Kementan bantu budidaya Sanggau dengan Alsintan

oleh -0 views
pemberian alsintan di kab sanggau oleh kementan



pemberian alsintan di kab sanggau oleh kementan

TRIBUNNEWS.COM – Modernisasi pertanian berupaya melanjutkan tren Pertanian 4.0. Untuk mendukung hal tersebut, bantuan alat dan mesin pertanian (alsintan) telah disalurkan ke berbagai daerah, termasuk Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat.

Melalui Direktorat Jenderal Prasarana dan Pemanfaatan Pertanian (PSP), Kementerian Pertanian menyerahkan Alsintan kepada Poktan/Gapoktan di Kapp. Traktor roda 4 berbentuk Sanggau, traktor roda 2, semprotan tanganDan petani dan pompa air.

Menteri Pertanian Seraul Yassin Limbu berharap agar mekanisme tersebut dapat dikelola, dimanfaatkan, dan dirawat dengan baik.

Ia mengatakan, Rabu (21/7/2021), “Petani harus bisa meningkatkan dan memaksimalkan penggunaan mesin karena dengan penerapan mekanisasi pertanian, produksi dan produktivitas pertanian bisa meningkat.”

Dirjen Prasarana dan Utilitas Pertanian (PSP) Kementerian Pertanian, Ali Jamil, menjelaskan lebih lanjut soal itu.

“Pengelolaan dan pemanfaatan mekanisme yang baik dapat berdampak pada peningkatan pendapatan petani. Yang kita harapkan pasti berdampak pada peningkatan kesejahteraan,” ujarnya.

Ali menambahkan, perawatan dan pemeliharaan mekanisme tidak kalah pentingnya.

“Perawatan sangat penting. Perawatan yang baik akan membuat mesin lebih awet dan performanya meningkat,” ujarnya.

Sementara itu, Direktur Perusahaan Dua Tahun Direktorat Jenderal Polisi Pertanian Kementerian Pertanian Andy Nour Al-Masiya mengatakan, mesin pertanian dapat membantu mempercepat proses budidaya.

“Baik itu tentang percepatan pembajakan, percepatan tanam, atau percepatan panen. Dengan begitu, petani bisa meningkatkan indeks hasil,” jelasnya.

Bantuan robotik Kabupaten Sanggau sendiri diserahkan secara simbolis di Kantor Desa Binjai, Kecamatan Tayan Hulu, Kabupaten Sanggau.

Kelompok tani yang menerima bantuan ini antara lain Kelompok Tani Tanjung Jaya di Desa Bengai, Kelompok Tani Sahawk di Desa Pandan Simpwat, Kelompok Tani Birongjang Jaya di Desa Si Mawang, Kelompok Tani Si Embakong Listari di Desa Maringin Jaya, dan Swasimban. Sekelompok petani di Desa Maringin Jaya.





Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *