Istilah darurat PPKM berubah menjadi Level 1-4, tetapi aturannya tidak jelas

oleh -1 views


CpzLab.com – Pemerintah akhirnya memutuskan untuk memperpanjang Pembatasan Kegiatan Masyarakat Darurat (PPKM) hingga 25 Juli. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjetan menambahkan, ke depan istilah PPKM tidak lagi digunakan untuk kontinjensi, melainkan akan diganti dengan kategori Tier 1-4.

Namun, hingga diumumkan, batas level saat ini tidak dirinci lebih detail. Luhut hanya mengatakan Indonesia saat ini berada di Level 4, tanpa ada penjelasan lebih lanjut seperti apa kriteria Level 3 hingga Level 1.

Radian Siam, pengamat hukum Indigo, juga mengkritiknya. Ia mengatakan, Rabu (21/7): “Peraturan di PPKM Darurat yang saat ini berada di Level 1-4, belum memiliki lkamusan yang kokoh dalam upaya menekan laju peningkatan Covid-19.”

Menurut Radian, istilah kelas 1-4 kelas yang diterapkan saat ini tidak akan memberikan solusi apapun selama aturan yang berlaku masih mengambang.

“Dalam konteks bencana alam dan non alam yang menimbulkan masalah kesehatan masyarakat, tidak ada istilah PSBB, PPKM untuk darurat, apalagi sekarang Level 1-4. Saya yakin pasti ada. itikad baik politik dalam mengimplementasikan ini. Tapi sekali lagi, dasar hukumnya harus jelas.”

Ia melanjutkan, perpanjangan PPKM darurat hanya 5 hari juga dinilai tidak berdampak signifikan. Pasalnya, meski terjadi tren penurunan kasus dalam tiga hari terakhir, jumlah korban jiwa masih merangkak naik hingga lebih dari 1.300 kasus per hari.

“Kebijakan perpanjangan darurat PPKM selama 5 hari tidak efektif menurunkan jumlah kasus. Saya kira tidak berpengaruh karena tidak mungkin menurunkan kasus Covid-19.”




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *