Stok beras nasional aman, panen besar berlanjut di beberapa sentra

oleh -2 views
11569 kementan



11569 kementan

Suara.com – Kementerian Pertanian (Kementan) memastikan ketersediaan beras nasional aman dan terkendali. Artinya, tidak akan terjadi kelangkaan mengingat masih berlangsungnya panen di sejumlah daerah.

Menteri Pertanian (Mintan), Syaher Yassin Limbu mengatakan, musim panen untuk musim tanam kedua terjadi hampir di semua daerah. Terutama di sejumlah sentra padi seperti Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, Sumatera Barat dan juga pulau Sulawesi.

“Masuknya musim panen berarti stok beras kita bertambah. Karena itu, selama data yang kita miliki dan hasil aplikasi di lapangan, insya Allah semuanya terkendali, karena stok beras terkontrol dengan baik, Menteri Pertanian di Istana Bogor mengatakan setelah meminta kepada Presiden (Jokowi) Dalam keadaan apapun, kita bisa menyiapkan stok pangan kita untuk memenuhi kebutuhan 270 juta orang.” Melaporkan stok beras nasional kepada Presiden Joko Widodo pada Kamis (22/7/2021).

Menurut data yang dirilis BPS dan juga diolah Kementerian Pertanian, produksi beras Juni sebanyak 2,59 juta ton, selain stok saat ini 10,6 juta ton pada akhir Juni 2021.

Baca juga:
Warga Sumut mendapatkan 10 kg bantuan sosial beras yang diserahkan oleh PT Pos

Kondisi persediaan hingga akhir tahun 2020 sebesar 7,3 juta ton, perkiraan produksi dalam negeri 30,8 juta ton, dan perkiraan permintaan sebesar 29,6 juta ton dengan surplus 8,5 juta ton.

Menurut SYL, beras merupakan kebutuhan utama yang harus dikelola dengan baik dan benar. Oleh karena itu, Kementan terus bersama unsur pemerintah daerah melakukan upaya peningkatan produktivitas. Diantaranya adalah sentuhan teknologi, penambahan jumlah mesin, kemudian peningkatan kapasitas SDM dan penggunaan varietas unggul benih.

“Dengan cara ini kami yakin produksi beras kami akan meningkat tajam,” kata SYL. “Apalagi sekarang dengan dimulainya panen padi kedua. Artinya gudang Bulog akan penuh.”

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau gudang beras Bulog di kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara, Rabu. Di sana, Jokowi memastikan kebutuhan stok beras nasional saat ini dalam kondisi aman dan terkendali.

“Saya pastikan stok beras nasional cukup, Pak Kepala Logistik tadi bilang stok di Bolog 1,373 juta ton, artinya stok kita cukup,” kata Jokowi.

Baca juga:
Menteri Pertanian: Kita harus membela rakyat dengan menyediakan makanan yang baik

Sebagai informasi, Kementerian Pertanian telah merumuskan 5 cara kerja (CB) di sektor pertanian selama wabah, sebagai upaya untuk menyediakan pangan dan menghidupkan kembali perekonomian nasional, salah satunya melalui peningkatan kapasitas produksi, terutama percepatan pertanian dan perluasan. . peternakan baru.





Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *