DPR minta fasilitas darurat PPKM pada 26 Juli, tetap disertai formulir yang tegas

oleh -0 views


TEMPO.CO, Jakarta – Wakil Ketua Panitia Sembilan DPR, Melchiadis Laka Lina, mengapresiasi rencana Presiden Joko Widodo untuk melonggarkan pembatasan kegiatan atau aktivitas masyarakat. PPKM untuk keadaan darurat Khusus untuk sektor ekonomi masyarakat kecil mulai 26 Juli mendatang. Fasilitasi ini, kata dia, akan memberikan ruang bagi masyarakat untuk mendapatkan penghasilan.

"Sektor ekonomi, UMKM, atau sektor usaha kecil menengah banyak dilonggarkan dengan berbagai regulasi, ini ruang masyarakat kecil untuk bekerja," kata Melki lewat pesan suara, Selasa malam, 20 Juli 2021.

Meski begitu, Melki mengatakan pelonggaran ini harus tetap diikuti dengan protokol kesehatan yang ketat agar tak menimbulkan penularan Covid-19. Dia mengatakan aparat seperti Kepolisian RI, Satuan Polisi Pamong Praja, hingga Tentara Nasional Indonesia juga harus mengawasi agar tak timbul persoalan di lapangan.

"Harus dengan prokes ketat untuk menghindari penularan yang tinggi ketika aktivitas di luar. Ini juga harus diawasi atau dikontrol dengan ketat agar kelonggaran yang diberikan ini bisa dilaksanakan dengan baik tanpa menimbulkan persoalan," ujarnya.

Melki mengatakan, pengumuman Presiden Jokowi memberikan kepastian tentang konsep dan waktu darurat PPKM yang akan tetap berlaku hingga 25 Juli mendatang. Setelah itu, pemerintah secara bertahap akan membuka sektor ekonomi kecil, seperti pasar tradisional dan pedagang kaki lima.

Menurut Melki, pemerintah membuat amandemen ini berdasarkan masukan dan saran dari berbagai pihak. Atas keputusan tersebut, dia menilai pemerintah harus menyeimbangkan sektor kesehatan, sosial, dan ekonomi masyarakat.

“Kami mengapresiasi keputusan presiden hari ini karena sektor kesehatan tetap menjadi prioritas, tetapi pada saat yang sama sektor ekonomi dibuka dalam kapasitas tertentu dengan protokol kesehatan yang ketat dan aspek sosial bagi kelompok yang paling terdampak,” katanya.

Politisi Golkar mengatakan sektor eksplorasi dan produksi masih harus memimpin dalam mengatasi pandemi. Ia kembali mengingatkan bahwa kemudahan bergerak harus tetap dilanjutkan dengan protokol kesehatan yang ketat.

Presiden Jokowi Perpanjangan PPKM darurat diumumkan hingga 25 Juli. Jokowi mengatakan jika terjadi penurunan kasus Covid-19 dan okupansi rumah sakit, pemerintah akan melakukan pembukaan sektor ekonomi dan industri kecil secara bertahap mulai 26 Juli.

Putri Atami

Baca juga: Jokowi: Bersyukur setelah PPKM darurat, kasus Covid-19 berkurang انخفضت