Sri Mulyani menerima subsidi upah untuk karyawan yang diberhentikan

oleh -0 views
Menkue Sri Mulyani Indrawati Dery Ridwansah 1 1


JawaPos.com – Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengatakan pemerintah akan memberikan bantuan kepada pekerja yang terdampak Covid-19. Bantuan ini berupa subsidi upah bagi mereka yang terkena pemutusan hubungan kerja (PHK), pemutusan hubungan kerja, atau pekerja dengan pengurangan jam kerja.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan pelaksanaan keputusan ini sedang dibahas dengan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian dan Kementerian Tenaga Kerja. “Kami masih merancang untuk membantu subsidi upah bagi pekerja yang diberhentikan, dikurangi jam kerja, atau diberhentikan,” katanya dalam konferensi pers virtual, Rabu (21/7).

Sri Mulyani menjelaskan, kebijakan tersebut akan diterapkan untuk membantu pekerja yang perusahaannya termasuk dalam sektor yang terkena pembatasan akibat pandemi. “Program bantuan tersebut akan selesai dalam waktu dekat,” katanya.

Sebelumnya, Ketua Umum Asosiasi Pengelola Pusat Perbelanjaan Indonesia (APPBI) Alfonzos Widjadja mengatakan para pengusaha telah meminta pemerintah kembali mengucurkan subsidi upah. Pasalnya, pengusaha saat ini kesulitan membayar karyawannya, termasuk mereka yang diberhentikan di tengah jam tutup mal.

Menurut dia, untuk membantu pengusaha membayar gaji, pihaknya membutuhkan subsidi upah tidak kurang dari 50 persen dari total gaji setiap pekerja. Hal ini dapat diberikan langsung kepada tenaga kerja melalui BPJS Ketenagakerjaan.

Namun, Presiden Asosiasi Pengusaha Indonesia (Abindo) Haridi Sukmdani menilai kebijakan subsidi upah sebelumnya masih salah. Sebab, sebelumnya subsidi upah berupa bantuan langsung kepada pekerja. Namun, pengusaha tetap diwajibkan membayar gaji kepada pekerjanya.

“Jadi kalau bisa, seperti subsidi negara untuk gaji yang akan menjadi beban perusahaan,” ujarnya.

Editor: Banu Adikara

Reporter: Romis Pinkasry





Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *