Dukung Pertumbuhan Ekonomi Nasional, PT Pelindo I s/d IV Gabung

oleh -0 views


CpzLab.com Fusi PT Pelindo I, II, III dan IV semakin matang. Rencananya, penggabungan empat BUMN dengan bidang usaha yang sama akan selesai pada akhir tahun 2021.

Tahap pertama merger akan fokus pada penyampaian keselarasan dan integrasi bisnis. Setelah itu, pihaknya akan terus memperluas bisnis dan mengintegrasikan ekosistem pelabuhan kelas dunia di tahun mendatang.

Presiden PT Pelindo III Boy Robyanto mengatakan salah satu tujuan integrasi adalah mendorong pertumbuhan ekonomi nasional. Tim integrasi dan pemerintah membahas operasi perusahaan pasca-merger. Ada empat kelompok usaha yang akan dibentuk. Yaitu, logistik peti kemas dan non peti kemas dan pembangunan daerah terpencil, serta massa laut, peralatan, Sekali Pelabuhan Layanan.

WhatsApp Image 2021 07 20 at 21.39.45
Ilustrasi ekspansi bisnis dan integrasi ekosistem pelabuhan global di tahun mendatang. (Khusus)

Bui menegaskan pengiriman barang melalui kapal akan lebih efisien karena adanya konektivitas antar pelabuhan dan wilayah di Indonesia. “Ini akan berdampak pada pengurangan biaya logistik secara bertahap,” katanya. Dengan integrasi tersebut, kinerja operasional pelabuhan akan meningkat, investasi komersial meningkat, dan lapangan kerja terbuka bagi masyarakat.

Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara Kartika Wirjoatmodjo (Tiko) juga memberikan paparan dalam rapat kerja dengan DPR RI pada 30 Juni lalu. Menurutnya, integrasi pelabuhan merupakan suatu keharusan. Hal ini dikarenakan Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia. Perencanaan dan arus barang harus lebih terintegrasi dan efisien. Selain itu, Indonesia masih sulit bersaing secara global karena cakupannya masih terbagi dalam empat wilayah.

Editor: Noor Adriana Salbih

Reporter: ARM




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *