Kecepatan internet di Jepang memecahkan rekor dunia, mencapai 319 terabit per detik

oleh -0 views


Tes kecepatan internet di NICT Jepang pecahkan rekor dunia

Getty Images Klarifikasi akses internal

Para peneliti di Institut Teknologi Informasi dan Komunikasi Jepang (NICT) telah memecahkan rekor dunia untuk kecepatan transmisi data melalui Internet. Dalam uji coba minggu lalu, tim NICT mencapai kecepatan 319 Tbps, dua kali lebih cepat Rekam pada tahun 2020 dari 178 TB/dtk Hal itu didapat dari kerjasama para insinyur Jepang dan Inggris.

Dalam percobaan ini, tim NICT menggunakan teknologi kabel optik canggih yang belum pernah diproduksi secara massal sebelumnya. Kabel optik ini memiliki empat kumparan inti dalam ukuran yang ringkas. Kabel optik stkamur biasanya hanya memiliki satu kumparan inti untuk mentransmisikan data.

“Dengan kabel optik multi-core ini koneksi internet bisa lebih cepat. Sedangkan dari segi perawatan, kabel terbaru yang kami gunakan juga stabil dibandingkan kabel optik yang saat ini tersertifikasi di dunia.” perjanjian tertulis NICT terkait persidangan mereka pada 12 Juli 2021.

Dalam simulasi, NICT mentransmisikan data melalui jarak 3.001 kilometer. Hasilnya, kecepatan dan sinyal tidak pernah berkurang selama proses transfer data. Menurut tim NICT, kecepatannya masih bisa ditingkatkan dengan beberapa eksperimen tambahan.

Masalahnya, kabel data jenis baru ini masih terlalu mahal untuk diproduksi massal. Selain itu, teknologi ini lebih cocok untuk kebutuhan mengirim informasi data terabyte ke daerah terpencil, daripada mempercepat proses download data game yang Anda beli di Steam. Namun, kemungkinan adopsi kabel multi-core buatan NICT sangat dimungkinkan di masa depan, termasuk untuk infrastruktur kabel bawah laut, mengingat ukuran kabel optik saat ini.

“Dengan kabel ini, kami yakin sistem transmisi data akan mampu berkembang jauh lebih cepat, jauh melampaui apa yang telah dicapai oleh teknologi 5G,” tambah NICT.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *