Lakukan lima hal jika Anda sudah terjerumus ke dalam pinjaman ilegal

oleh -1 views
PhotoGrid 1624440281434



PhotoGrid 1624440281434

Jika Anda menerima tagihan yang tidak etis seperti terorisme, intimidasi dan pelecehan karena pencemaran nama baik, segera blokir semua nomor kontak

PALU (Antara) – Jika masyarakat benar-benar terjebak dalam fintech atau pinjol lending ilegal, lakukan lima hal agar tidak, kata Jamal Abdul Kahar, Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Sulawesi Tengah. t kusut lagi.

“Pertama, lunasi segera. Karena jika tidak meminjam secara ilegal, Anda dapat mengintimidasi peminjam, seperti menelepon orang-orang tangguh di ponsel peminjam untuk memberi tahu peminjam untuk melunasi hutangnya, yang menyebabkan peminjam membuat peminjam di Palu pada Rabu,” katanya.

Kedua, lanjutkan, laporkan hal ini kepada Satgas Waspada Investasi (Satgas) dan kepolisian agar pinjaman ilegal ini segera ditindak agar tidak menimbulkan korban jiwa lebih lanjut.

Ketiga, jika tidak mampu melunasi, ajukan keringanan seperti pengurangan bunga, perpanjangan waktu dan hal-hal lain yang dapat memudahkan peminjam melunasi utangnya.

Keempat, jangan mencari pinjaman baru untuk melunasi utang lama, karena itu tidak akan menyelesaikan masalah malah menambah masalah baru yang bisa membuat beban peminjam semakin sulit untuk melunasi utangnya, ujarnya.

Kelima, kata Jamal, jika menerima tagihan amoral seperti teror, intimidasi, pelecehan dan fitnah, segera blokir semua nomor kontak yang mengirim teror.

“Kemudian berita orang yang memiliki kontak di ponsel peminjam diabaikan jika mereka menerima pesan dari pinjaman ilegal,” katanya.

Selanjutnya laporkan ke polisi dan lampirkan laporan polisi ke kontak grup yang masih muncul.

Jamal juga menanyakan kepada masyarakat apakah mereka telah melunasi hutangnya dengan pinjaman ilegal sehingga mereka tidak akan kembali meminjam, apalagi pinjaman ilegal sering memberikan bunga pinjaman yang melebihi nilai pinjaman, yang hanya menyebabkan mati lemas peminjam.
Baca Juga: Jual Beli KTP Selfie Marak, OJK-Polri Harus Tembak Peminjaman Ilegal
Baca Juga: Waspadai Serangan Hiu Pinjam dengan Jual Beli KTP Pribadi
Baca juga: Lawan Pinjaman Liar, Satgas Siaga Perkuat Penegakan Hukum
Baca juga: Agence France-Presse mengungkapkan bahwa pinjaman ilegal sangat agresif dalam memberikan pinjaman

Koresponden: Muhammad Arshindi
Redaktur: Muhammad Yusuf
Hak Cipta © Antara 2021



Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *