Variabel Delta berpengaruh, BI prediksi pertumbuhan ekonomi 3,5-4,3 persen

oleh -1 views
BI Turunkan Suku Bunga Acuan Jadi 525 Persen Dery Ridwansah 6 e1574411897585


CpzLab.com – Gubernur Bank Indonesia (BI) Peri Warjiu memperkirakan pertumbuhan ekonomi Indonesia diperkirakan turun dari sebelumnya menjadi 3,5 persen menjadi 4,3 persen. Hal ini dikarenakan penyebaran virus Covid-19 tipe delta.

“Bank Indonesia memperkirakan pertumbuhan ekonomi pada 2021 sebesar 3,5 persen – 4,3 persen dari perkiraan sebelumnya sebesar 4,1 persen – 5,1 persen,” katanya dalam konferensi pers virtual, Kamis (22/7).

Perry menjelaskan hingga triwulan II 2021 perbaikan ekonomi akan terus berlanjut, terutama didorong oleh peningkatan kinerja ekspor, belanja fiskal, dan investasi nonbangunan. “Perkembangan sejumlah indikator pada Juni 2021 seperti penjualan ritel dan PMI menunjukkan perekonomian domestik masih dalam pemulihan,” katanya.

Kemudian lanjutnya, pada triwulan III tahun 2021 pertumbuhan ekonomi diperkirakan akan lebih rendah terkait dengan kebijakan pembatasan pergerakan yang harus diambil pemerintah untuk mengatasi meningkatnya penyebaran varian delta Covid-19.

“Penurunan pertumbuhan terutama terjadi pada konsumsi rumah tangga karena terbatasnya mobilitas, di tengah meningkatnya stimulus bantuan sosial dari pemerintah, dan berlanjutnya kinerja ekspor yang kuat,” ujarnya.

Namun, kata Berry, pada kuartal terakhir tahun 2021, pertumbuhan ekonomi diperkirakan akan kembali meningkat, didorong oleh peningkatan mobilitas sejalan dengan percepatan vaksinasi dan penerapan protokol kesehatan, berlanjutnya stimulus kebijakan, dan terus membaiknya kinerja ekspor.

Editor: Estu Suryowatiyo

Reporter: Romis Pinkasry



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *