PPKM darurat diperpanjang, ini adalah bidang usaha yang bisa beroperasi setelah 25 Juli

oleh -0 views


TEMPO.CO, Jakarta – Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengumumkan perpanjangan masa berlaku pembatasan kegiatan masyarakat atau PPKM Darurat hingga 25 Juli 2021. Pelonggaran baru akan dilakukan pada 26 Juli jika kasus berkurang.

"Karena itu, jika tren kasus terus mengalami penurunan, maka tanggal 26 Juli 2021, pemerintah akan melakukan pembukaan bertahap," kata Jokowi dalam konferensi pers virtual pada Selasa, 20 Juli 2021.

Dalam kesempatan itu, Jokowi menjelaskan sektor-sektor yang diperbolehkan kembali beroperasi beserta aturannya.

Pertama, untuk pasar trandisional yang menjual bahan pokok sehari-hari. Jam operasionalnya sampai  pukul 20.00 dengan kapasitas 50 persen dan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Kemudian, untuk pasar tradisional selain yang menjual kebutuhan pokok sehari-hari jam operasionalnya sampai  pukul 15.00 dengan kapasitas pengunjung dan aturan yang sama.

Kedua, untuk warung makan, pedagang kaki lima, warung pedagang kaki lima dan sejenisnya, tempat kerja mereka berada di ruang terbuka. Jam operasional hingga pukul 21.00 dengan kapasitas makan maksimal 30 menit dan menerapkan protokol kebersihan yang ketat.

Ketiga, untuk pedagang kaki lima, pedagang grosir, agen atau gerai kupon, barbershop, laundry dan pedagang kaki lima, BengkelPencucian kendaraan dan usaha kecil sejenis lainnya. Jam buka hingga pukul 21.00 dengan menerapkan protokol sanitasi yang ketat. Pengaturan teknis akan diatur oleh pemerintah daerah.