Erdogan meminta uang AS untuk melindungi bkamura Kabul di Afghanistan

oleh -2 views



62485 presiden turki tayyib erdogan

Suara.com – Presiden Recep Tayyip Erdogan telah meminta Amerika Serikat untuk memberikan dukungan finansial, logistik dan diplomatik sebagai syarat bagi militer Turki untuk mengambil alih tugas pemeliharaan dan pengoperasian Bkamura Kabul di Afghanistan.

Dilaporkan sebelumnya bahwa Turki berencana untuk mengerahkan pasukannya untuk menjaga bkamura Kabul setelah penarikan militer AS dan sekutunya dari Afghanistan. Turki dan Amerika Serikat telah mempertimbangkan rencana tersebut selama berminggu-minggu.

Namun Taliban, yang saat ini berperang dengan pasukan pemerintah Afghanistan untuk kembali berkuasa seperti pendudukan AS, telah mengancam Turki untuk tidak mengerahkan pasukannya di Kabul.

“Jika syarat ini terpenuhi, kami akan mengambil alih pengelolaan Bkamura Kabul,” kata Erdogan kepada media di Siprus Utara, Selasa (20/7/2021).

Baca juga:
kengerian! Roket jatuh di istana kepresidenan di Afghanistan saat salat Idul Adha

“Akan ada kesulitan keuangan dan administrasi … Amerika akan memberikan dukungan dalam hal ini ke Turki,” kata Erdogan setelah melakukan sholat Idul Adha.

Turki sebelumnya mengatakan bahwa misi di Kabul bertujuan untuk memastikan pekerjaan misi diplomatik di Afghanistan setelah penarikan militer AS. Rencana penarikan militer AS dari Afghanistan akan selesai pada 11 September 2021.

Penarikan AS disambut dengan kampanye militer yang intens oleh Taliban, yang saat ini terlibat dalam pertempuran sengit dengan pasukan pemerintah Afghanistan. Banyak daerah strategis yang dulunya diduduki oleh militer AS kini dikuasai oleh Taliban.

Namun, pembicaraan damai sedang berlangsung antara Taliban dan pemerintah Afghanistan di Doha, Qatar. Sayangnya, hingga akhir pekan lalu, pembicaraan damai masih menemui jalan buntu.

Erdogan sendiri, sebelum berangkat ke Siprus pada hari Senin, mengatakan bahwa Taliban harus mengakhiri pendudukan Afghanistan. Dia juga menolak untuk menanggapi ancaman kelompok bersenjata dengan serius dan mengatakan bahwa Turki akan bernegosiasi dengan perwakilan Taliban untuk menemukan solusi terbaik. [Reuters]

Baca juga:
Peringatan Erdogan kepada Taliban: Hentikan pendudukan Afghanistan




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *