Sri Sultan: Tidak ada sanksi pidana untuk PPKM Level 4 DIY, hanya teguran

oleh -1 views


Sri Sultan: Tidak ada sanksi pidana untuk PPKM Level 4 DIY, hanya teguran
Warga berfoto di jalan tertutup Margo Otomo di Yogyakarta, Rabu (7/7/2021). Foto: Andreas Vietri Atmoko / Foto Antara

PPKM Level 4 akan dilaksanakan di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) hingga 25 Juli mendatang. Namun, dalam kebijakan ini, Pemda DIY tidak akan menerapkan sanksi berat seperti sanksi pidana bagi pelanggarnya.

"Kalau kita tidak punya (ada sanksi pidana). Kami hanya peringatan. Tidak ada penjahat yang datang" Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengkubuwono (HB) X di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kepatihan DIY, Kamis (22/7).

Pemerintah Daerah DIY tidak mengenakan denda apapun. Hanya daerah/kota yang boleh menerapkan hukuman ini jika diperlukan.

"Belum (tidak ada denda). Apakah di tingkat kedua atau tidak? (tergantung pada) lingkungan / kota," kata Sri Sultan.

Sri Sultan: Tidak ada sanksi pidana untuk PPKM level 4 di DIY, hanya teguran (1)
Gubernur Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X Foto: Arfiansyah Panji Purnandaru/kumparan

Pemerintah Daerah DIY kini telah menerbitkan Surat Edaran No. 41/SE/VII/2021 tentang penerapan pembatasan kegiatan masyarakat dan percepatan vaksinasi masyarakat.

Dalam SE yang ditujukan kepada Wali Amanat/Walikota, ada satu poin yang menyatakan bahwa Satpol PP dituntut untuk menjalankan tugasnya secara manusiawi.

"Menata jajaran Satpol PP di kecamatannya untuk mengutamakan langkah-langkah profesional, kemanusiaan dan persuasif dalam pelaksanaan PPKM," Skor Suara di SE.

"Penegakan hukum/disiplin yang tegas namun santun dan simpatik kepada orang yang melanggar ketentuan PPKM dan dilarang menggunakan kekerasan yang sebaliknya akan melanggar hukum," Dia menyelesaikan.



Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *