Begini cara menyimpan masker dengan aman, yuk dicoba: Okezone Lifestyle

oleh -1 views


Dimana Pandemi Covid-19 telah melkamu dunia, dan masker menjadi alat pelindung diri sebagai barang penting dan wajib dipakai saat beraktivitas di luar rumah. Entah itu masker kain, topeng wajah Masker bedah (medis) atau non medis.

Meski memakai masker kini menjadi kewajiban saat keluar rumah namun tidak bisa dipungkiri masih ada sebagian masyarakat yang belum memahami cara menyimpan masker yang aman dan tepat.

Padahal, masker tidak boleh disimpan sembarangan, jika dilakukan sembarangan, masker yang bersih bisa menjadi kotor dan terkontaminasi. Sehingga fungsi utamanya melindungi terhadap paparan tetesan pembawa virus corona akhirnya bisa hilang

topeng wajah

Lalu bagaimana cara menyimpan masker yang benar? Menurut CDC, menurut pedoman dari Badan Pengendalian dan Pencegahan Penyakit, penyimpanan masker yang benar dibagi menjadi dua kategori, yang pertama untuk masker basah atau kotor. Kemudian yang kedua untuk masker yang tidak basah, tidak bernoda alias higienis.

1. masker basah اع

Cara pertama adalah masker yang sudah basah, artinya masker tersebut kotor. Baik itu basah karena keringat, air liur, makeup, cairan atau zat lainnya. Kemudian simpan masker basah dalam kantong plastik tertutup sampai Anda tiba di rumah dan bisa dicuci. Cucilah masker basah atau kotor sesegera mungkin agar tidak berjamur, perlu diketahui bahwa masker basah lebih sulit untuk dihirup dan kurang efektif untuk perlindungan diri.

2. Masker kering

Cara berikut, untuk menyimpan masker kering dan masker bersih harus disiapkan kantong yang bersih, misalnya kantong kertas sebagai wadahnya. Anda dapat menyimpan topeng sementara untuk digunakan kembali nanti.

Lepaskan masker dengan benar dan segera cuci tangan setelah menyentuh masker bekas. Simpan di dalam kantong yang kering dan lapang (seperti kantong kertas atau kain mesh) agar tetap bersih di antara penggunaan. Saat menggunakan kembali masker, pertahankan sisi yang sama menghadap ke luar.

Jika Anda melepas masker untuk makan atau minum saat berada di luar, Anda bisa meletakkan masker di tempat yang aman agar tetap bersih. Misalnya seperti kantong, kantong kertas, atau saat ini banyak tas kecil yang dikhususkan untuk masker.

Pastikan untuk mencuci atau membersihkan tangan Anda setelah melepas masker. Setelah makan, pasang kembali masker dengan sisi yang sama menghadap ke luar. Pastikan untuk mencuci atau membersihkan tangan Anda lagi setelah mengoleskan masker lagi.

(DRM)


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *