilitas layanan ini, pemesanan makanan atau minuman tentunya akan lebih mudah dan berdampak pada peningkatan pendapatan CpzLab.

10. Manajemen keuangan bisnis kedai kopi yang baik

Terakhir, pastikan CpzLab mengelola keuangan bisnis Anda dengan baik. Manajemen bisnis adalah bagian yang sangat penting dari bisnis.

Jangan sampai keuntungan yang didapat kecil meski volume penjualannya besar. Juga, jangan lupa untuk memisahkan dana pribadi dari pendapatan di warnet.

Untuk memudahkan sobat CpzLab bisa menggunakan software akuntansi CpzLab. CpzLab dilengkapi dengan banyak fitur akuntansi yang pasti akan membuat pengelolaan keuangan menjadi sangat mudah.

Kafe
10 Tips Membangun Bisnis Kafe yang Menguntungkan 6

Agar Kawan CpzLab tidak bingung dengan menu yang harus ada di kedai kopi, berikut beberapa rekomendasi menu yang bisa menjadi pilihan untuk bisnis Kawan CpzLab:

1. Espresso

espreso Ini menjadi salah satu menu penting di kedai kopi atau kafe. Espresso sendiri berasal dari bahasa Italia yang artinya kecepatan.

Banyak orang yang baru pertama kali berkunjung ke kedai kopi terkejut saat menerima espresso yang diincar karena espresso disajikan dalam cangkir kecil dan memiliki rasa yang pahit.

2. Macchiato

Macchiato adalah menu yang memadukan espresso dan susu. Jadi daftar ini sangat cocok untuk para Quan Kalido yang masih ingin menikmati kopi namun dengan rasa yang lebih manis.

3. Latte

Latte dan Macchiato mengandung perpaduan kopi yang sama dengan susu. Bedanya, macchiato menekankan rasa susu, sedangkan latte menekankan rasa kopi.

4. Cappucino

Siapa yang tidak kenal dengan menu cappucino yang satu ini? Cappuccino merupakan menu yang selalu hits di dunia kopi, baik yang dijual di kedai kopi maupun dijual dalam bentuk bubuk kopi sachet.

Cappucino sebenarnya sama dengan daftar kopi di atas, namun yang membedakan adalah takarannya, yakni 1/3 espresso, 1/3 milk, dan 1/3 milk foam. Variasinya lagi, menu cappuccino ini tidak memiliki busa artistik di atas kopinya.

5. Mocha

Sama seperti yang lainnya, moka juga menjadi menu yang sangat populer di dunia kopi. Moka ini dibuat dari perpaduan espresso, susu dan coklat yang menciptakan rasa manis dan aroma kopi.

6. Afogato

Ingin mencoba kombinasi es krim dengan kopi? Affogato bisa menjadi pilihan yang tepat.

Dalam menyajikan es krim dan kopi dalam alpukat, ditempatkan dalam cangkir terpisah dan cara meminumnya adalah dengan menuangkan kopi di atas es krim.

7. Americano

An Americano adalah menu kafe yang sering muncul di drama Korea. Karakter dalam drama Korea biasanya memesan secangkir Americano panas setiap pagi dan di sore hari mereka memesan Americano dingin.

Americano adalah minuman yang dibuat dengan mencampurkan espresso dengan air panas. Rasa kopi dalam espresso masih sangat jernih karena tidak mengandung bahan tambahan selain air panas atau es.

8. Milkshake

Jika Kawan CpzLab menganggap kedai kopi hanya untuk penikmat kopi, maka Kawan CpzLab salah. Masih ada beberapa pilihan menu untuk non-peminum kopi, yaitu milkshake.

Milkshake adalah minuman yang terbuat dari campuran susu, es krim dan sirup yang dikocok hingga berbusa.

9. Jus buah

Meski banyak orang yang mengolok-olok memesan jus buah di kedai kopi, jika Kawan CpzLab tidak minum kopi, dia tetap bisa memesan jus buah itu sebagai pilihan. Sama seperti jus buah pada umumnya, jus buah di kedai kopi terbuat dari kombinasi buah, susu, dan gula.

10. Cokelat Panas/Es

Pilihan menu minuman di kafe yang terakhir adalah hot/ice chocolate. Hot/Iced Chocolate adalah daftar minuman yang terbuat dari campuran bubuk kakao dengan gula dan tambahan air atau susu hangat.

kesimpulan

Demikian tadi penjelasan mengenai tips bisnis coffee shop yang bisa Anda lakukan agar bisnis coffee shop Anda bisa sukses. Jangan lupa untuk mengelola keuangan bisnis CpzLab Anda dengan software akuntansi CpzLab.

CpzLab dilengkapi dengan banyak fitur akuntansi yang akan memudahkan pengelolaan keuangan. Plus, penyimpanan berbasis cloud CpzLab memungkinkan teman CpzLab mengelola keuangan dari mana saja, termasuk saat mereka sedang berlibur.

Tunggu apa lagi, ayo daftar di CpzLab sekarang juga dan nikmati semua fasilitasnya.



Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *