Jokowi perintahkan para menteri segera salurkan bansos kepada warga yang berhak

oleh -0 views


TEMPO.CO, Jakarta -Presiden Joko Widodo alias Jokowi Ia mengatakan, pemerintah akan terus mendistribusikan paket bantuan kepada masyarakat. “Saya sudah perintahkan menteri terkait untuk segera menyalurkan bantuan sosial kepada warga yang berhak,” kata Jokowi saat konferensi pers, Selasa, 20 Juli 2021.

Pemerintah akan membuka kegiatan ekonomi secara bertahap pada 26 Juli 2021 jika tren kasus Covid-19 menurun. Pada tahap pertama, pemerintah akan mengizinkan warung makan, pedagang kaki lima, lapak jajanan, dan sejenisnya yang memiliki tempat usaha di ruang terbuka beroperasi dengan protokol kesehatan ketat sampai pukul 21.00. 

Adapun pemerintah akan membatasi waktu makan untuk setiap pengunjung maksimal 30 menit. Selain itu, kegiatan di pasar tradisional yang menjual kebutuhan pokok sehari-hari juga diizinkan beroperasi  sampai pukul 20.00 dengan kapasitas pengunjung 50 persen.

Kemudian, pemerintah akan mengatur kegiatan ekonomi di pasar tradisional selain yang menjual kebutuhan pokok sehari-hari dapa  dibuka sampai dengan pukul 15.00 dengan kapasitas maksimal 50 persen. Operasional pasar harus disertai dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat, yang pengaturannya ditetapkan oleh pemerintah daerah.

Selain itu, pedagang kaki lima, toko kelontong, agen kupon atau outlet, salon rambut, binatu, pedagang kaki lima, bengkel kecil, cuci mobil, dan usaha kecil sejenis lainnya akan diizinkan beroperasi dengan protokol sanitasi yang ketat hingga pukul 21.00. Pengaturan teknis akan diserahkan kepada pemerintah daerah.

Sementara itu, kegiatan lain di sektor esensial dan kritis, baik di sektor pemerintah maupun swasta, serta terkait dengan protokol perjalanan akan dijelaskan secara terpisah. Pemerintah sedang menggeliat PPKM Darurat hingga 25 Juli 2021.

“Kami selalu mengamati dan memahami dinamika di lapangan, dan kami mendengarkan suara masyarakat yang terkena dampak PPKM,” kata Jokowi.

Baca baca: Jokowi secara bertahap membuka kegiatan ekonomi pada 26 Juli jika kasus Covid menurun

Francesca Christie Rosanna