Kisah mengejutkan di balik penolakan Klopp untuk menjadi manajer Manchester United

oleh -1 views
maxresdefault 43



Jürgen Klopp, sepuluh tahun lalu, namanya mungkin masih asing di telinga para penggemar kulit bundar. Namun, Jürgen Klopp sekarang adalah salah satu pelatih hebat. Dengan gelar Liga Champions yang diraihnya bersama Liverpool, namanya bisa dikaitkan dengan pelatih ternama seperti Jose Mourinho, Pep Guardiola atau Carlo Ancelotti.

Selain itu, pelatih yang bermain untuk Mainz selama menjadi pemain ini adalah sosok yang dicintai di hampir setiap tim yang dilatihnya. Baik itu berurusan dengan Dortmund atau berurusan dengan Liverpool, Klopp tidak pernah menjadi sosok yang dibenci.

Dalam kariernya, nama Jurgen Klopp mulai menanjak saat menangani Borussia Dortmund sejak 2008 hingga 2015. Pelatih berusia 52 tahun itu membawa Dortmund meraih kejayaan. Dua gelar Bundesliga dan satu gelar Bundesliga menjadi bukti kejeniusan Klopp.

Setelah sukses membangun reputasinya di Dortmund, Klopp memutuskan untuk memimpin Liverpool sejak 2015. Empat tahun kemudian, Klopp berhasil mengubah The Reds menjadi salah satu klub terbaik di Inggris dan Eropa.

Menariknya, sebelum memutuskan bergabung ke Anfield, Klopp yang masih melatih Borussia Dortmund dikabarkan mendapat tawaran dari Manchester United yang notabene merupakan rival sengit Liverpool.

Ketika Sir Alex Ferguson memutuskan untuk pensiun pada musim panas 2013, United sedang mencari pengganti yang sempurna. Dan Jurgen Klopp adalah salah satu favorit untuk duduk di kursi panas Manchester United.

Manajemen The Red Devils saat itu sangat ingin menjadikan Klopp sebagai penerus Ferguson. Klopp dinilai mampu melestarikan nama besar Manchester United jika meninggalkan pelatih legendaris tersebut. Apalagi, pelatih asal Jerman itu menorehkan prestasi luar biasa bersama Die Borrusen.

Dalam bukunya Leadership, Sir Alex Ferguson pernah mengungkapkan bahwa Klopp adalah salah satu kandidat penggantinya di United.

“Ketika kami memulai proses mencari pengganti saya, kami telah mengidentifikasi beberapa kandidat, tetapi sulit untuk mendatangkan mereka,” tulis Ferguson.

“Saya meminta Pep (Guardiola) untuk menelepon saya sebelum dia menerima tawaran dari klub lain, tetapi dia tidak melakukannya dan akhirnya bergabung dengan Bayern Munich pada Juli 2013,” kata Ferguson.

“Kami juga tahu bahwa Jurgen Klopp senang di Borussia Dortmund dan akan menandatangani kontrak baru,” tambah Ferguson. sepak bola tidak dikenal)

Meski sudah dihubungi oleh petinggi Manchester United, Jurgen Klopp memutuskan menolak tawaran yang dilayangkan kepadanya. Klopp tidak tertarik mengelola MU, karena manajemen klub hanya terobsesi dengan aspek komersial.

Hal itu diungkapkan Jurgen Klopp saat mewawancarai mantan striker Liverpool Robbie Fowler di era 1990-an.

“Saya melakukan wawancara dengannya beberapa tahun yang lalu, dan dia mengatakan kepada saya bahwa dia menolak beberapa klub kaya raya setelah (Borussia) Dortmund,” kata Fowler. Empat – empat – dua)

“Yang satu harus Manchester United, dan yang lain bisa jadi Real Madrid, karena dia benci bagaimana kedua klub fokus pada pengaruh komersial.” olahraga)

Fowler juga mengungkapkan bahwa Klopp lebih memilih Liverpool karena klub yang berbasis di Anfield ini mampu memanfaatkan sisi komersialnya dengan lebih baik.

“Dia mengatakan dia mencintai Liverpool karena mereka memiliki keseimbangan antara uang yang dibutuhkan untuk mencapai puncak dan sejarah serta identitas klub dan pendukung mereka,” kata Robbie Fowler. (dikutip olahraga)

Saat Liverpool terus menanjak ke tangan Klopp, MU terus terpuruk usai era Ferguson. setan Merah Mereka bahkan belum mampu memenangkan Liga Inggris lagi, bahkan hanya dua kali di empat besar dalam enam musim terakhir.

Sumber referensi: olahragaDan empat empatDan Bola.com


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *