Larangan masuknya tenaga kerja asing ke Indonesia akan berlaku dalam dua hari ke depan

oleh -0 views
am yasonna laoly dalamj



am yasonna laoly dalamj

CpzLab.COM, JAKARTA – Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) telah mengumumkan larangan masuknya Tenaga Kerja Asing (TKA) ke wilayah Indonesia selama PPKM Level 3-4.

Namun, pemerintah baru akan menerapkan kebijakan tersebut dalam dua hari ke depan.

“Kebijakan ini, Permenkumham berlaku hari ini, 21 Juli, tapi setelah kita diskusikan dengan Menlu, kita butuh transisi dua hari. Kenapa transisi dua hari? Karena kita baru mengumumkan hari ini, tentu tidak adil kalau Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasuna Lawley mengatakan Dalam konferensi pers virtual, Rabu (21/7/2021), operasi penerbangan tidak mungkin dilakukan. Kami akan segera mendeportasinya.”

Yasuna menjelaskan, alasan pemberlakuan kebijakan larangan tenaga kerja asing oleh pemerintah baru ini karena mendapat masukan dari sejumlah pihak terkait.

Baca juga: Pemerintah akan meningkatkan tes dan tracing Covid-19 dalam waktu dekat

Politisi PDI-P itu berjanji akan tegas menegakkan kebijakan tersebut.

Dia menjelaskan, sebelumnya sudah ada pembatasan tenaga kerja asing, dan hanya tenaga asing yang diberikan kesempatan untuk mengerjakan proyek strategis nasional dengan rekomendasi kementerian/lembaga terkait dan tentunya masuknya sesuai dengan protokol COVID-19. .

Yasuna Permenkumham mengeluarkan No. 27 Tahun 2021 tentang Pembatasan Orang Asing Masuk Wilayah Indonesia dengan menerapkan pembatasan kegiatan darurat masyarakat.

Dalam peraturan yang resmi disahkan sejak 21 Juli 2021 ini, tenaga kerja asing yang sebelumnya masuk ke Indonesia sebagai bagian dari proyek strategis nasional tidak bisa lagi masuk ke Tanah Air.

Yasuna, dalam Permenkumham No. 27 Tahun 2021, menjelaskan bahwa hanya orang asing yang boleh masuk wilayah Indonesia adalah pemegang visa diplomatik dan dinas, pemegang izin tinggal diplomatik dan izin tinggal dinas, pemegang izin tinggal terbatas dan izin tinggal tetap, serta orang asing di kesehatan yang baik. tujuan kemanusiaan, serta kru transportasi yang datang dengan transportasi.

Birmingham ini juga menggantikan Birmingham No. 26 Tahun 2020 tentang visa dan izin tinggal dalam Masa Penyesuaian.

Di sisi lain, Yasuna juga menyatakan bahwa orang asing yang tergolong pengecualian dari Permenkumham juga membutuhkan rekomendasi dari kementerian/lembaga terkait untuk masuk ke Indonesia.

Ia mengatakan, Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Nomor 27 Tahun 2021 tidak lepas dari koordinasi antara dirinya dengan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, dan perubahannya dari Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Nomor 26 Tahun 2020 juga termasuk pegawai. dari Kementerian Luar Negeri dan Kementerian Perhubungan.





Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *