Kemenkeu menambah anggaran Rp 10 triliun untuk mendukung penyerapan tenaga kerja لدعم

oleh -1 views
menteri keuangan sri mulyani indrawati bersiap mengikuti rapat kerja 210610152644 276


Anggaran tambahan untuk pelatihan BSU dan kartu pra kerja.

REPUBLIKA.CO.ID, Jakarta – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati akan menambah anggaran perlindungan sosial senilai Rp 10 triliun untuk 8,8 juta pekerja yang terkena dampak penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Jawa dan Bali. Sri mengaku sudah membicarakan bantuan ini dengan Menteri Tenaga Kerja Ida Fawzia.

“Kami sudah berdiskusi dengan Menteri Tenaga Kerja, dari anggaran 10 triliun rupiah yang kami tambahkan untuk pekerja ini, akan dialokasikan 8,8 juta pekerja,” jelas Sri Mulyani dalam konferensi pers virtual di Jakarta, Rabu (21/7). . ..

Sri Mulyani menjelaskan, Rp 10 triliun akan dialokasikan untuk Bantuan Penunjang Upah (BSU) senilai Rp 8,8 triliun dan tambahan dana pelatihan kartu prakerja senilai Rp 1,2 triliun. Dengan demikian, tambahan dana perlindungan tenaga kerja yang semula ditujukan untuk program prakerja kini juga digunakan untuk program BSU.

Namun, menurut dia, keduanya memiliki fungsi yang berbeda. BSU digunakan bagi pekerja yang diberhentikan dan/atau diperpendek jam kerjanya, sedangkan Kartu Prakerja untuk pekerja yang diberhentikan. Dengan pemberian insentif upah, Sri Mulyani berharap pelaku komersial tidak perlu memberhentikan karyawan.

Menurut rencana, para pekerja yang akan menerima BSU.Universitas Mereka adalah pekerja dengan upah bulanan kurang dari Rp 3,5 juta. Pekerja, terutama di sektor non-kritis yang tidak diperbolehkan bekerja di tengah PPKM, juga mendapatkan bantuan. “Inilah gunanya subsidi upah bagi pekerja yang tidak diberhentikan dan pekerjanya berpenghasilan rendah karena bekerja di sektor non-kritis,” katanya.

Sumber: Antara





Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *