Mengapa Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia memberikan pengecualian dua hari untuk peraturan yang melarang pekerja asing ke Indonesia?

oleh -1 views
47950 menkumham yasonna laoly



47950 menkumham yasonna laoly

Suara.com – Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Minkumham) Yasuna Laoli mengumumkan pekerja asing yang tergabung dalam proyek strategis nasional tidak akan bisa masuk ke Indonesia mulai Rabu (21/7/2021). Namun, masih memberikan pengecualian dua hari.

Yasuna mengungkapkan telah berdiskusi dengan Menteri Luar Negeri (Menlo) Retno Marsudi tentang politik. Dari diskusi tersebut, kedua belah pihak sepakat bahwa diperlukan masa transisi selama dua hari.

“Saya sudah instruksikan kepada jajaran di bandara, laut dan udara, untuk memberikan dispensasi transisi dua hari karena baru diumumkan secara resmi hari ini,” kata Yasuna dalam konferensi pers yang disiarkan langsung di kanal YouTube Kemenko Marvis, pada Rabu. (21/7/2021).

Yasuna membenarkan bahwa pembebasan dua hari itu mengikuti kebijakan barunya yang baru saja diumumkan. Ini memberi waktu bagi tenaga kerja asing yang masih dalam perjalanan ke Indonesia.

Baca juga:
Warga Sumut mendapatkan 10 kg bantuan sosial beras yang diserahkan oleh PT Pos

“Tentu saja, itu tidak adil. Ada orang yang sedang dalam perjalanan untuk terbang dan tidak mungkin untuk segera mendeportasi kami, dan itulah yang kami lakukan.”

Aturan larangan masuknya tenaga kerja asing ke Indonesia diatur dalam Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Permenkumham) Nomor 27 Tahun 2021 tentang Pembatasan Orang Asing Masuk Wilayah Indonesia selama pemberlakuan pembatasan kegiatan darurat masyarakat.

Perluasan pembatasan orang asing yang masuk ke Indonesia ini dilakukan untuk menekan penyebaran COVID-19.

Namun dalam Permenkumham disebutkan bahwa hanya orang asing yang boleh masuk ke Indonesia adalah pemegang visa diplomatik dan dinas, pemegang izin tinggal diplomatik dan izin tinggal dinas, serta pemegang izin tinggal terbatas dan izin tinggal tetap.

Yasuna mengatakan orang asing dengan tujuan kesehatan dan kemanusiaan, serta kru transportasi yang datang dengan transportasi mereka sendiri.

Baca juga:
Pemerintah segera tracking dan test Covid-19 secara besar-besaran, ini daerah yang diincar

Birmingham ini juga menggantikan Birmingham No. 26 Tahun 2020 tentang visa dan izin tinggal dalam Masa Penyesuaian.





Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *